Program Diet 12 Minggu yang Terbukti Berhasil

May 22, 2014

program diet

Ketika memutuskan untuk berdiet, banyak dari kita yang berharap banyak pada hasil diet tersebut. Ingin menurunkan berat badan 2 kg, ingin agar bentuk tubuh bisa muat di jins kesayangan zaman kuliah dulu, bertekad untuk melakukan latihan fisik secara rutin demi membentuk tubuh idaman.

Sayangnya, semua niat itu bagaikan angin lalu saja. Apa yang selanjutnya terjadi justru jauh dari harapan dan rencana kita.

Makanan

Keputusan tentang apa yang ingin kita makan biasanya dikendalikan oleh sirkuit dalam kepala yang mengarahkan otak untuk menciptakan alarm lapar kepada perut dan mencari makanan untuk bertahan hidup. Bagian rasional dari otak biasanya bekerja belakangan setelahnya. Itu sebabnya mengapa ketika datang pilihan antara sebatang cokelat atau setangkup roti gandum, Anda biasanya akan berakhir dengan memilih sebatang cokelat. Di sinilah program diet 12 minggu akan menunjukkan hasilnya. Program ini akan membuat cara otak memilah makanan menjadi berubah. Dibanding sebatang cokelat, otak Anda nantinya akan cenderung memilih jenis makanan sehat secara otomatis.

Pada minggu pertama Anda masih dipenuhi dengan rasa sukacita dan semangat menggebu serta komitmen tinggi terhadap program ini. Namun pada minggu kedua, perjuangan biasanya akan mulai terasa berat. Anda akan mulai dihinggapi rasa tak sabar karena berharap mendapat hasil yang instan. Pada minggu ketiga, program diet mulai melekat dalam keseharian Anda. Bahkan hal ini akan menambah kepercayaan diri Anda. Kebiasaan makan Anda akan semakin condong kearah makanan sehat. Di lain pihak, Anda akan mulai merasakan pengaruh positif dari program diet yang Anda lakukan ini. Energi dan mood Anda mulai terasa membaik seiring berjalannya program diet.

Latihan

Jangan lupa bahwa selain harus cermat dalam memilih apa yang kita makan, latihan fisik dan olahraga juga penting dalam sebuah program diet. Tak ada diet yang bisa berhasil tanpa melibatkan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik yang dilakukan tak harus menyiksa dan terasa berat. Lakukan latihan fisik yang ringan dan menyenangkan, misalnya berjalan-jalan menikmati waktu di taman saat cuaca sedang cerah, memilih untuk naik tangga daripada naik lift, atau bermain gali pasir dengan anak-anak Anda di akhir pekan. Ingat, latihan fisik haruslah menyenangkan!

# MINGGU 1
Sarapan

Di awal minggu kala program diet Anda baru dimulai, kami menyarankan agar dalam seminggu pertama ini Anda mengevaluasi dan memperbaiki sarapan Anda. Perhatikan dengan benar apa yang Anda makan saat sarapan. Sarapan yang benar dan baik akan menuntun Anda menuju kebiasaan makan yang lebih baik lagi sepanjang hari. Orang-orang yang melewatkan waktu sarapannya diyakini akan memiliki pola makan yang buruk di siang dan malam harinya. Biasanya, tidak sarapan akan membuat Anda lebih cepat merasa lapar pada pertengahan hari. Bila itu terjadi, sebagian orang akan memilih makanan ringan yang dianggap bisa mengenyangkan. Padahal, langkah ini akan membuat kadar gula dalam darah menjadi lebih lama mengendap dan membuat Anda merasa malas makan di jam makan siang.

Catatan:
Anda tak bisa mengubah kebiasaan Anda hanya dalam waktu semalam. Merubah diri dengan langkah kecil dapat membentuk kebiasan hidup yang lebih sehat untuk jangka panjang.

# MINGGU 2
Makan Siang

Anda sudah memulai kebiasaan baru dengan memiliki pola sarapan yang baik. Energi Anda akan terasa menurun saat makan siang. Hal ini menandakan bahwa Anda harus mengisi kembali energi Anda dengan memilih asupan makan siang yang bernutrisi dengan komposisi seimbang antara karbohidrat, lemak, protein, dan mineral. Padukan makan siang Anda dengan serat yang baik.

Catatan:
Fokus pada berapa banyak porsi yang Anda makan, ketimbang pada apa yang Anda makan.

# MINGGU 3
Kudapan

Setelah berhasil mengontrol sarapan dan makan siang, lebih mudah bagi Anda untuk berkonsentrasi dan merencanakan kudapan bernutrisi.

Catatan:
jangan biarkan diri Anda mudah dikendalikan oleh hasrat merasa lapar. Belajarlah untuk mengenali mana rasa lapar yang sesungguhnya.

# MINGGU 4
Makan Malam

Kunci utama saat makan malam adalah porsi makan. Rencanakan menu makan malam Anda dengan cermat. Pilihan menu makan malam yang sehat biasanya bisa disiapkan dalam waktu cepat. Anda bisa mulai mencari ide resep baru dari buku dan sumber resep lainnya.

Catatan:
Rileks dan nikmati waktu makan malam Anda bersama keluarga tercinta. Anggaplah waktu makan malam itu sebagai momen berharga meluangkan waktu bersama keluarga setelah sehari penuh berada di luar rumah. Dengan melakukan hal tersebut, tanpa disadari Anda sudah mengurangi porsi makan Anda.

# MINGGU 5
Makan di Luar

Jika kebiasaan Anda untuk makan di luar hanya berlaku untuk momen-momen istimewa, nikmati saja waktu tersebut dan tak perlu memusingkan soal diet Anda. Namun bila makan di luar adalah bagian dari gaya hidup yang Anda lakukan hampir setiap hari, Anda harus mulai menata dan merencanakan dengan baik apa yang akan Anda makan.

Catatan:
Sebagai pelanggan, Anda adalah raja saat berada di restoran. Tak ada salahnya untuk meminta tambahan sayuran atau salad dalam menu yang Anda pesan. Atau, Anda bisa juga meminta agar makanan Anda tidak digoreng, tapi dipanggang saja. Selain itu, memesan menu makanan pembuka dapat membuat perut terasa sedikit penuh sehingga Anda bisa melewatkan makanan utama dan langsung menuju menu penutup.

# MINGGU 6
Akhir Pekan dan Perayaan Istimewa

Kue-kue manis, cokelat, keripik, rokok, minuman beralkohol. Anda harus mulai belajar menahan hasrat untuk tidak memakan semua itu secara bersamaan dalam porsi besar.

Catatan:

Tenangkan diri dan kuatkan tekad Anda. Jangan sentuh keripik-keripik dan kudapan lain supaya Anda masih punya ruang dalam perut untuk mencicipi kue ulang tahun. Batasi asupan minuman beralkohol dan rokok yang Anda hisap. Jangan lupa untuk melakukan latihan fisik ekstra.

# MINGGU 7
Perbaiki Dapur Anda

Susun ulang tampilan dapur Anda. Buang dan jauhkan hal-hal yang dapat menjadi godaan besar bagi Anda, misalnya toples stok kudapan ringan yang biasanya diletakkan tepat di depan mata dan dalam jangkauan tangan, taruh dalam tempat tersembunyi. Cara ini akan membuat otak Anda mengirim pesan bahwa tak ada kudapan yang harus dihabiskan, karena tak terlihat oleh mata Anda.

Catatan:
Belajar untuk melakukan ritual belanja yang cerdas. Buat daftar barang yang harus dibeli dan patuhi daftar tersebut. Bila melanggar, terapkan hukuman atau denda untuk diri Anda.

# MINGGU 8
Identifikasi Spot yang Bermasalah

Fokus pada hal-hal yang sedang Anda coba kurangi dan jauhi. Habiskan minggu ini untuk menemukan solusi agar bisa menghilangkan masalah tersebut, ini juga waktu yang tepat bagi Anda untuk mengevaluasi kembali target Anda. Apakah cukup realistis untuk dicapai, atau masih jauh dari harapan?

Catatan:
Selama beberapa minggu ini, bagaimana kemajuan yang sudah Anda buat? Apakah Anda berhasil mematuhi semua komitmen awal? Buat daftar apa saja manfaat yang sudah Anda rasakan. Rayakan keberhasilan Anda.

# MINGGU 9
Kurangi Stres

Stres bisa membuat energi Anda terkuras habis, padahal Anda membutuhkan banyak energi. Ingat-ingat kembali hal apa yang membuat Anda berkomitmen ingin melakukan diet sehat ini. Recharge semangat dan energi Anda.

Catatan:
Jangan terlalu keras pada diri Anda. Beberapa hal tampak lebih mudah Anda lakukan daripada orang lain. Jadi jangan lekas menyerah dan percaya pada diri Anda.

# MINGGU 10
Makanan Super

Beberapa sumber pangan diketahui memiliki efek dapat membuat Anda merasa cepat kenyang dan berenergi tinggi. Bahan-bahan tersebut tidak membuat Anda menjadi gemuk dan mampu memberikan metabolisme tubuh yang baik.

Catatan:
Cek bahan makanan sehat ini dan hadirkan sebagai menu makan Anda sehari-hari: air putih, telur, kacang-kacangan, salad, seafood, sup, sereal gandum, ayam, yoghurt, dan kacang polong.

# MINGGU 11
Tetap Dalam Jalur yang Benar!

Bila sebelumnya Anda sudah pernah berhasil menurunkan berat badan, artinya Anda sudah tahu trik sebenarnya untuk menghilangkan bobot tubuh. Sayangnya, itulah yang menjadi penyebab gagalnya diet bagi sebagian besar orang. Jika ingin berat badan tetap stabil dalam kondisi ideal, perhatikan dengan saksama bagaimana rasanya pakaian melekat pada tubuh Anda — apakah terasa sesak atau longgar, bagaimana perasaan dan kondisi tubuh Anda — ada keluhan fisik atau tidak, berapa banyak latihan fisik yang Anda lakukan secara rutin, dan apa saja menu makanan yang Anda makan.

Catatan:

Jika Anda sempat tidak berhasil menghalau satu kendala, coba analisa apa masalah sebenarnya dan kembalilah ke jalur diet yang benar dengan cara hanya mencoba merubah satu hal saja dalam satu minggu.

# MINGGU 12
Saatnya Perubahan Terjadi!

Tulis daftar hal-hal positif yang sudah berubah dari diri Anda sebagai hasil dari diet 12 minggu Anda. Taruh tanda bintang di samping perubahan yang paling memberi pengaruh besar pada penampilan dan kepercayaan diri Anda.

Catatan:
Selamat, Anda berhasil melakukan sesuatu yang patut mendapat acungan jempol! Anda berhasil mengarahkan kembali hidup Anda pada jalur yang benar. Hal ini perlu dirayakan. Well done!

More Action!

Ini beberapa cara yang dapat membuat aktivitas harian Anda mengarah pada pola hidup dan makan yang sehat:

  • Jangan mengirim surel kepada kolega yang sekantor dengan Anda — lebih baik datangi langsung kolega tersebut.
  • Berjalanlah, kurangi pemakaian mobil dan kendaraan bermotor lain.
  • Langsung susun dan simpan baju-baju yang sudah disetrika ke dalam lemari. Aksi ini akan membuat tubuh bergerak.
  • Butuh ke kamar mandi saat berada di kantor? Pilihlah kamar mandi yang letaknya ada di lantai atas dan naiklah tangga untuk mencapai kamar mandi tersebut.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: