Tips Untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak di Malam Hari

June 25, 2017

tidur nyenyak

Terkait topik tidur, terdapat dua kategori orang, yaitu mereka yang dengan sungguh-sungguh berharap bisa memiliki lebih banyak waktu tidur, dan mereka yang menyombongkan diri tentang betapa sedikit waktu tidur yang mereka butuhkan.

Meskipun ini adalah sikap yang sangat berbeda, kedua kelompok tersebut memiliki satu realitas dasar, yaitu tidur yang tidak memadai demi menciptakan dan menjaga kesehatan yang optimal. Tapi kenapa kita benar-benar perlu tidur nyenyak?

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa kurang tidur sangat terkait dengan kecelakaan kendaraan bermotor, bencana industri, kesalahan medis, lemahnya konsentrasi, pemecahan masalah, memori dan manajemen stres. Kurang tidur juga membuat kita tidak berolahraga dengan baik atau pulih dengan benar setelah latihan. Selain itu, kita tidak lebih produktif di tempat kerja, dan sebagian dari kita menambahkan jam ekstra di kantor untuk meningkatkan kinerja, yang membuat kita akhirnya semakin lelah.

Masalah Jika Kita Tidak Mendapatkan Cukup Tidur

Ilmu pengetahuan dibalik kurang tidur cukup menakutkan. Menurut National Sleep Foundation, rata-rata orang di dunia telah mengalami tidur yang berkurang sebanyak 20% dibanding yang kita ketahui seabad lalu. Tujuh puluh juta orang amerika memiliki gangguan tidur yang didiagnosis – ini diluar mereka yang tidak pergi ke dokter untuk didiagnosis.

Mengapa kita harus peduli terhadap masalah ini? Kurang tidur tidak akan membunuh kita, bukan?
Jawabannya, salah. Ternyata kurang tidur – kurang dari 6 jam per malam – bisa memotong hidup kita menjadi lebih pendek. Jika anda tidak tidur dengan nyenyak atau cukup, berikut ini hal-hal yang bisa terjadi.

1. Anda bisa jatuh sakit.

Kesempatan anda untuk terkena penyakit jantung meningkat sebesar 45% dan stroke 15% jika anda tidak mendapat cukup tidur. Sistem kekebalan tubuh anda yang tertekan juga membuat anda rentan terkena flu dan mempercepat pertumbuhan tumor/kanker.

2. Anda cenderung bertambah berat badan.

Tidur nyenyak akan mengendalikan hormon nafsu makan Leptin dan Ghrelin. Anda makan lebih banyak saat anda lelah (dan cenderung menginginkan makanan bergula dan berlemak). Hal ini disebabkan bukan saja karena kemampuan pengambilan keputusan anda terganggu, tapi juga karena hormon anda tidak teratur.

3. Otak anda tidak bisa memperbaiki diri dan meregenerasi.

Saat tidur, ukuran neuron berkurang hingga 60%. Mengapa? Karena ruang ekstra di antara sel otak anda memungkinkan sistem glymphatic anda membersihkan sampah metabolik yang terakumulasi. Fakta ini nyata – Anda benar-benar mencuci otak anda dari produk limbah dan kerusakan saat anda tidur nyenyak.

Singkatnya, tidur nyenyak adalah fondasi untuk menjalani hidup sehat dan berkinerja tinggi. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa anda gunakan untuk tidur nyenyak.

Cara Tidur Nyenyak di Malam Hari

1. Tidak ada layar sebelum tidur

Singkirkan layar elektronik anda, termasuk TV jika anda memilikinya di kamar tidur. Hal ini bisa menjadi perubahan gaya hidup yang besar, namun ketika mata anda mendapatkan cahaya yang berkedip pada 240 frame per detik adalah cara yang pasti untuk membuat anda tetap terjaga. Sesuatu hal yang tidak baik juga jika anda tertidur dengan TV menyala.

Menghindari cahaya dari layar monitor memungkinkan kelenjar pineal anda melepaskan jumlah melatonin yang tepat (hormon yang mengatur tidur) pada waktu yang tepat. Televisi, iPad, laptop dan ponsel semuanya membahayakan kemampuan anda untuk tertidur dan kemudian tidur nyenyak. Jadi untuk tidur lebih nyenyak, anda mungkin perlu melupakan acara tv larut malam atau klip YouTube dan sebaliknya mengambil buku bagus untuk dibaca.

2. Kamar tidur anda harus benar-benar gelap

Sayangnya, produksi melatonin turun seiring bertambahnya usia. Ini berarti kita juga harus menjauh dari cahaya pada malam hari. Anda harus memiliki tirai di kamar tidur anda, jauhkan semua lampu (termasuk di kamar mandi), dan bahkan menutupi jam alarm Anda.

Jika anda ingin menggunakan lampu malam, temukan yang memancarkan lampu merah di malam hari dan cahaya biru di pagi hari. Lampu merah akan merangsang produksi melatonin (seolah-olah berpikir matahari terbenam) sementara lampu biru membangunkan anda (cahaya siang alami mengandung cahaya biru).

3. Kamar tidur anda harus sejuk

Di malam hari, peningkatan kadar melatonin menyebabkan pembuluh darah di kulit membesar, melepaskan panas tubuh ke lingkungan sekitar dan terjadi pendinginan tubuh. Pendinginan ini mendorong rasa kantuk dan membantu kita tertidur. Pada malam hari, suhu 19 derajat celcius / 66 derajat Fahrenheit di kamar anda cukup dingin untuk membantu anda tidur nyenyak di malam hari.

Kesimpulan

Saat ini kecenderungan penduduk dunia khususnya di negara-negara maju memandang tidur bukanlah satu hal yang penting. Akibatnya kita menjadi mudah sakit dan tidak bekerja secara optimal pada potensi kita.

Jika anda menginginkan kehidupan yang luar biasa, selain anda komit mengejar cita-cita, anda pun harus memiliki komitmen pada waktu istirahat anda.

Jika kita tidur nyenyak, kita akan mengalami sedikit stress, menjadi lebih bugar dan efektif ketika berolaharga maupun bekerja. Selain itu mood kita pun akan menjadi lebih positif.

Artikel terkait: 10 Cara Mudah Mengatasi Susah Tidur

 

 

loading...

Previous post:

Next post: