Pengobatan Encok Secara Mandiri

January 27, 2013

encok

Encok termasuk penyakit radang sendi yang ditandai dengan serangan rasa sakit yang parah dan tiba-tiba, muncul kemerahan dan nyeri di sendi. Semua bagian tubuh bisa terkena encok, antara lain di kaki, pergelangan kaki, lutut, tangan dan pergelangan tangan, dan terutama sendi di pangkal jempol kaki.

Encok dapat menyerang siapa saja. Namun pria lebih besar kemungkinannya terkena encok, walaupun wanita juga menjadi semakin rentan terhadap encok setelah menopause.

Encok disebabkan oleh akumulasi urat kristal natrium yang berbentuk tajam seperti jarum pada sendi sehingga terjadi rasa sakit. Kristal terbentuk ketika jumlah asam urat dalam tubuh mencapai tingkat abnormal yang tinggi. Setiap orang memiliki asam urat yang secara alami ada dalam jumlah kecil. Ini adalah produk limbah yang dihasilkan dari proses normal tubuh dari sel-sel mati dan melepaskan purin. Hal ini juga terakumulasi dari tubuh yang menyerap purin yang terkandung dalam beberapa makanan.

Tanda paling umum dari encok adalah serangan malam hari berupa pembengkakan, kemerahan, dan nyeri tajam. Rasa sakit mungkin paling parah dalam 12-24 jam pertama setelah dimulai serangan encok. Serangan bisa berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu sebelum rasa sakit hilang. Serangan lain mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan tingkat asam urat dalam tubuh dan meningkatkan risiko terkena encok antara lain adalah obesitas, pemakaian alkohol yang berlebihan, kondisi medis tertentu seperti hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes atau penyempitan pembuluh darah, menggunakan obat-obatan tertentu seperti diuretik thiazide atau aspirin, serta memiliki sejarah encok dalam keluarga.

Ada empat tingkat keparahan encok:

Tingkat 1: Hyperuricemia asimtomatik

Encok tahap awal ini tidak ditandai dengan gejala encok, hanya terjadi peningkatan kadar asam urat dan pengobatan biasanya tidak diperlukan. Sebagian besar orang mengalami peningkatan kadar asam urat selama bertahun-tahun sebelum serangan pertama mereka. Banyak orang dengan asam urat tinggi tidak akan pernah mendapatkan serangan. Risiko serangan meningkat dengan meningkatnya kadar asam urat.

Tingkat 2: Serangan encok akut

Serangan encok bisa membangunkan seseorang di malam hari dengan rasa sakit dan bengkak pada sendi. Namun nyeri bisa hilang (bahkan tanpa pengobatan) setelah 3-10 hari. Ini adalah waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai dan untuk menyingkirkan bentuk lain dari arthritis sebagai penyebab dari gangguan sendi yang menyakitkan. Setelah serangan encok ini, serangan lain mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Tingkat 3: Interval

Orang mungkin merasakan serangan akut lebih sering dan biasanya dalam interval. Kadang-kadang dapat dikelola dengan mengubah pola makan atau dengan tidak mengonsumsi daging sama sekali. Tahap ini sangat menyakitkan bagi pasien, dan dokter harus mengambil langkah-langkah serius dalam beberapa kasus. Sayangnya, jika diabaikan, tahap ini sering diikuti dengan serangan lanjutan dari encok. Meski tidak ada gejala, ada peradangan yang sedang berlangsung.

Tingkat 4: Kronis

Ini adalah tahap yang paling kronis dan parah dari encok dan dapat menyebabkan sakit parah. Bisa terjadi deformitas dan kerusakan pada tulang yang terkena dan tulang rawan, mungkin juga terjadi kerusakan ginjal. Bila encok dalam tingkat ini tidak dirawat, kelumpuhan bisa menjadi akibatnya.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Encok?

● Minum 8-16 gelas (sekitar 2-4 liter) cairan setiap hari, dengan sedikitnya air yang setengahnya.
● Hindari alkohol.
● Makan makanan dengan jumlah protein sedang, sumber protein sehat antara lain susu rendah lemak atau bebas lemak, tahu, telur, dan selai kacang.
● Batasi asupan harian dari daging, ikan dan unggas untuk 113-170 gram.
● Pertahankan berat badan ideal.
● Konsumsi nutrisi atau zat makanan yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat, yaitu kopi, vitamin C, buah ceri dan buah lain yang berkulit gelap seperti anggur ungu, blueberry atau blackberry.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Segera dapatkan perawatan medis jika muncul tanda-tanda infeksi seperti demam dan sendi terasa panas dan meradang.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: