Pengobatan Kutil Secara Mandiri

May 6, 2013

kutil

Kutil adalah benjolan berwarna putih, merah muda atau coklat, kecil seukuran biji padi di kulit yang kasar bila disentuh, dan umumnya disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui sentuhan. Kutil biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi banyak orang memilih untuk menghilangkannya karena dianggap mengganggu atau memalukan.

Kutil disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Ada lebih dari 100 jenis HPV, dan berbagai jenis virus menyebabkan berbagai jenis kutil. Kebanyakan jenis HPV menyebabkan kondisi relatif tidak berbahaya, sementara yang lain dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker leher rahim.

Kutil bisa menyebar dari orang ke orang. Anda juga bisa mendapatkan virus kutil secara tidak langsung dengan menyentuh handuk atau benda yang digunakan oleh seseorang yang terkena virus kutil. Sistem kekebalan tubuh setiap orang merespon virus HPV berbeda, jadi tidak semua orang yang terpapar HPV mendapatkan kutil.

Jika Anda memiliki kutil, Anda dapat menyebarkan virus ke tempat lain pada tubuh Anda sendiri. Kutil biasanya menyebar melalui pecahan atau luka gores di kulit Anda. Menggigit kuku juga dapat menyebabkan kutil menyebar pada ujung jari Anda dan di sekitar kuku, dan kemudian menyebarkannya ke bagian tubuh yang lain.

Ada beberapa jenis kutil yang tumbuh pada bagian-bagian tubuh yang berbeda:

● Kutil plantar tumbuh di telapak kaki. Bintik-bintiknya berwarna hitam, keras dan tebal. Kutil plantar mungkin menyebabkan rasa sakit ketika Anda berjalan seperti menginjak kerikil.

● Kutil datar biasanya tumbuh di wajah, lengan, atau kaki. Bintiknya kecil (biasanya lebih kecil dari penghapus di ujung pensil), memiliki puncak yang datar, dan dapat menjadi merah muda, coklat muda, atau kuning muda.

● Kutil filiform biasanya tumbuh di sekitar daerah mulut, hidung, atau jenggot. Warnanya sama dengan wama kulit dan memiliki pertumbuhan yang terlihat seperti benang mencuat.

● Kutil periungual tumbuh di bawah dan di sekitar kuku kaki dan kuku tangan. Tampak seperti benjolan kasar dengan permukaan yang tidak rata dan dapat memengaruhi pertumbuhan kuku.

● Kutil genital tumbuh di daerah alat kelamin.

Perawatan kutil membutuhkan kesabaran. Kutil baru muncul 6 bulan setelah terpapar virus, dan tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya dalam semalam. Salah satu pilihan pengobatan adalah untuk mengabaikannya. Kutil akhirnya akan menghilang, meskipun kadang-kadang butuh waktu bertahun-tahun bagi sistem kekebalan tubuh untuk menyingkirkannya. Jika Anda tidak dapat tahan melihat kutil pada bagian tubuh Anda maka bisa mengobatinya sendiri dengan obat kutil.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Kutil?

● Gunakan obat kutil yang mengandung 17 persen asam salisilat yang dijual bebas, bisa dalam bentuk cairan atau koyo. Produk- produk ini harus digunakan secara teratur setiap hari selama beberapa minggu. Untuk hasil terbaik, rendam kutil dalam air hangat selama 10-20 menit sebelum memakai obat kutil, dan buang kulit mati dengan kikir kuku atau batu apung selama perawatan.

● Gunakan lakban. Tutup kutil dengan lakban selama enam hari, kemudian merendam kutil dalam air hangat dan menggosoknya dengan batu apung. Proses diulang selama dua bulan.

● Untuk pencegahan atau menghindari kontaminasi silang, jangan menggigit kuku. Kutil lebih sering terjadi pada kulit yang telah rusak. Menggigit kulit di sekitar kuku dapat membuka pintu bagi virus.

● Untuk menghindari penyebaran virus, jangan menyikat, menggunting, menyisir atau mencukur daerah yang terkena kutil. Jika Anda menyentuh kutil, cuci tangan dengan cermat setelah itu.

● Jangan gunakan alat yang Anda pakai untuk merawat kutil pada bagian tubuh lain yang tidak terkena kutil.

● Jangan mencongkel di kutil karena dapat menyebarkan virus. Tutup kutil dengan perban perekat untuk mencegah keinginan mencongkel.

● Jaga bagian tubuh tetap kering. Kutil lebih sulit dikendalikan di lingkungan yang lembab.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Kebanyakan kutil bisa menghilang dengan sendirinya atau dengan perawatan sendiri. Anda bisa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan untuk mencegali kutil menyebar ke bagian tubuh lain, atau bila kutil terasa menyakitkan atau terjadi perdarahan kutil.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: