Penyebab Uban di Usia Muda dan Cara Mengatasinya

September 23, 2014

penyebab uban di usia muda

Uban sudah bermunculan padahal usia masih terbilang muda? Ini solusinya!

Uban yang muncul pada rambut jadi hal menakutkan untuk kebanyakan orang, khususnya wanita. Bila hadirnya di usia lanjut mungkin tak begitu merisaukan. Sayangnya terkadang uban timbul di usia relatif muda. Saat ini makin banyak saja yang memiliki uban di usia 20an. Kenapa dan bagaimana mengatasinya, simak berikut ini.

Faktor Gaya Hidup

Saat usia mulai menua, banyak hormon yang sedikit demi sedikit menurun fungsinya dan memperlambat regenerasi sel. Biasanya, proses penuaan seperti ini mulai terjadi di usia 30 tahun. Pada usia ini, uban mulai timbul sedikit demi sedikit sebagai imbas proses penuaan. Makanya, uban kerap dianggap sebagai tanda umur seseorang mulai menua.

Sayangnya, meskipun uban bukan termasuk kelompok jenis penyakit, namun uban juga bisa tumbuh tidak wajar yaitu lebih cepat ketimbang biasanya. Uban banyak muncul lebih di usia yang jauh lebih mudah, yaitu kurang dari 30 tahun. Hal ini disebabkan karena gangguan pembentukan protein.

Uban pada usia dini bisa terjadi pada siapa saja, baik pria maupun wanita. Faktor gaya hidup turut andil dalam memicu uban secara dini.

Tidak ada laporan perbedaan antara pria dan wanita. Namun, gaya hidup juga turut mempengaruhi risiko uban usia dini tersebut. Misalnya merokok, stress dan lain sebagainya. Jadi bukan karena gendernya yang membedakan.

Gaya Hidup Sehat

Uban memang mengganggu. Lalu bagaimana mencegah uban agar tak hadir terlalu dini? Tidak bisa tidak, gaya hidup sehat harus dijaga, seperti dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, mengelola stress, tidur cukup, stop merokok dan lain sebagainya.

Makan makanan yang baik untuk rambut akan menghambat terjadinya uban. Pilih makanan yang banyak mengandung iodine seperti makanan laut, pisang, wortel, makanan dengan zat besi dan vitamin seperti vitamin B terutama Biotin dan asam pantotenat.

5 Sebab Lain Uban di Usia Muda

■ Genetik

Faktor genetik adalah jawaban utama mengapa uban muncul lebih cepat. Timbulnya uban bergantung pada ‘bakat’ beruban dan perawatan diri. Pola penurunannya memang belum jelas tapi diduga disebabkan oleh autosomal yang bisa mempengaruhi ke dua jenis kelamin turunan. Pada ras Asia, uban mulai timbul di usia 30 pertengahan sementara uban pada ras Afrika timbul di usia 40 an.

■ Kurang Gizi dan Vitamin

Asupan gizi dan vitamin yang kurang tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan rambut. Penyebab kekurangan gizi ini sangat beragam, salah satunya adalah diet kurang protein. Asupan vitamin yang berlebih, seperti kelebihan vitamin E, juga tidak baik. Banyak anak muda yang megeluhkan adanya uban akibat konsumsi vitamin E yang berlebihan.

■ Stress

Hati-hati dengan stress. Stress membuat reaksi oksidasi berjalan lebih hebat dan membuat perubahan hormonal. Dengan dikeluarkannya hormon stress kortisol yang akibatnya mempercepat proses penuaan secara umum.

■ Penyakit Berat

Uban akan timbul lebih dini pada mereka yang memiliki penyakit serius. Penyakit berat di berbagai organ sistem akan membuat tubuh stress, tidak berfungsi dengan baik dan selanjutnya akan membuat proses penuaan berlangsung lebih cepat karena cadangan energi terkuras ke organ yang sakit dan pembentukan protein terganggu. Jika energi yang terkuras sangat hebat dan cepat akan timbul gejala rontok. Namun jika berlanjut secara perlahan membuat uban lebih mudah muncul.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: