Sejuta Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

September 3, 2015

manfaat temulawak

Siapa yang tak kenal dengan temulawak. Tanaman yang masuk dalam kategori temu-temuan (zingiberaceae) ini kerapkali digunakan sebagai salah satu rempah bumbu dapur dan bisa juga dimanfaatkan sebagai minuman jamu.

Tak sulit memperoleh tanaman yang memiliki ciri berimpang ini. Temulawak bisa didapatkan di sekitar rumah-rumah yang ditanam masyarakat, di pasar-pasar tradisional maupun di pusat perbelanjaan modern. Hampir di seluruh wilayah Indonesia bisa dijumpai tanaman temulawak. Iklim Indonesia yang tropis sangat mudah bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini.

Bagian tanaman temulawak yang umumnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur maupun sebagai bahan jamu adalah bagian rimpang atau akarnya. Rimpang temulawak memiliki banyak kandungan aktif yang bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dan obat.

Lalu apa saja kandungan bahan yang terdapat dalam temulawak itu sendiri? Bagaimana pula manfaat temulawak untuk kesehatan? Adakah efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan temulawak? Mari kita lihat ulasannya bersama-sama berikut ini.

Kandungan Senyawa dalam Temulawak

Temulawak memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit tersebut berasal dari kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalamnya.

Rimpang temulawak mengandung protein, karbohidrat, zat tepung, katagoga, dan minyak atsiri. Minyak atsiri sendiri terdiri atas kandungan kurkumin, turmerol, glukosida, geraniol, linelool, kamfer, dan lain sebagainya. Khusus untuk zat kurkumin memiliki manfaat sebagai anti peradangan dan anti keracunan.

Tanaman yang bernama latin curcuma xanthorrhiza atau curcuma javanica ini juga mengandung senyawa xanthorizzol dan germakron. Senyawa xanthorizzol dapat berperan sebagai antimikroba dan antibakteri serta berfungsi untuk mengatasi penyumbatan darah ke bagian otak, sehingga sangat baik untuk mencegah penyakit stroke.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Sebagai tanaman obat, temulawak memiliki segudang manfaat, baik untuk pengobatan luar maupun pengobatan organ-organ dalam tubuh.

Berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan telah teruji secara turun-temurun. Di bawah ini adalah berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan :

1. Memelihara kesehatan organ hati. Salah satu manfaat temulawak yang cukup penting adalah menyehatkan organ hati. Kandungan katagoga dalam temulawak dapat membantu organ hati menghasilkan empedu serta mengosongkan empedu dalam tubuh manusia. Temulawak juga membantu menguatkan fungsi hati.

2. Membantu menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang memiliki peran dan fungsi yang sangat vital. Mengkonsumsi temulawak secara teratur akan membantu kesehatan jantung anda.

3. Mengatasi gangguan pada organ ginjal. Gangguan ginjal kerapkali mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda dapat memanfaatkan temulawak sebagai obat untuk kesehatan ginjal.

4. Mengatasi serangan kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi manusia. Kandungan senyawa aktif dalam temulawak diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

5. Mengatasi dan menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Temulawak mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

6. Mengatasi gangguan maag, asam lambung, dan masalah pencernaan lainnya. Manfaat temulawak lainnya yang cukup populer adalah mengobati gangguan pada saluran pencernaan. Kandungan senyawa dalam temulawak dapat merangsang lendir dalam lambung yang berfungsi sebagai lapisan pelindung. Selain itu temulawak juga membantu menstimulasi kantung empedu dalam mengeluarkan empedu yang membantu dalam proses pencernaan.

7. Membantu menurunkan kolesterol. Bagi anda yang memiliki masalah dengan kolesterol, memanfaatkan temulawak sebagai obat alternatif mengatasi masalah tersebut merupakan pilihan yang baik. Zat kurkumaid akan bekerja aktif mengatasi masalah kolesterol sehingga dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler.

8. Anti Peradangan dan Inflamasi. Kandungan kurkumin dalam temulawak selain berkhasiat untuk mengatasi keracunan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat anti peradangan atau inflamasi.

9. Melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Produktifitas ASI akan meningkat dan lancar dengan mengkonsumsi temulawak yang telah diolah. Temulawak juga berkhasiat membantu mengurangsi nyeri haid yang dialami oleh wanita.

10. Manfaat temulawak lainnya. Temulawak juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit hepatitis, leukemia, sesak nafas (asma), pelancar air seni, pencahar perut (mengatasi sembelit), meningkatkan nafsu makan, mengatasi bau badan, mengatasi batuk, mengatasi eksem, sariawan, serta menurunkan tingkat stress.

Selain manfaat kesehatan untuk organ-organ dalam tubuh, tanaman herbal yang satu ini juga memiliki khasiat untuk pengobatan penyakit luar tubuh, diantaranya mengobati bisul, dan membantu mengatasi jerawat.

Cara Pengolahan Temulawak untuk Pengobatan

Temulawak bisa diolah sendiri di rumah. Cara pengolahannya cukup mudah. Bisa diolah dengan bahan utama hanya temulawak dan bisa pula dicampur dengan bahan lain.

Tanaman temulawak yang biasa digunakan sebagai pengobatan adalah bagian rimpangnya. Untuk membuatnya, rimpang pertama-tama dikupas kulitnya, setelah itu dicuci bersih.

Temulawak selanjutnya direbus dengan air hingga matang. Anda bisa menggunakan bahan utama temulawak saja atau dicampur dengan bahan lain seperti madu, gula jawa, pala, jahe, kunyit atau bahan bermanfaat lainnya.

Setelah matang, air rebusan kemudian disaring hingga terpisah dari temulawak dan hanya tersisa air rebusan. Begitu hangat atau agak dingin, air rebusan temulawak bisa diminum. Konsumsi air rebusan temulawak dapat diminum pada pagi hari sesudah makan atau pada sore hari.

Cara pengolahan di atas dikenal dengan sebutan perebusan. Selain perebusan, temulawak juga bisa diolah dengan penyeduhan, pengolahan ekstrak hingga membuat kapsul temulawak.

Bila temulawak digunakan untuk pengobatan luar seperti penyakit bisul maka caranya adalah dengan mengupas kulit rimpang temulawak dan membersihkannya dengan air. Temulawak yang sudah bersih selanjutnya diparut atau diblender hingga halus. Kemudian dibalut atau diusap pada luka bisul yang ada di tubuh.

Cara pengolahan temulawak yang bervariasi menunjukkan bahwa tanaman obat tersebut memiliki berbagai manfaat.

Adakah Efek Samping Temulawak?

Temulawak meskipun dikenal sebaagi bahan bumbu dapur dan tanaman herbal untuk pengobatan dan kesehatan, juga bisa memberikan efek samping. Namun efek samping dari temulawak berkaitan dengan dosis penggunaan dan lama penggunaan.

Untuk pengobatan dalam tubuh temulawak sebaiknya digunakan dalam jumlah cukup dan tidak terlalu berlebihan. Temulawak yang digunakan dalam dosis berlebihan justru bisa menimbulkan gangguan pada tubuh seperti rasa mual atau iritasi pada bagian lambung pencernaan.

Jadi anda harus bijak dalam menggunakan atau mengkonsumsi temulawak. Gunakan dosis secukupnya, terutama untuk pengobatan bagian dalam tubuh. Sementara untuk pengobatan bagian luar tubuh, seperti bisul atau mengatasi jerawat, menyesuaikan dengan area yang terkena.

Kiranya berbagai manfaat temulawak untuk kesehatan di atas dapat menambah khazanah pengetahuan kita akan berbagai khasiat tanaman obat bagi kesehatan dan pengobatan dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: