Sehat Dengan Lensa Kontak

January 28, 2014

lensa kontak

Anda berkacamata dan doyan olahraga? Memakai lensa kontak bisa membantu Anda leluasa beraktivitas. Kini, tersedia pula lensa kontak berwarna yang membuat Anda tampil lebih gaya. Dalam sekejap, Anda bisa memiliki bola mata berwarna biru, coklat dan hijau. Nah, sebelum memutuskan berlensa kontak, coba pelajari dulu seluk beluknya agar mata selalu sehat dan nyaman.

Cerita tentang mereka yang mengalami infeksi mata lantaran kesalahan dalam pemakaian lensa kontak, sudah sering kita dengar. Salah satunya, presenter acara Take Him Out, Yuanita Christiani pernah mengalami scratch (luka atau tergores) di mata karena iritasi yang terjadi usai menggunakan lensa kontak. Keluhan penggunaan lensa kontak pun kerap didengar. Umumnya, mereka berkeluh kesah karena rasa kurang nyaman dan mata yang terasa gatal saat memakai lensa kontak.

Lalu, mengapa para dokter mata hingga saat ini masih merekomendasikan penggunaan lensa kontak sebagai salah satu alat bantu lihat? “Ini karena ada beberapa hal yang memang menjadi keunggulan dari lensa kontak yang tidak dimiliki kaca mata dalam membantu penglihatan seseorang,” ujar Dr. Tri Rahayu, Sp. M. FIACLE, Jakarta Eye Center.

Lensa Kontak: Teman Si Kacamata

Pada dasarnya lensa kontak memang bukan pengganti kacamata namun bisa disebut sebagai pendampingnya. Pengguna lensa kontak memang disarankan tidak memakai lensa kontak dalam waktu yang relatif lama. Kecuali atas anjuran dokter dan dengan menggunakan jenis lensa kontak tertentu. Tak heran para pengguna lensa kontak, kadang masih memakai kacamata untuk dipergunakan bergantian. Secara medis lensa kontak diperuntukkan bagi:

  • Membantu pengguna kacamata dengan kendala minus atau plus berukuran besar yang membutuhkan lensa kaca tebal.
  • Lensa kontak membantu menyeimbangkan kesenjangan minus atau plus pada mata kanan dan kiri yang berbeda sangat jauh. Selain itu lensa kontak dapat mengatasi masalah silinder tinggi pada mata secara lebih baik.
  • Titik bayangan, fokus, dan cahaya yang masuk ke mata dapat diterima lebih baik melalui lensa kontak. Selain itu dapat membantu masalah lazy eye atau mata malas.
  • Penggunaan lensa kontak lebih praktis, karena tidak mengganggu kegiatan atau aktivitas gerak seperti jika menggunakan kacamata ketika berolahraga.
  • Lensa kontak sifatnya lebih handal, tidak berembun atau terpengaruh perubahan cuaca seperti kacamata, tidak mudah bergeser, fashionable, dapat membuat mata lebih indah dan tajam.

Siapa Boleh, Siapa Tidak?

Tidak semua orang yang memakai kacamata boleh memakai lensa kontak, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan lensa kontak.

  • Mereka yang memiliki riwayat penyakit atau sering mengalami infeksi mata atau alergi akan mengalami masalah jika menggunakan lensa kontak.
  • Mereka yang memiliki sedikit produksi airmata atau tinggi kadar mukusnya akan mengalami kesulitan menggunakan lensa kontak.
  • Mereka yang bekerja di lingkungan berdebu dan kotor juga sulit memakai atau menjaga kebersihan lensa kontak.

Miliki Mata Indah!

Iritasi dan infeksi pada mata yang sering dialami para pengguna lensa kontak sebenarnya bisa dicegah. Simak tip sehat berikut ini, agar mata Anda selalu indah saat berlensa kontak:

  • Sebelum memakai lensa kontak konsultasikan ke dokter tentang bentuk dan jenis mata Anda. Cari tahu jenis lensa kontak yang cocok dengan kondisi mata Anda.
  • Periksa kesehatan mata Anda setiap 6 bulan sekali untuk meminimalisasi efek samping yang terjadi saat menggunakan lensa kontak.
  • Gunakan pembersih lensa kontak dan cairan perawatan yang sesuai dengan masing-masing produsen pembuat. Jangan mencampuradukkan cairan pencuci dengan berbagai merek lain. Usahakan lensa kontak, dan cairan pembersih berasal dari merek yang sama.
  • Carilah lensa kontak yang teruji kualitasnya dan dikenal sebagai produsen alat kesehatan. Jangan asal membeli produk,
  • Bilas dan cuci lensa kontak usai digunakan. Cuci bersih tempat perendam.
  • Ganti secara secara rutin cairan pembersih. Bersihkan tempat secara berkala dan jaga higienisnya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: