Perawatan Mata Minus

April 18, 2014

mata minus

Pola hidup tidak sehat ternyata dapat memicu kerusakan mata dan menyebabkan mata minus. Misalnya, menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau televisi, membaca di tempat gelap, membaca sambil tiduran, membaca dengan jarak dekat, dan sebagainya. Pada mata minus, bola mata berkembang menjadi memanjang. Sehingga membutuhkan kacamata minus yang dapat membantu mempertajam pengelihatan mata.

Ikutilah tips perawatan mata minus agar tidak memperparah mata minus.

► Konsumsilah makanan yang mengandung lutein yang banyak terkandung dalam sayuran hijau dan vitamin A serta beta karoten agar mata minus tidak bertambah.

► Cek kondisi mata dan konsultasikan keluhan mata dengan dokter secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi mata agar masalah pada mata dapat teratasi secara dini serta dapat mengendalikan kondisi kesehatan yang dapat berdampak pada tekanan darah dan diabetes. Segera tangani penyakit yang muncul dan lakukan perawatan mata dengan tepat.

► Mata minus hendaknya selalu dilindungi dari radiasi sinar UV dengan kacamata yang berkualitas baik.

► Istirahatkan mata setelah berjam-jam menatap layar komputer atau membaca buku. Meskipun hal ini tidak dapat mengurangi mata minus tapi sangat berpengaruh pada fokus pandangan mata yang kian melemah jika terus-menerus dipaksakan bekerja monoton atau fokus pada satu hal terlalu lama. Istirahatkan mata dengan memejamkan mata selama 10-15 menit atau melihat pemandangan hijau untuk melepas mata yang lelah.

► Gunakan penerangan yang cukup. Hindari kebiasaan membaca dalam keadaan gelap atau lampu remang-remang karena hal itu dapat memperparah kondisi mata minus.

► Terapi daun sirih dapat kita coba untuk menyembuhkan mata minus secara alami. Caranya, bersihkan daun sirih, lalu tempelkan di kelopak mata saat tidur. Lakukan terapi ini secara rutin.

► Untuk mengatasi lelah, lepaslah kacamata minimal 6 jam sekali.

► Gunakan irisan mentimun atau tomat menjelang tidur. Tempelkan pada kelopak mata yang tertutup, lalu diamkan beberapa saat. Hal ini berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah pada mata.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: