Top 10 Makanan Penurun Kolesterol

April 30, 2016

makanan penurun kolesterol

Menurut American Heart Association, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Adalah kehidupan modern yang telah membuat statistik yang mengejutkan ini.

Jaman sekarang ini rata-rata orang di seluruh dunia kurang aktif secara fisik dibandingkan era orang-orang jaman dahulu, dan kita memiliki lebih banyak akses ke makanan cepat saji/ berlemak dari sebelumnya. Kombinasi gaya hidup dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kabar baiknya adalah bahwa kolesterol tinggi dapat dicegah dan diperbaiki dengan diet yang tepat dan olahraga.

Apakah Kolesterol Itu?

Kolesterol pada dasarnya tidaklah buruk. Tubuh kita membutuhkannya untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh dengan baik. Masalah muncul ketika rasio antara kolesterol baik dan kolesterol jahat tidak seimbang, dan tubuh mulai membangun plak dalam arteri kita.

Ketika kita berbicara tentang kolesterol, kita sebenarnya mengacu pada suatu mekanisme angkut yang membawa kolesterol melalui aliran darah kita. Mekanisme ini terbuat dari lipoprotein yang mengikat kolesterol dan bergerak di sekitar tubuh kita.

HDL atau kolesterol baik, membersihkan arteri dari kelebihan kolesterol sementara LDL, kolesterol jahat, bisa menyebabkan penumpukan plak. Penumpukan plak ini, yang disebut aterosklerosis, mengurangi kelancaran aliran darah dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Makanan Penurun Kolesterol

Pola makan yang buruk dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke, sementara diet yang baik yang kaya akan makanan penurun kolesterol tertentu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Masukkan 10 makanan ini dalam diet anda untuk kesehatan jantung yang lebih baik:

1. Ikan Berminyak

Istilah “ikan berminyak ” mungkin terdengar kontraproduktif dalam mengurangi plak di aliran darah kita. Ikan seperti salmon memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dan tinggi asam lemak omega-3. Asam lemak sebenarnya baik untuk jantung anda.

Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida. Orang dewasa harus mengkonsumsi setidaknya dua porsi (setiap porsi 3.5 ons) per minggu untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

2. Kacang Dan Biji

Kenari, almond dan biji rami juga mengandung asam lemak omega-3. Satu ons kacang atau biji-bijian tersebut per hari akan memberikan banyak manfaat kesehatan.

Mereka tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan, tetapi mereka juga dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Cobalah untuk mengkonsumsi 1 ons kacang atau biji-bijian setidaknya lima kali seminggu.

3. Oatmeal Dan Makanan Tinggi Serat

Serat larut yang ditemukan dalam oatmeal, kacang-kacangan dan buah prune membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam darah anda. Hanya 1,5 cangkir oatmeal untuk sarapan adalah cara yang baik untuk mendapatkan jumlah harian serat yang direkomendasikan dalam diet anda.

Anda juga dapat menambahkan oatmeal ke dalam kue anda dengan membuat tepung gandum. Cukup giling gandum dalam food processor dan anda memiliki tepung serat yang tinggi dibanding jika anda menggunakan tepung terigu.

4. Alpukat

Alpukat merupakan sumber asam lemak lainnya yang baik untuk kesehatan jantung, yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh tunggal dan mereka membantu menurunkan kadar LDL – kolesterol jahat. Tambahkan beberapa iris alpukat untuk salad anda.

Pastikan anda tidak makan keripik berminyak dengan kudapan anda. Gunakan sayuran segar sebagai gantinya. Cukup konsumsi setengah alpukat per hari karena mereka padat kalori.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan merupakan sumber yang baik dari asam lemak tak jenuh tunggal. Dua sendok makan per hari adalah yang direkomendasikan, dan mereka dapat ditambahkan ke dalam diet anda melalui dressing salad atau sebagai pengganti mentega atau margarin.

6. Jeruk

Jeruk mengandung pektin, yang merupakan serat yang membantu mengurangi kolesterol. Kalium dalam jeruk juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mengimbangi asupan garam.

Konsumsi setidaknya satu jeruk sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

7. Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah moderat telah dikenal dapat meningkatkan HDL – kolesterol baik – yang membantu membersihkan plak dari arteri anda. Anggur merah khususnya menawarkan manfaat kesehatan jantung karena mengandung antioksidan, resveratrol.

Batasi diri anda untuk mengkonsumsi hanya satu gelas sehari. Membuat anggur merah Sangria dengan buah-buahan berserat tinggi seperti apel dan jeruk akan memberikan manfaat gabungan baik dari alkohol maupun serat.

8. Kale

Kale adalah makanan super untuk jantung sehat. Mereka mengandung antioksidan, serat dan omega-3 yang semuanya baik untuk menurunkan kolesterol. Kale juga mengandung glucoraphanin, yang membantu menjaga terbentuknya plak dari dinding arteri anda.

Membuat keripik kale adalah cara yang menyenangkan untuk menggabungkan sayuran ini dalam diet anda. Anda tidak hanya akan mendapatkan manfaat kesehatan dari makan kale, tetapi juga akan membuat anda terhindar dari mengemil makanan kurang sehat. Temukan resep-resep lainnya yang memungkinkan anda untuk memasukkan 1-2 cangkir kale pada diet anda beberapa kali seminggu.

9. Delima

Antioksidan melawan proses yang disebut oksidasi. Oksidasi LDL (kolesterol jahat) adalah awal mula terbentuknya plak di dalam arteri. Antioksidan polifenol dalam buah delima memiliki sifat yang unik karena mereka tidak hanya dapat mencegah pembentukan plak, namun mereka juga dapat membantu mengikis plas yang telah terbentuk.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, disarankan untuk mengkonsumsi delapan ons buah delima setiap hari.

10. Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang disebut katekin – yang telah ditunjukkan dalam studi klinis untuk tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga membantu mengurangi lemak tubuh. Teh hitam juga memiliki katekin, tetapi memiliki lebih banyak kafein dibanding teh hijau.

Jadi cobalah menukar kopi pagi anda dengan teh hitam, dan menikmati teh hijau di sore hari dibanding meminum soda. Mengkonsumsi beberapa cangkir teh hijau sehari akan menuai banyak manfaat.

Mengkonsumsi makanan yang dapat melawan peradangan, mencegah atau mengurangi oksidasi, membersihkan aliran darah dan mengurangi jumlah kolesterol yang berada di arteri akan sangat meningkatkan kesehatan jantung anda dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Bahkan jika anda sudah memiliki kolesterol tinggi, menambahkan makanan ini untuk diet anda dapat membalikkan proses dan menempatkan anda di jalur yang benar. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memberikan kebaikan bagi jantung anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: