Ragam Manfaat Nanas Untuk Kecantikan

July 21, 2015

nanas untuk kecantikan

Kuning dan segar, buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki rasa asam manis yang segar dan unik sehingga sering digunakan untuk berbagai macam hidangan seperti rujak, asinan atau pelengkap masakan. Selain enak untuk dikonsumsi, buah nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain dan asam askorbat (vitamin C) yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dalam Industri kosmetika, nanas sering digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kulit. Jurnal Food and Bioproducts Processing tahun 2012 disebutkan bahwa kandungan enzim bromelain dan vitamin C pada nanas sering digunakan untuk bahan baku produk perawatan kulit, sebagai pengatur pH dan antioksidan. Produk tersebut antara lain sabun, parfum, krim perawatan wajah, hingga obat anti jerawat.

Mengatasi Jerawat

Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa enzim bromelain dari buah nanas membantu mengatasi masalah jerawat hingga menyamarkan bekas luka jerawat. Nanas juga berperan mengurangi minyak pada wajah, sehingga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat.

Profesor Sobir Ph.D (pakar pemuliaan tanaman dan genetika molekuler) dari Institut Pertanian Bogor, menyebutkan bahwa nanas memiliki khasiat antiinflamasi yang dapat meredakan jerawat yang meradang. Selain itu nanas juga mampu menguraikan lemak dalam jerawat dan mengurangi pembengkakan. “Bromelain pada nanas sering disebut sebagai obat antiinflamasi terbaik di dunia,” kata Prof. Sobir.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Seperti yang kita ketahui bahwa pengangkatan sel kulit mati sangat penting bagi kulit kita. Kulit manusia mengalami regenerasi sel dan jaringan. Sel-sel kulit yang telah rusak dan mati akan diganti dengan sel-sel kulit baru. Regenerasi itulah yang membuat kulit tetap indah dan sehat. Sayangnya, terkadang regenerasi tersebut tidak berjalan sempurna. Sel kulit mati akan bercampur dengan minyak dan menumpuk dan bisa berakibat pada munculnya jerawat hingga membuat kulit terlihat kusam.

Nanas dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Hal tersebut juga diungkapkan Profesor Sobir Ph.D. Menurutnya, bromelain pada nanas memiliki kemampuan debridement properties yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan eksfoliasi. Karena itu nanas cocok digunakan sebagai masker dan scrubbing.

Selain itu, kandungan vitamin C dan asam amino pada nanas dapat membantu perbaikan jaringan kulit.

Mengatasi Kulit Pecah-Pecah

Nanas dapat membantu melembabkan kulit kering dan pecah-pecah. Nanas juga bisa membantu melunakkan kulit keras atau kapalan. Nanas memiliki kadar air tinggi hingga 70 persen, hal tersebut baik untuk menghidrasi kulit yang kering. Sementara itu bromelain yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu melunakkan kulit keras atau kapalan pada telapak kaki dan siku yang sering mengalami gesekan.

Mengonsumsi jus nanas segar juga dapat membantu tubuh memproduksi kolagen, yang membantu untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Vitamin C pada nanas bersifat sebagai antioksidan yang dapat membantu melindungi permukaan kulit terhadap efek penuaan akibat paparan sinar matahari.

Menyehatkan Kuku

Kuku rapuh dan kutikula yang terlihat kering bisa menjadi tanda kekurangan vitamin A dan dehidrasi. Jika kuku mengalami keretakan hingga terbelah hal tersebut menandakan kekurangan vitamin B. Kuku rapuh dan kering sangat rentan terhadap bakteri penyebab infeksi dan jamur.

Menurut situs kesehatan LiveStrong, buah nanas kaya akan berbagai jenis vitamin yang dapat mensuplai kebutuhan tubuh akan vitamin. Selain dikonsumsi, buah nanas dapat secara langsung diaplikasikan secara topikal pada kuku kering dan pecah-pecah. Penggunaan buah nanas secara topikal ini secara berkala dapat membantu menguatkan dan menyehatkan kuku.

Mengatasi Rambut Rontok

Selain menutrisi kulit, ternyata buah nanas juga baik untuk kesehatan kulit kepala dan mengatasi masalah rambut rontok. Menurut situs Her Interest, kandungan vitamin C pada buah nanas dapat menghilangkan minyak dan sebum berlebih pada kulit kepala. Seperti yang kita ketahui, minyak dan sebum dapat memicu ketombe dan rambut rontok. Penggunaan buah nanas secara topikal sebagai masker rambut dapat menghilangkan minyak dan merangsang pertumbuhan rambut.

Menggunakan Nanas Untuk Perawatan Kecantikan Secara Tradisional

Selain memilih produk yang berbahan dasar buah nanas, untuk mengatasi masalah kesehatan kulit dan kecantikan, secara topikal buah nanas dapat langsung digunakan dan dirasakan manfaatnya. Kuncinya adalah memilih buah nanas yang bermutu baik untuk dikonsumsi.

Profesor Sobir Ph.D, menyarankan untuk menggunakan buah nanas yang matang. Karena nanas matang memiliki kandungan bromelain yang lebih baik dan vitamin lebih banyak dibanding nanas muda.

Bila ingin menggunakan nanas sebagai masker, cukup hancurkan hingga setengah kasar dan bisa langsung diaplikasikan pada wajah. Saat menggunakan nanas sebagai masker hindari kontak mata agar tidak iritasi. Selain itu, pastikan anda tidak alergi terhadap nanas, karena kandungan kalsium oksalat pada nanas dapat menyebabkan rasa gatal ringan pada kulit.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: