Pengobatan Gangguan Pencernaan Secara Mandiri

February 10, 2013

gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan juga dikenal sebagai dispepsia, yaitu rasa sakit atau ketidaknyamanan di perut bagian atas. Gejala lain yang muncul antara lain perasaan penuh atau kembung, mulas, rasa panas yang disebabkan oleh naiknya asam dari lambung ke tenggorokan dan sendawa.

Ada banyak kemungkinan penyebab gangguan pencernaan. Ada yang berkaitan dengan gaya hidup dan apa yang Anda makan dan minum. Gangguan pencernaan juga bisa disebabkan oleh kondisi pencernaan lainnya.

Penyebab umum lain termasuk: makan berlebihan, makan terlalu cepat, makan makanan berlemak atau berminyak atau pedas, terlalu banyak kafein, terlalu banyak alkohol, terlalu banyak coklat, terlalu banyak minuman berkarbonasi, merokok, gugup, trauma emosional, obat, antibiotika, penghilang rasa sakit dan lainnya, peradangan pankreas (pankreatitis), tukak lambung, batu empedu atau kanker lambung.

Ketika penyebab gangguan pencernaan tidak dapat ditemukan setelah evaluasi menyeluruh, seseorang mungkin mengalami dispepsia fungsional. Dispepsia Fungsional adalah jenis gangguan pencernaan yang terjadi karena adanya penurunan kemampuan lambung untuk menerima dan mencerna makanan dan kemudian membawa makanan ke usus kecil.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan?

● Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering, dan kunyah makanan secara perlahan dan saksama.
● Hindari pemicu gangguan pencemaa seperti makanan berlemak dan pedas, minuman berkarbonasi, kafein, alkohol dan merokok.
● Pertahankan berat badan yang sehat. Kelebihan berat badan dapat menekan perut dan menyebabkan asam kembali ke kerongkongan.
● Berolahraga secara teratur.
● Mengelola stres.
● Menghentikan penggunaan obat yang dapat mengiritasi lapisan lambung, seperti aspirin atau obat anti-inflamasi.
● Istirahat yang cukup.
● Jangan memakai ikat pinggang atau pakaian yang ketat di sekitar pinggang.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Konsultasikan ke dokter jika rasa tidak nyaman masih berlanjut lebih dari dua minggu atau berat badan turun atau kehilangan nafsu makan, muntah berulang atau muntah darah, kotoran berwarna hitam, kulit dan mata berwarna kuning, kesulitan menelan yang semakin parah. Segera minta bantuan medis darurat bila Anda juga mengalami sesak napas, keringat membanjir, sakit dada menjalar ke leher, rahang atau lengan.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: