Tips Menjaga Keindahan dan Kesehatan Rambut

May 26, 2014

kesehatan rambut

Keindahan rambut berperan penting dalam menunjang kecantikan wajah. Jangan sampai mengabaikan perawatan rambut agar rambut terhindar dari masalah. Berikut ini akan dipaparkan tentang rahasia rambut sehat dan indah untuk diaplikasikan dalam perawatan rambut.

Hindari Mengikat Rambut

Janganlah mengikat rambut selalu di tempat yang sama karena akan membuat rambut menjadi rapuh dan mudah patah. Pakailah ikat rambut yang elastis dan lembut. Hindari mengikat rambut sepanjang hari karena dapat menyebabkan folikel rambut rusak akibat tekanan dan tarikan secara terus-menerus.

Selektif Memilih Sisir

Pilihlah sisir yang bergigi jarang atau memiliki diameter sikat yang lebar terutama bagi yang memiliki rambut panjang, makin lebar diameter sikat sisirnya maka baik sisir itu digunakan. Bagi yang memiliki rambut tipis, pakailah sikat bundar.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan memiliki peranan penting bagi kesehatan rambut. Konsumsilah protein dan vitamin untuk kesehatan rambut, seperti memperbanyak konsumsi protein yang terkandung dalam tahu, telur, ikan, kacang-kacangan, atau yoghurt.

Mencuci Rambut

Lakukan perawatan dasar minimal dua kali seminggu dengan mencuci rambut. Jika aktivitas padat, lakukan keramas lebih sering agar kotoran dan debu yang dapat mengakibatkan ketombe tidak menempel, membuat rambut menjadi berminyak serta lepek. Gunakan sampo yang lembut agar tidak merusak kelembapan alami rambut.

Vitamin Rambut

Jika rambut tergolong kering dan rusak, gunakan vitamin rambut. Lakukan secara rutin agar rambut kembali sehat.

Hindari Bahan Kimia

Jangan melakukan pengecatan, pengeritingan, atau pelurusan rambut yang dilakukan secara terus-menerus. Hal itu dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh, dan mudah patah karena nutrisi berkurang akibat proses kimiawi.

Melakukan Trim pada Ujung Rambut

Potong ujung rambut minimal enam minggu sekali. Langkah ini bertujuan agar rambut lebih rapi, tidak mudah rapuh, dan bercabang.

Aplikasikan Perawatan Rambut

Lakukan perawatan rambut secara intensif minimal sebulan sekali. Seperti, melakukan creambath, masker, dan pemberian vitamin rambut. Hal ini penting agar kilau rambut tetap terjaga dengan baik dan rambut terhindar dari kerusakan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: