Pengobatan Kapalan dan Mata Ikan Secara Mandiri

March 31, 2013

kapalan dan mata ikan

Kapalan dan mata ikan adalah daerah kulit yang keras dan menebal yang berkembang saat kulit berusaha melindungi diri karena terkena tekanan atau gesekan berlebihan. Mereka umumnya terjadi pada kaki dan jari-jari kaki, serta tangan dan jari-jari tangan, dan dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat berjalan.

Istilah medis untuk kulit menebal yang membentuk kapalan dan mata ikan adalah hiperkeratosis. Kapalan biasanya berkembang pada telapak kaki, terutama di bawah tumit atau bola kaki, pada telapak tangan atau lutut. Kapalan jarang menyakitkan dan bervariasi dalam ukuran dan bentuk, tetapi seringkali lebih besar dari mata ikan.

Sedangkan mata ikan lebih kecil dari kapalan, biasanya memiliki bentuk kerucut atau melingkar dan memiliki pusat keras yang dikelilingi oleh kulit yang meradang. Mata ikan juga dikenal sebagai helomas, kadang-kadang memiliki penampilan kering, seperti lilin atau tembus cahaya.

Mata ikan cenderung berkembang pada bagian kaki Anda yang tidak menanggung berat badan, seperti bagian atas dan samping jari kaki, meskipun kadang bisa ditemukan pula di daerah yang menahan beban. Mata ikan bahkan dapat muncul di antara jari kaki. Mata ikan dapat menyakitkan ketika ditekan.

Hiperkeratosis berarti penebalan kulit, penebalan ini terjadi sebagai mekanisme pertahanan alami yang memperkuat kulit di daerah gesekan atau tekanan. Jadi tekanan dan gesekan dari gerakan berulang menyebabkan mata ikan dan kapalan tumbuh dan berkembang.

Sepatu yang terlalu ketat atau gesekan diberikan sepatu pada titik tertentu di kaki juga dapat menyebabkan penebalan kulit. Kalau sepatu terlalu longgar sekalipun, kaki mungkin berulang kali meluncur dan bergesekan dengan sepatu. Kaki mungkin juga bergesekan dengan jahitan yang buruk di dalam sepatu. Memakai sepatu tanpa kaus kaki juga dapat menyebabkan gesekan pada kaki. Kaus kaki yang tidak pas bisa menjadi masalah pula.

Kelainan pada gaya berjalan atau gerakan yang menghasilkan tekanan yang meningkat untuk daerah-daerah tertentu juga dapat menjadi penyebabnya. Kapalan di tangan atau jari-jari tangan mungkin akibat dari tekanan berulang-ulang saat menggunakan alat pada pekerjaan, di sekitar rumah atau di kebun.

Kapalan dan mata ikan bisa juga disebabkan oleh faktor kondisi atau kelainan pada tubuh, seperti bunion atau hammertoe. Bunion adalah benjolan abnormal tulang yang terbentuk pada sendi di pangkal jempol kaki. Sedangkan hammertoe adalah deformitas kaki atau jari kaki yang membengkok karena otot melemah sehingga jari-jari kaki menjadi seperti cakar. Kondisi dan kelainan bentuk kaki yang lain, seperti taji tulang juga dapat menyebabkan gosokan konstan di dalam sepatu.

Kapalan dan mata ikan memang tidak sedap dipandang mata, tetapi sebenarnya tidak perlu mendapat perawatan khusus kecuali telah menyebabkan ketidaknyamanan. Bagi kebanyakan orang, kapalan dan mata ikan dapat hilang dengan menghilangkan sumber gesekan atau tekanan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Kapalan dan Mata Ikan?

● Tempatkan bantalan untuk melindungi daerah tempat mata ikan dan kapalan tumbuh untuk mengurangi gesekan dan tekanan pada kulit sampai mata ikan dan kapalan hilang.

● Rendam tangan atau kaki dalam air hangat bersabun untuk melembutkan kapalan dan mata ikan dan memudahkan untuk mengangkat kulit yang menebal.

● Menipiskan kulit yang menebal dengan menggosoknya dengan batu apung atau kain lap. Jangan gunakan benda tajam untuk memotong kulit. Jangan gunakan batu apung jika Anda menderita diabetes karena risiko infeksi yang lebih tinggi.

● Oleskan pelembab untuk tangan dan kaki untuk membantu menjaga kulit tetap lembut.

● Pakailah sepatu dan kaus kaki yang nyaman yang memberikan ruang yang cukup untuk jari-jari kaki.

● Pakailah sarung tangan yang empuk saat menggunakan perkakas tangan atau beri pelapis pada alat yang Anda gunakan dengan pita kain atau penutup.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Jika pengobatan di rumah gagal untuk menghilangkan mata ikan dan kapalan, dan terasa menyakitkan atau mengganggu, konsultasikan dengan dokter. Siapapun yang menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan sirkulasi yang buruk ke kaki sebaiknya segera mencari pertolongan medis karena risikonya lebih tinggi untuk terjadi infeksi yang lebih sulit disembuhkan. Biasanya mata ikan dan kapalan tidak memerlukan perhatian darurat. Namun segeralah ke dokter bila kemerahan menyebar di sekitar luka, keluar cairan dari atau di sekitar luka, rasa sakit meningkat dan pembengkakan makin besar, terjadi demam, terjadi perubahan warna dari jari tangan atau kaki, atau muncul tanda-tanda gangren atau pembusukan jaringan.

Source : dari berbagai sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Previous post:

Next post: