Sekilas Tentang Radang Paru-paru

June 21, 2014

radang paru-paru

Bernapas itu penting sekali untuk kehidupan, sehingga penyakit-penyakit yang mempersulit pernapasan akan sangat menakutkan kita. Kadang-kadang penyakit-penyakit itu memang berbahaya. Sebab itu buku ini menerangkan begitu banyak penyakit yang berkaitan dengan pernapasan.

Kita sudah tahu bahwa paru-paru dibangun dari banyak sekali gelembung yang diperlukan untuk pergantian udara. Kalau ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam gelembung-gelembung paru-paru atau dalam jaringan di antaranya, paru-paru dapat menjadi sakit. Kita terkena radang paru-paru.

Kita akan merasa sama sekali tidak nyaman. Sering kita menderita demam tinggi dan batuk yang menimbulkan rasa nyeri. Oleh karena demam dan banyak batuk itu, kita mungkin juga merasa sakit kepala. Ada juga jenis radang paru-paru yang tidak mengakibatkan orang batuk.

Kalau ada banyak lendir di dalam paru-paru kita, dokter dapat mendengarnya melalui stetoskop. Sering dibuat juga foto rontgen dari paru-paru kita di mana dengan jelas dapat kelihatan radang paru-parunya.

Kadang-kadang menolong untuk menghirup udara dengan aerosol atau minum obat antibiotika. Kalau radang paru-paru tidak juga sembuh dalam perawatan di rumah, kita harus diopname di rumah sakit dan obat-obat diberikan melalui infus – jadi melalui jarum yang sangat halus – langsung ke dalam pembuluh darah. Dengan begitu obat-obat itu dapat bekerja dengan lebih cepat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: