Pengobatan Gatal-Gatal Secara Mandiri

February 13, 2013

gatal-gatal

Gatal-gatal atau dikenal sebagai urtikaria adalah reaksi kulit yang menyebabkan radang, bekas gatal berupa bercak atau pembengkakan dalam ukuran mulai dari bintik-bintik kecil sampai bercak besar dengan diameter beberapa inci. Bilur-bilur tunggal muncul dan memudar sendiri ketika reaksi gatal menghilang.

Angioedema adalah jenis pembengkakan yang memengaruhi lapisan kulit yang lebih dalam, seringkali di sekitar mata dan bibir. Dalam kebanyakan kasus, gatal-gatal dan angioedema tidak berbahaya dan tidak meninggalkan bekas permanen, bahkan tanpa pengobatan. Pengobatan yang paling umum untuk gatal-gatal dan angioedema adalah pengobatan dengan antihistamin. Angioedema serius dapat mengancam jiwa jika menyebabkan pembengkakan tenggorokan atau lidah yang menutup aliran udara dan menyebabkan hilangnya kesadaran.

Gatal-gatal muncul ketika histamin dan senyawa lainnya dibebaskan dari sel yang disebut sel mast, yang biasanya ditemukan di kulit. Histamin menyebabkan cairan bocor dari pembuluh darah lokal, menyebabkan pembengkakan di kulit. Beberapa gatal-gatal disebabkan oleh alergi terhadap hal-hal seperti makanan, obat, dan sengatan serangga. Gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi, beberapa penyakit, termasuk jenis vaskulitis, lupus, dan penyakit tiroid, karena paparan sinar matahari, panas, dingin atau air, karena tekanan pada kulit, seperti dari duduk terlalu lama, kontak dengan bahan kimia, atau karena menggaruk kulit.

Gatal-gatal bisa akut atau kronis. Gatal akut berlangsung kurang dari satu hari sampai enam minggu. Gatal-gatal kronis berlangsung lebih dari enam minggu, kadang-kadang berbulan-bulan sampai bertahun-tahun.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Gatal-Gatal?

● Identifikasi dan hindari zat-zat yang mengiritasi kulit atau yang menyebabkan reaksi alergi Anda, antara lain makanan, obat, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, lateks dan sengatan serangga.

● Gunakan antihistamin yang dijual bebas.

● Beri kompres dingin di tempat yang gatal.

● Pasang perban di tempat yang gatal untuk menenangkan kulit dan mencegah goresan.

● Mandi nyaman sejuk. Taburi air mandi dengan baking soda, oatmeal mentah atau oatmeal koloid yang sudah ditumbuk halus.

● Pakailah pakaian katun yang longgar dan bertekstur halus. Hindari pakaian yang kasar, ketat, atau dibuat dari wol.

● Usahakan bekerja atau tidur di ruangan yang sejuk.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Gatal-gatal ringan dan angioedema biasanya tidak mengancam jiwa dan bisa sembuh dengan perawatan sendiri di rumah. Temui dokter bila gatal-gatal atau angioedema tidak merespon terhadap pengobatan, Anda merasakan ketidaknyamanan parah, atau gejala berlanjut selama lebih dari beberapa hari. Anda juga harus segera pergi ke instalasi darurat bila gatal disertai merasa pusing, sesak dada parah atau kesulitan bernapas, dan tenggorokan bengkak.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: