Top 10 Tips Untuk Meningkatkan Fungsi Otak Anda

September 11, 2017

meningkatkan fungsi otak

Berapa banyak dari anda meluangkan beberapa menit untuk memikirkan otak anda? Organ yang mengkoordinasikan seluruh fungsi tubuh kita? Sudah lama, diyakini bahwa kita terjebak dengan otak yang kita miliki. Namun, dengan penelitian baru, telah terbukti bahwa sebenarnya kita dapat memperbaiki kinerja otak kita, yang bukan saja dapat meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, tetapi juga mencegah penyakit seperti demensia dan Alzheimer. Tips di bawah ini cukup efektif dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah 10 tips terbaik untuk meningkatkan fungsi otak anda.

10. Hubungan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial dan membutuhkan hubungan sosial yang sehat untuk bertahan hidup. Bergerak secara sosial bagus untuk otak. Mereka yang memiliki banyak teman cenderung sedikit mengalami demensia atau depresi dibandingkan mereka yang menjalani kehidupan yang sepi. Hubungan sosial via online bagus, namun tidak sebaik hubungan sosial di dunia nyata, di mana semua indra kita digunakan. Seringlah hang out dengan teman-teman atau jalan-jalan.

9. Jadilah Ambidextrous

Menjadi ambidextrous memiliki keuntungan. Pernahkah anda berpikir untuk menyikat gigi dengan tangan yang lain daripada yang biasa anda gunakan? Bagaimana dengan menulis? Tentu saja anda akan menghadapi beberapa kesulitan pada awalnya. Tapi dengan melakukan hal-hal ini, anda melanggar rutinitas anda dan mengajarkan otak untuk melakukan sesuatu secara berbeda. Tidak ada lagi yang disukai otak anda, daripada melakukan hal-hal baru. Hal ini merangsang otak dan mendorongnya untuk membentuk koneksi baru, meningkatkan efisiensinya.

8. Mendengarkan Musik

Pernah mendengar tentang efek Mozart? Singkatnya dikatakan bahwa mendengarkan musik klasik bisa meningkatkan kekuatan otak. Entah itu benar atau tidak, musik tentu memiliki beberapa kekuatan magis. Para peneliti telah menunjukkan bahwa lagu tertentu dapat membantu mengaitkan kenangan. Juga membantu fungsi kognitif dan meningkatkan konsentrasi. Dalam berbagai penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang secara teratur mendengarkan musik klasik tampil lebih baik dalam memecahkan teka-teki dan tes IQ. Jadi, nyalakan beberapa Mozart, Beethoven atau Bach saat membaca atau berolahraga.

7. Meditasi

Otak membenci stres. Salah satu cara terbaik untuk menjaga agar kepala anda bebas dari pikiran yang mengkhawatirkan adalah dengan meditasi. Ada berbagai jenis meditasi, yang paling mudah adalah cukup dengan menutup mata dan memberi perhatian pada pernapasan. Melakukan meditasi ini sepuluh menit sampai setengah jam setiap hari, membuat pikiran anda tetap bersih dan reseptif. Hal ini mengurangi produksi hormon kegelisahan, kortisol, dan menciptakan resistensi kuat terhadap perkembangan penyakit Alzheimer. (Baca juga artikel 11 Manfaat Meditasi)

6. Tidur

Tidur merupakan faktor penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak boleh meremehkan betapa pentingnya tidur untuk meningkatkan fungsi otak yang efektif. Tubuh meregenerasi sel dan membuang racun saat tidur. Juga otak mengumpulkan kenangan hari terakhir dan mengatur ulang dirinya sendiri saat anda sedang tidur. Hal ini mempengaruhi memori dan pembelajaran. Orang dewasa membutuhkan enam sampai delapan jam tidur. Kurang tidur menyebabkan kelesuan dan kelelahan serta ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada tugas. (Baca juga artikel 5 Manfaat Tidur)

5. Permainan Otak dan Puzzle

Sama seperti kita melatih otot kita, otak juga membutuhkan kerja keras. Otak menyukai tantangan karena membantu untuk memperbaiki diri. Permainan otak, teka-teki silang, sudoku dan catur adalah permainan yang meningkatkan level pemikiran kognitif anda. Dengan mengikuti kegiatan ini setiap hari membuat otak tetap efektif dan menunda timbulnya penyakit terkait ingatan.

4. Olahraga

Aktivitas fisik tidak hanya bagus untuk otot anda, tapi juga untuk otak anda. Olahraga menghasilkan aliran darah yang lebih besar ke otak dan menyebabkan sel saraf melepaskan beberapa bahan kimia yang meningkatkan kesehatan otak. Hal ini juga meningkatkan neurogenesis, yaitu pembentukan sel otak baru. Olahraga juga memperbaiki koneksi saraf dan meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan untuk berkonsentrasi dengan baik.

3. Kebiasaan Makan yang Baik

Apa yang kita makan membuat kita seperti sekarang ini. Diet seimbang adalah kebutuhan untuk kesehatan fungsi otak. Anda perlu menghindari junk food dan mengkonsumsi cukup protein, serat dan berbagai mineral. Kebiasaan makan memiliki peran sangat besar dalam fungsi otak sejak seperlima nutrisi yang kita asup dikonsumsi oleh otak. Sertakan cukup sayuran, buah-buahan dan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan berminyak dalam makanan Anda. Juga minum air dalam jumlah yang banyak. Dan jangan pernah lupakan sarapan pagi, yaitu makanan yang paling penting dalam sehari.

2. Mempelajari Alat Musik

Jika mendengarkan musik dapat meningkatkan fungsi otak anda, maka belajar musik, terutama instrumen bisa memberi manfaat lebih bagi anda. Ini bisa membantu anda menjadi lebih baik dalam berbagai keterampilan lainnya. Mereka yang memainkan alat musik ternyata lebih baik dalam keterampilan matematika. Jadi ambil gitar, piano atau apapun yang menarik minat anda dan mulailah memainkan beberapa not.

1. Belajar Bahasa Baru

Inilah salah satu tip yang disepakati sebagian besar ahli syaraf. Ini tidak hanya meningkatkan kemampuan sosial anda, tetapi belajar bahasa baru lebih baik untuk fungsi otak daripada beberapa cara lain digabungkan. Ini membuka jalur saraf baru dan memiliki dampak besar pada kemampuan kognitif. Telah diteliti dapat menunda serangan penyakit Alzheimer dan demensia pada banyak orang. Bagi mereka yang tidak bisa ikut ke dalam kelas, ada banyak situs dan aplikasi yang menawarkan pembelajaran gratis.

 

 

Previous post:

Next post: