Sejuta Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

April 26, 2015

lidah buaya

Inilah salah satu tumbuhan berkhasiat obat yang penggunaannya paling meluas di dunia. Dengan ragam manfaat yang dimilikinya, lidah buaya di beberapa tempat dijuluki sebagai tanaman ajaib.

Lidah buaya bukanlah tanaman asli Indonesia. Diduga tanaman ini berasal dari wilayah Sudan dan sekitarnya di Afrika Utara. Dari sana menyebar ke kawasan laut tengah, lalu semakin meluas ke berbagai tempat lainnya. Diduga lidah buaya dibawa masuk Indonesia oleh para saudagar Arab sejak beberapa ratus tahun yang lalu.

Lidah buaya umumnya digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah. Budidaya lidah buaya sempat booming beberapa waktu yang lalu, karena manfaat lidah buaya bagi kesehatan semakin sering disampaikan kepada masyarakat.

Tanaman Sukulen

Dari 300-400 jenis tumbuhan yang tergabung dalam genus Aloe, lidah buaya dengan nama spesies Aloe vera merupakan yag paling unggul. Aloe vera merupakan jenis lidah buaya yang paling populer dan ekonomis dari dulu hingga sekarang.

Termasuk ke dalam tanaman sukulen, daun lidah buaya bisa menyimpan cadangan air untuk bertahan hidup di tempat yang panas dan kering. Bagian tanaman yang paling banyak digunakan manusia adalah gel atau lendir yang terdapat pada daunnya yang tebal tersebut. Jika sudah waktunya, lidah buaya akan berbunga dengan bunga yang majemuk biasanya berwarna oranye.

Sejarah Pemanfaatan

Manusia sudah mengambil manfaat lidah buaya sejak ribuan tahun yang lalu. Menurut berbagai sumber, bangsa Sumeria (2200 SM) telah menanam lidah buaya di delta antara sungai Euphrat dan sungai Tigris. Lidah buaya saat itu banyak digunakan sebagai obat pencahar (laksatif). Namun catatan sejarah tertua mengenai penggunaan lidah buaya terdapat pada papirus Eber (1550 SM). Lembar catatan kedokteran Mesir Kuno itu memuat beberapa resep obat yang menggunakan lidah buaya.

Selanjutnya Dioscorides (hidup tahun 40-90) seorang ahli pengobatan dan botani dari Yunani, menyebutkan khasiat lidah buaya dalam bukunya tentang tanaman obat “De Materia Medica”.

Lidah buaya juga sudah berabad-abad lamanya digunakan di China, Jepang, India, Yunani, Mesir, Meksiko dan tempat-tempat lainnya.

Kaya Bahan Aktif

Menurut badan pangan dunia (WHO), di antara genus Aloe lainnya, Aloe vera merupakan jenis yang memiliki bahan bioaktif paling kuat. Ada sekitar 75 senyawa aktif atau berpotensi aktif, yang dikandung lidah buaya. Sementara sumber lain menyebutkan, ada 200 senyawa aktif yang sudah teridentifikasi.

Kandungan-kandungan itu antara lain vitamin, mineral, sakarida, asam amino, antrakuinon, ensim-enzim, saponin, dan asam salisilat. Pada daun ada antrakuinon dan polifenol seperti barbaloin yang memberi rasa sedikit pahit dan memiliki efek katarsis. Lidah buaya juga mengandung aloin, emodin, gum, juga minyak atsiri.

Pada Aloe vera juga terkandung karotenoid, steroid, terpen, dan fitosterol. Lendir atau getah daun kaya dengan kandungan polisakarida. Senyawa-senyawa gula yang terdapat di dalamnya antara lain mannosa, glukosa, serta silosa, arabinosa, galaktosa, ramnosa serta enzim-enzim oksidase.

Lidah buaya diklaim memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Sebagian klaim itu didukung oleh bukti penelitian ilmiah, sebagian lagi belum ada buktinya. Akan tetapi makin banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan khasiat lidah buaya bagi manusia.

Lidah Buaya Sebagai Obat Tradisional

Penggunaan lidah buaya secara empiris sebagai obat tradisional sangatlah meluas dan beragam. Baik untuk kesehatan tubuh mapun kulit dan rambut. Berikut ini sebagian diantaranya.

Membantu Pencernaan dan Mengatasi Gangguan Usus

Jika digunakan secara oral (dikonsumsi) lidah buaya membantu pencernaan dan membantu membersihkan saluran cerna. Dengan kata lain, lidah buaya memiliki manfaat empiris sebagai pencahar alami yang memudahkan partikel-partikel makanan melewati usus dan mengatasi sembelit. Minum jus lidah buaya dengan teratur diyakini bisa membantu melancarkan buang air besar dan meredakan gangguan-gangguan pada saluran cerna.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya kaya dengan antioksidan yang dikenal sebagai penambah daya tahan tubuh alami. Antioksidan di dalam lidah buaya membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit serta melawan penuaan dini.

Mengatasi Inflamasi, Luka, dan Luka Terbakar Ringan

Inflamasi merupakan reaksi pertama tubuh terhadap adanya kerusakan. Kerusakan yang terjadi bisa bersifat kimiawi atau pun kerusakan fisik. Lidah buaya merupakan obat tradisional di rumah (home remedies) untuk mengatasi luka, lecet, luka terbakar ringan, inflamasi, dan kulit kering pecah-pecah. Lidah buaya mengandung steroid alami untuk membantu mengatasi inflamasi.

Baik Untuk Sistem Reproduksi Wanita

Menurut laman StyleCraze, tonik lidah buaya sangat bermanfaat untuk sistem reproduksi wanita. Minum jus lidah buaya diyakini bermanfaat untuk rahim dan juga sangat membantu untuk mereka yang mengalami nyeri haid.

Meredakan Gangguan Pernapasan

Masih menurut StyleCraze, tanaman lidah budaya bermanfaat untuk mereka yang kerap terkena berbagai gangguan saluran pernapasan seperti sering kena flu dan hidung tersumbat. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Membantu Penderita Diabetes

Serbuk gel lidah buaya kering kerap digunakan untuk menangani diabetes. Lidah buaya diyakini membantu menurunkan kadar gula darah dengan menurunkan resistensi insulin, juga menurunkan kadar trigliserida dalam hati. Lidah buaya juga diyakini menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, sehingga secara tidak langsung membantu mencegah penyakit kardiovaskuler.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Lidah buaya kerap digunakan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jus lidah buaya membantu meningkatkan energi dan menjaga berat badan. Minum jus lidah buaya diyakini bisa menstimulasi metabolisme dan membantu pembakaran kalori lebih cepat.

Lidah Buaya Untuk Kulit

Mengatasi Psoriasis dan Eksim

Lidah buaya mengandung zat yang bersifat anti-alergi, sehingga kerap digunakan untuk mengatasi beragam masalah kulit seperti psoriasis, eksim, klit gatal-gatal dan lain-lain. Juga membantu mengatasi bentol-bentol, gigitan serangga dan jenis reaksi alergi lainnya pada kulit.

Obat Jerawat

Efek antiinflamasi yang dimiliki lidah buaya membuatnya kerap digunakan sebagai obat jerawat. Memang tidak menyembuhkan seratus persen, tetapi sangat membantu mengurangi inflamasi dan benjolan jerawat. Gel lidah buaya bisa langsung diaplikasikan pada kulit yang sakit.

Mengurangi Stretch Mark

Di antara senyawa-senyawa yang terkandung di dalam gel lidah buaya, ada hormon Axim dan gibberellin yang diketahui memiliki efek antiinflamasi dan penyembuh luka. Dengan efek menyembuhkan luka tersebut, lidah buaya membantu mengobati kulit yang luka atau terpapar sinar matahari, hingga bagian epitel kulit. Lidah buaya pun bisa digunakan mengurangi stretch mark dengan cara menyembuhkan lukanya. Ini salah satu manfaat lidah buaya paling baik untuk kulit.

Mengencangkan Kulit

Kandungan antioksidan pada lidah buaya seperti betakaroten, vitamin C, vitamin E, membantu meningkatkan kekencangan alami kulit. Aloe vera membantu agar kulit tetap lembap dan juga membantu meningkatkan kekenyalannya, serta mengurangi kerut halus pada wajah.

Mencerahkan Kulit

Menggosokkan gel daun lidah buaya pada kulit wajah bisa membantu kulit sehingga terlihat lebih cerah dan berseri. Selain mencerahkan kulit, lidah buaya juga membantu meringankan hiperpigmentasi.

Melembabkan Kulit Kering

Gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk kulit tubuh yang kering. Sering dikatakan, lidah buaya merupakan pelembab alami yang sangat baik. Gel ini membantu melembabkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya, serta menguatkan jaringan kulit agar tetap sehat. Yang lebih penting, lidah buaya melembabkan kulit tanpa membuat kulit jadi terlihat mengkilat atau berminyak. Gel lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat dan melembabkan bibir.

Membantu Perawatan Kaki

Gel lidah buaya bisa juga Anda gunakan untuk melakukan perawatan kaki. Buatlah scrub untuk kaki dengan mencampurkan 2 sendok teh gula pasir, 2 sendok teh tepung beras kasar dengan sejumput gel lidah buaya. Campurkan hingga menjadi pasta scrub. Gunakan untuk menggosok kaki yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat selama 15 menit, untuk mengangkat sel-sel kulit kaki yang mati. Lakukan dengan teratur hingga kaki Anda terutama bagian tumit jadi lembut kembali.

Tips Menggunakan Lidah Buaya

Walau memiliki efek samping, namun kita tidak dapat menyangkal manfaat besar dari lidah buaya. Jangan ragu memanfaatkan berbagai obat tradisional tersebut, asalkan tetap sesuai dosis dan aturan penggunaannya. Berikut beberapa resep herbal yang dapat dicoba.

• Melembutkan Rambut

Campurkan 3 sendok teh lendir lidah buaya, 1 sendok teh jus lemon dan minyak kelapa. Gunakan pada rambut sambil dipijat, biarkan selama 20 menit, lalu keramas dan bilas hingga bersih.

• Sakit Kepala dan Batuk Rejan

Ambil 200 gram daun lidah buaya, kupas, ambil bagian daging daunnya, lalu cuci hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Dinginkan dan minum ramuan 3 kali sehari.

• Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam

Daun lidah buaya dikupas, lalu diambil lendirnya. Oleskan pada bagian yang terkena jerawat atau terdapat flek hitam, biarkan sekitar 15 hingga 30 menit. Bilas dengan air hangat, lalu keringkan. Lakukan cara ini sekali setiap hari hingga jerawat sembuh dan flek hitam menghilang.

• Mengatasi Sembelit

Ambil setengah batang daun lidah buaya, kupas, lalu ambil daging daunnya, dan cuci hingga bersih. Potong kecil-kecil, rebus dengan setengah gelas air hingga mendidih, lalu saring. Campur ramuan dengan 1 sendok makan madu, dan minum saat hangat 2 kali sehari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: