Segudang Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

July 12, 2015

brokoli

Brokoli mungkin belum setenar saudaranya, kembang kol, bagi sebagian masyarakat Indonesia. Padahal serupa dengan kembang kol, brokoli juga lezat dijadikan berbagai hidangan. Warna hijaunya yang cantik membuat brokoli sering dijadikan hiasan makanan. Tidak kalah penting, sayur hijau ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat brokoli yang perlu anda ketahui:

Rendah Kolesterol

Brassica oleracea alias brokoli adalah jenis sayuran yang semakin banyak dilirik karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain itu, tanaman yang diduga berasal dari Itali dan banyak dibudidayakan sejak masa Romawi kuno ini, kaya serat yang membuatnya bermanfaat melancarkan sistem pencernaan serta menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan komponen serat brokoli akan berikatan dengan empedu pada sistem pencernaan sehingga memudahkan kerja enzim untuk memecahkan lemak yang berakibat pada turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. Efek menurunkan kolesterol juga akan lebih efektif jika brokoli dimasak dengan cara dikukus dibandingkan jika dikonsumsi saat masih mentah. Proses pemasakan yang terlalu lama brokoli juga akan menyebabkan rusaknya kandungan vitamin dan mineral penting dalam si hijau yang satu ini. Selain itu sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti di Harvard University School of Public Health, Amerika menyebutkan bahwa vitamin B kompleks dalam brokoli bermanfaat dalamĀ mereduksi kelebihan homocysteine, yaitu senyawa asam amino yang terakumulasi dalam tubuh saat seseorang memakan daging merah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit penyumbatan pembuluh darah serta jantung sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baik bagi kesehatan jantung, brokoli juga bermanfaat sebagai detoksifikasi tubuh karena senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya memiliki efek netralisasi serta berguna dalam pembuangan racun dan kandungan bahan yang tidak lagi dibutuhkan tubuh. Menurut laman World Health Foods, senyawa flavonoid bernama kaempferol dari brokoli memiliki efek antiinflamasi yang unik sehingga dapat membantu mencegah akumulasi berbagai alergen atau bahan penyebab alergi di dalam tubuh. Studi yang dipublikasikan jurnal Inflammation Researcher pada 2010 menyebutkan bahwa senyawa flavonoid kaempferol dapat mengurangi dampak alergen terutama pada saluran usus sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya inflamasi kronis.

Bantu Atasi Kanker

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya berbagai vitamin dan mineral penting serta antioksidan yang bermanfaat sebagai zat anti kanker.

“Brokoli merupakan sayuran kaya serat, tinggi vitamin C, serta mengandung kalium, vitamin B6 dan vitamin A yang baik bagi kesehatan tubuh,” kata Victoria Jarzabkowski. Ahli nutrisi Fitness Institute of Texas University di Austin, Amerika ini juga menyebutkan bahwa brokoli mengandung antioksidan serta senyawa fitonutrien bernama glucosinolates yang dapat memproduksi isothiocyanates (ITCs), sebuah senyawa menjadi kunci utama brokoli dalam mencegah kanker karena membantu menemukan serta menetralkan unsur radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel, seperti dilansir Live Science (2014). Dalam laman yang sama, Jarzabkowski juga menyebutkan bahwa brokoli merupakan sayuran yang memiliki sifat proteksi melawan beberapa jenis kanker seperti kanker perut dan usus halus, kanker prostat, serta kanker serviks.

Sebuah penelitian yang dilakukan American Institute for Cancer Research menyebutkan bahwa terdapat senyawa fitokimia dalam brokoli yang baik bagi sistem kekebalan tubuh seperti zeaxanthin, beta carotene, kaempferol serta isothiocyanates yang dapat menurunkan kadar estrogen sehingga dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara. Manfaat ini juga didukung penelitian tentang brokoli dalam mengatasi sel kanker yang dipublikasikan The British Journal of Nutritio. Namun penelitian-penelitian tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Selain memiliki potensi sebagai sayuran anti kanker, brokoli juga memiliki kandungan senyawa sulforaphane yang memiliki manfaat merendahkan kadar gula dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi orang yang menderita diabetes. Manfaat lain yang juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi brokoli adalah meningkatnya kesehatan mata dan kulit disebabkan kandungan vitamin A serta vitamin E yang cukup tinggi didalamnya. Selain itu kandungan vitamin D dan K yang terdapat dalam brokoli juga memiliki manfaat positif dalam mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Hal ini diperkuat sebuah studi di University of East Anglia pada 2013 yang menemukan bahwa sulforaphrane dalam brokoliĀ juga membantu meringankan rasa nyeri sendi penderita arthritis karena senyawa kimia ini dapat memblokir enzim yang menyebabkan kerusakan sendi.

Dibandingkan beragam jenis sayuran lain yang dikonsumsi dari famili kubis-kubisan, brokoli memiliki kandungan antioksidan tertinggi yang berguna dalam mendukung metabolisme oksigen di dalam tubuh sehingga berguna dalam melancarkan berbagal sistem tubuh, mengatasi stres, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu brokoli mengandung berbagai mineral seperti fosfor, magnesium, seng, zat besi, dan masih banyak lainnya yang sangat penting bagi kesehatan.

Bai penggemar brokoli sebaiknya tetap memperhatikan konsumsi sayuran yang satu ini karena kelebihan konsumsi brokoli dapat menyebabkan perut kembung serta kelebihan gas dalam perut yang disebabkan tingginya serat brokoli. Walau demikian berbagai kombinasi unik antioksidan, anti inflamasi, serta prodetoksifikasi membuat brokoli menjadi salah satu sayuran dengan khasiat luar biasa bagi kesehatan. Jadi jangan hanya membuat sayuran hijau ini sebagai penghias makanan yang disajikan, namun konsumsi juga brokoli untuk mendapatkan beragam manfaatnya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: