Pengobatan Sinusitis Secara Mandiri

August 21, 2013

pengobatan sinusitis

Sinus adalah rongga kosong dalam tulang pipi, sekitar mata dan di belakang hidung. Fungsi utamanya adalah menghangatkan, melembabkan dan menyaring udara dalam rongga hidung. Jika hidung tersumbat dan batuk berlangsung lebih lama dari satu atau dua minggu, Anda mungkin mengalami kondisi kesehatan yang lebih dari pilek saja. Mungkin terjadi pembengkakan di sinus dan saluran hidung. Hal ini sering disebut sinusitis atau infeksi sinus.

Anda mungkin mengalami tekanan dan rasa sakit di sekitar hidung, mata atau dahi, hidung tersumbat, terasa tebal, cairan yang keluar dari hidung berwarna kuning atau kehijauan dan kental, kesulitan bernapas dengan hidung, penciuman memburuk, batuk, kepenuhan telinga atau sakit kepala. Gejala lain mungkin sakit gigi, sakit di rahang atas, kelelahan dan kadang-kadang demam.

Sinusitis akut mengacu pada gejala sinusitis yang berlangsung kurang dari empat minggu. Sinusitis yang paling akut dimulai sebagai pilek biasa dari virus flu biasa dan kemudian menjadi infeksi bakteri. Sinusitis kronis bisa berlangsung tiga bulan atau lebih. Penyebab sinusitis kronis adalah kombinasi pembengkakan dan infeksi. Sinusitis berulang terjadi ketika tiga atau lebih episode akut terjadi dalam setahun.

Alergi rhinitis menempatkan Anda pada risiko mengalami sinusitis karena alergi dapat menyebabkan pembengkakan pada sinus dan lapisan lendir hidung. Pembengkakan ini mencegah rongga sinus dari pengeringan, dan meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan sinusitis bakteri sekunder

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Sinusitis?

● Istirahat yang cukup untuk membantu tubuh melawan infeksi dan mempercepat pemulihan.

● Minum banyak cairan, seperti air atau jus. Ini akan membantu mencairkan sekresi mukosa dan meningkatkan drainase. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Minum alkohol juga dapat memperburuk pembengkakan selaput sinus dan hidung.

● Uapi sinus dengan menggantungkan handuk di kepala saat Anda menghirup uap dari semangkuk air panas, arahkan uap ke wajah. Anda juga bisa mandi panas, menghirup udara yang hangat dan lembab. Ini akan membantu meringankan rasa sakit dan membantu menguras lendir.

● Beri kompres hangat ke wajah. Tempelkan handuk hangat dan basah di sekitar pipi, hidung, dan mata untuk meringankan rasa sakit wajah.

● Tidur dengan kepala ditinggikan untuk menguras sinus dan mengurangi sumbatan.

● Hindari asap rokok dan polusi udara karena dapat mengiritasi saluran hidung.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Hubungi dokter jika gejala tidak membaik dalam beberapa hari atau gejala memburuk, demam terus menerus atau ada riwayat sinusitis berulang atau kronis.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: