Seputar Penyakit Diabetes yang Wajib Anda Ketahui

August 14, 2014

penyakit diabetes

Penyakit diabetes disebabkan oleh kerusakan sebagian “sel beta” pankreas, atau dinamakan “sel islet” yang dikenal sebagai “Pulau-pulau Langerhans”, yang dapat menghasilkan hormon insulin. Rusaknya atau degenerasi sebagian “sel beta” di dalam organ pankreas dapat mengakibatkan sekresi hormon insulin dari organ pankreas ke dalam darah jadi berkurang. Sehingga glukosa yang berlebihan di dalam darah tidak bisa diubah menjadi glycogen, yang disimpan di dalam hati (kl 200 gm) dan di dalam sel-sel jaringan tubuh lainnya, dalam bentuk glycogen sebagai stok gula (energi).

Akibatnya sisa glukosa di dalam darah yang tidak terpakai menjadi tinggi (hyperglycemia). Bahkan, ada yang sampai gula darah yang berlebihan itu diekskresi melalui organ ginjal. Maka, air seninya mengandung gula (kencing manis). Berdasarkan data stastitik PBB tahun 2012, Indonesia menduduki peringkat ke-7 di dunia dalam hal jumlah penderita diabetes (7.6 juta jiwa). Adapun peringkat ke 1, 2, dan 3, adalah China (92.3 juta jiwa), India (63.0 juta jiwa), dan Amerika Serikat (24.1 juta jiwa).

A. Tipe Diabetes

Ada dua tipe penyakit diabetes sebagai berikut.

Tipe 1: Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM)

Pasien yang terkena penyakit diabetes IDDM ini, organ pankreasnya sudah tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin. Kasus IDDM ini kurang lebih ada 10%. Penderita IDDM, berat badannya mengalami penurunan drastis, penglihatan menjadi buram, impoten, gampang lapar dan sering haus, banyak minum, frekuensi urinasinya menjadi sering, banyak mengeluarkan keringat dingin, badan terasa lemas, dan bila ada luka dikulit susah disembuhkan. Yang lebih serius lagi adalah luka yang sulit disembuhkan, atau terkena penyakit gangrene (darah mati di tempat), sampai diamputasi. Pasien yang mengidap IDDM setiap harinya harus disuntik insulin untuk meminimkan kadar gula di dalam darah yang berlebihan.

Tipe 2: Non Insulin Dependent Diabetes Melitus (NIDDM)

Penyakit diabetes NIDDM, kini dari usia anak-anak dan dewasa mulai bertambah terus. Biasanya, orang yang berusia 40 tahun banyak yang terkena penyakit NIDDM.

Usia tua, genetik/keturunan, stres, obesitas, dan kemiskinan (gangguan fungsi pankreas karena malnutrisi) adalah beberapa faktor penyebab terkena penyakit diabetes.

Diabetes dapat mengakibatkan:

  • Kehilangan kesadaran karena terjadi hyperglycemia atau hypoglycemia.
  • Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.
  • Gangguan ketajaman penglihatan (katarak) sampai menjadi buta.
  • Infeksi kulit yang susah disembuhkan atau terjadi gangrene yang sampai diamputasi.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit diabetes mudah sekali terkena penyakit jantung. Maka, waspadailah, jangan sampai kadar gula dalam darah tinggi melampaui batas normal. Periksalah gula darah paling sedikit 1x dalam satu tahun.

Kadar gula darah menurut standar DM Indonesia 2002 adalah:

StatusMg/dl
(1) Glucosa puasa80-109 Baik
 110-125 Sedang
 >=126 Buruk
(2) Glucosa 2 jam pp80 – 144 Baik
 145-179 Sedang
 >=180 Buruk

B. Cara Mengatasi Penyakit Diabetes

Diabetes adalah suatu penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Namun, diabetes dapat dikontrol agar jangan sampai keadaannya menjadi lebih buruk. Bagi penderita diabetes, harus mengikuti diet rendah gula (low sugar diet) seumur hidup. Hindari minum sirop, softdrink, icecream, dan makanan yang manis-manis.

Turunkan berat badan yang berlebihan, dan kecilkan perut buncit dengan olahraga aerobik secara rutin dan teratur. Olahraga aerobik adalah senjata paling ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah, dan bila perlu minum obat antidiabetes sesuai anjuran dokter.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: