Pengobatan Keseleo Secara Mandiri

April 21, 2013

keseleo

Keseleo adalah cedera pada ligamen yang disebabkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Pergelangan kaki dan lutut yang paling sering keseleo.

Gejala yang muncul bervariasi tergantung dari tingkat keparahan cedera, yaitu rasa nyeri, pembengkakan, memar, terbatasnya kemampuan untuk memindahkan sendi yang terkena, dan pada saat terjadi cedera, Anda mungkin mendengar atau merasakan sebuah “klek” di sendi Anda.

Keseleo terjadi bila Anda bekerja terlalu berat atau ligamen robek saat ada tekanan berat menekankan sendi. Keseleo sering terjadi pada pergelangan kaki ketika berjalan atau berolahraga pada permukaan yang tidak rata, pada lutut selama berolahraga, pada pergelangan tangan ketika mendarat dengan pergelangan tangan terulur, dan terjadi pada ibu jari tangan ketika berolahraga dengan menggunakan raket.

Keseleo mempunyai tiga tingkat keparahan:

● Ringan : Merupakan robekan dari beberapa ligamen tetapi tidak menghilangkan dan menurunkan fungsi sendi tersebut. Pasien bisa merawat diri sendiri di rumah. Masa penyembuhan antara 2-6 minggu. Terjadi rasa sakit, pembengkakan kecil, sedikit perdarahan tetapi tidak terjadi leksitas abnormal.

● Sedang : Terjadi kerusakan ligamen yang lebih besar tetapi tidak sampai terjadi putus total sehingga menimbulkan penurunan fungsi sendi. Untuk pemulihannya membutuhkan bantuan fisioterapi dengan rentang waktu 2-6 minggu. Kemungkinan muncul rasa sakit, bengkak dan memar karena perdarahan di dalam.

● Parah : Ligamen putus total sehingga terjadi pemisahan total ligamen dari tulang. Untuk bisa pulih kembali diperlukan tindakan operasi dan fisioterapi dan rata-rata memakan waktu 8-10 minggu. Pada tingkatan ini, ligamen mengalami putus secara total sehingga sendi tidak dapat digerakkan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Keseleo?

● Istirahatlah untuk 24-48 jam pertama setelah cedera yang dianggap sebagai masa pengobatan kritis dengan membatasi aktivitas. Secara bertahap melatih anggota tubuh yang cedera sebanyak yang bisa ditoleransi, dengan mencoba untuk menghindari kegiatan yang menyebabkan rasa sakit.

● Untuk 48 jam pertama setelah cedera, berikan kompres dengan kantung es yang dibungkus handuk selama 20 menit setiap kali setiap 3-4 jam. Jangan menempelkan es langsung pada kulit karena dapat merusak jaringan.

● Gunakan perban atau bebat untuk menekan daerah yang keseleo. Perban harus nyaman dan jangan terlalu ketat agar tidak memotong sirkulasi ke anggota tubuh yang keseleo. Jadi jika jari tangan atau jari kaki menjadi dingin, biru, atau geli, buka perban.

● Tinggikan anggota tubuh yang keseleo untuk mengurangi bengkak. Tinggikan di malam hari saat tidur dengan menempatkan bantal di bawah lengan atau kaki yang sakit.

● Untuk mencegah keseleo, lakukan peregangan dan latihan penguatan secara teratur, dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga atau aktivitas kerja yang menuntut gerakan fisik.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Keseleo ringan dapat diobati di rumah. Tapi Anda harus ke dokter jika tidak dapat berjalan lebih dari empat langkah tanpa rasa sakit yang signifikan, tidak dapat memindahkan sendi yang terkena, mati rasa di daerah keseleo.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: