Pengobatan Tradisional Cina Menunda Penuaan

February 28, 2014

pengobatan tradisional cina

Saat memasuki usia paruh baya, tubuh kita akan mulai mengalami penurunan kondisi fisik. Tanda-tanda fisik yang menunjukkan hal tersebut yaitu seperti rambut yang memutih, gigi yang semakin longgar, pertambahan berat badan, kehilangan massa otot, berkurangnya kegesitan atau kecepatan dalam bergerak, dan menurunnya daya tahan tubuh terhadap serangan-serangan penyakit.

Perubahan yang perlahan tapi pasti ini acapkali membuat rasa percaya diri seseorang akan berkurang karena ia merasa tidak mampu lagi melakukan aktifitas-aktifitasnya sehari-hari seperti saat ia masih muda. Ia juga akan merasa lebih sulit menikmati hidupnya oleh karena mulai bermunculannya keterbatasan-keterbatasan fisik yang dapat menghambat pekerjaannya.

Pada saat inilah seseorang akan mulai lebih memperhatikan isu-isu yang berhubungan dengan masalah kesehatannya.

Dalam pengobatan tradisional cina, kenaikan berat badan berhubungan erat dengan aktifitas transportasi oleh limpa. Limpa yang berfungsi secara normal akan memastikan kelancaran aliran darah dan chi pada tubuh untuk menjaga keseimbangan fungsi-fungsi organ tubuh. Hasilnya, tubuh akan membentuk otot-otot dan kesehatan tetap terjaga. Saat kerja limpa ini terganggu, maka akan terjadi gangguan pada sistem transportasi tersebut. Ini kemudian dapat berkembang menjadi timbulnya akumulasi lemak dan kelembaban secara internal yang akhirnya dapat menjadi obesitas.

Di samping itu, jika fungsi transformasinya tidak bagus, maka ini mengindikasikan kemungkinan kurangnya sumber nutrisi yang cukup, dan oleh karenanya tubuh dapat mengalami kekurangan berat badan.

Lebih jauh lagi, kegesitan dan fleksibilitas tubuh seseorang juga tidak hanya bergantung pada kekuatan otot, namun juga bergantung pada koordinasi yang baik antara tulang, tendon dan ligamen-ligamennya.

Darah dari liver membantu menjaga persendian agar tetap fleksibel. Ginjal memastikan susunan rangka tubuh tetap kokoh dan tegak.

Seiring usia kita bertambah, penurunan pada fungsi ketiga organ ini menyebabkan perubahan pada penampilan fisik kita, juga membatasi kemampuan kita dalam melakukan aktifitas fisik yang sebelumnya dapat dengan mudah kita lakukan.

Dalam hal menjaga kebugaran fisik, pengobatan tradisional cina menekankan pada perlindungan khusus terhadap limpa dan perut, untuk menjaga ketahanan fisik, serta pemeliharaan ginjal dan liver untuk menjaga fleksibilitas dan mobilitas tubuh.

1. Protecting spleen and stomach

Setiap orang yang memiliki kecenderungan mengalami obesitas harus menghindari makanan berlemak maupun yang manis-manis, demikian juga ia harus mengontrol jumlah konsumsi makanannya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya overload pada limpa dan rongga perut, yang jika dibiarkan akan menyebabkan penumpukan lendir atau lemak yang mengendap.

Kebiasaan buang air (BAB) juga harus mulai diperhatikan, dan kalau memang diperlukan, usahakanlah untuk memperbanyak frekuensi ke belakang.

Ada beberapa herbal khusus untuk menurunkan berat badan dalam pengobatan tradisional cina, beberapa di antaranya adalah kulit jeruk, biji cassia, kelembak cina, daun lotus, serta biji lobak. Takaran masing-masing bahan yang digunakan juga tergantung dari perbedaan sindrom kondisi masing-masing. Pijatan yang dilakukan pada meridian limpa dan perut juga dapat membantu.

Pada individu dengan kecenderungan mengalami kekurangan berat badan, sangat dianjurkan untuk lebih memperkaya diet mereka serta mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang lebih mudah dicerna. Demikian juga mereka harus memperhatikan batasan-batasan dan pantangan makanan bagi kondisi mereka.

Untuk mencegah gangguan yang lebih lanjut dalam hal masalah pencernaan, mereka dilarang untuk terlalu banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang masih mentah, makanan beku, atau makanan-makanan yang dingin. Juga disarankan untuk menjaga agar area abdominalnya tetap hangat karena hawa dingin dari luar dapat dengan mudah menyebabkan diare.

Herbal untuk membantu mengatasi masalah pencernaan dan fungsi penyerapan makanan beberapa di antaranya yaitu astragalus, ubi rambat cina, akar bai shu, dan biji bakung. Terapi moxibustion dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

Seseorang yang kondisi limpanya sedang lemah akan dapat terlihat dari wajahnya yang tampak pucat, selera makan yang buruk, timbul rasa kembung sehabis makan, kelopak mata yang terlihat berat, kulit yang terlihat kendor, dan seterusnya. Maka untuk itu sangat diperlukan obat-obatan yang dapat memulihkan kondisi limpa dan meningkatkan produksi chi.

2. Nourishing the kidney and liver

Liver dan ginjal memiliki hubungan yang sangat erat satu dengan yang lainnya dalam hal fisiologi maupun patologi.

Kedua organ ini bertanggung jawab terhadap tanda-tanda penuaan yang umum seperti penglihatan yang mulai kabur, berkurangnya kemampuan pendengaran, rambut yang memutih, kelelahan atau nyeri pada persendian, masalah-masalah menstrual, pergerakan yang mulai terbatas, rendahnya tingkat hormon, tulang yang rapuh, pengecilan ukuran organ seksual, dan penurunan dalam hal energi maupun vitalitas secara keseluruhan.

Obat-obatan anti penuaan biasanya selalu mempertimbangkan hubungan dengan kedua organ ini. Sebagian orang mengalami timbulnya bercak hitam pada kulit sebagai tanda penuaan, warna bibir yang keunguan, bentuk kuku yang buruk, semakin banyaknya lendir pada tenggorokan, dan pembengkakan pembuluh darah. Pengobatan tradisional cina menganggap tanda-tanda penuaan tersebut sebagai keadaan dimana terjadi akumulasi kelembaban dan melambatnya aliran pada pembuluh darah. Seorang dokter pengobatan tradisional cina akan mengacu pada masalah ini dengan ramuan khusus untuk mengaktifkan aliran darah dan berusaha menyingkirkan penumpukan kelembaban tersebut selama beberapa waktu.

Bagaimanapun, ternyata melakukan olahraga, atau gerakan stretching yang sangat sederhana sekalipun, merupakan kunci yang sangat penting, bukan hanya membuat kita jauh lebih sedikit mengalami masalah fisik, namun juga dapat meningkatkan energi kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita sehari-hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: