Pengobatan Eksim Secara Mandiri

January 19, 2013

eksim

Eksim atau disebut juga dermatitis adalah peradangan pada kulit. Eksim dapat memengaruhi setiap area kulit, tetapi biasanya muncul pada lengan dan belakang lutut, dan kambuh secara berkala dan kemudian mereda.

Gejala antara lain kulit menjadi berwarna merah kecoklatan, terasa gatal dan mungkin parah terutama pada malam hari, muncul benjolan kecil yang berisi cairan dan muncul kerak di atasnya ketika tergores, kulit menebal, pecah-pecah atau bersisik, kulit menjadi sensitif dari goresan.

Eksim ditandai dengan gatal berkepanjangan dan menggaruknya dapat meningkatkan intensitas gatal, mungkin menyebabkan neurodermatitis. Neurodermatitis adalah suatu kondisi dimana area kulit yang sudah sering tergores menjadi tebal dan kasar. Menggaruk juga dapat menyebabkan luka permanen atau perubahan warna kulit.

Ada juga eksim pada bayi (seborrheic dermatitis) yang muncul di kulit kepala dan wajah. Pengobatan untuk eksim bayi termasuk mengidentifikasi dan menghindari iritasi kulit, menghindari suhu ekstrim, dan beri pelumas kulit bayi dengan minyak mandi, lotion, krim atau salep.

Stasis dermatitis bisa membuat kulit di pergelangan kaki menghitam, menebal dan gatal. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi.

Atopic dermatitis menyebabkan kulit gatal, menebal dan pecah-pecah terutama di lipatan-lipatan siku, punggung atau lutut. Penyebab dermatitis atopik tidak diketahui, tetapi mungkin hasil kombinasi dari kecenderungan yang diwariskan untuk kulit sensitif dan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh, dan sering juga dihubungkan dengan alergi.

Penyebaran eksim bisa berasal dari sentuhan langsung kulit dengan bahan pengiritasi seperti tumbuhan beracun, karet, logam, perhiasan, parfum dan kosmetik.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Eksim?

● Cobalah untuk mengidentifikasi dan menghindari pemicu yang memperburuk peradangan. Perubahan yang cepat dalam suhu, keringat dan stres dapat memperburuk kondisi. Hindari kontak langsung dengan produk wol, seperti karpet, selimut dan pakaian, serta sabun yang keras dan deterjen.

● Oleskan krim anti-gatal atau lotion kalamin pada daerah yang terkena eksim. Krim hidrokortison yang mengandung sedikitnya hidrokortison 1 persen, dapat meredakan gatal. Antihistamin oral, seperti diphenhydramine dapat membantu jika gatal cukup parah.

● Hindari menggaruk bila memungkinkan. Tutup daerah gatal jika Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak menggaruk. Potong kuku dan gunakan sarung tangan pada malam hari.

● Gunakan kompres dingin. Perban eksim untuk membantu melindungi kulit dan mencegah goresan.

● Mandi hangat, dengan menaburi air mandi dengan baking soda, oatmeal mentah atau oatmeal koloid atau campurkan anti bakteri dalam air mandi untuk membunuh bakteri yang tumbuh pada kulit.

● Pilih sabun ringan tanpa pewarna atau parfum. Pastikan untuk membilas sabun sepenuhnya dari tubuh Anda.

● Melembabkan kulit dengan menggunakan minyak atau krim untuk menyegel kelembaban kulit saat masih basah sehabis mandi. Perhatian khusus untuk kaki, lengan, punggung dan sisi tubuh. Jika kulit Anda sudah kering, pertimbangkan untuk menggunakan krim pelumas.

● Kenakan pakaian katun yang dingin, dan bertekstur halus. Hindari pakaian yang kasar, ketat, gatal atau dibuat dari wol. Ini akan membantu Anda menghindari iritasi. Juga kenakan pakaian yang sesuai dalam cuaca panas atau saat berolahraga untuk mencegah keringat berlebih.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Temui dokter jika Anda merasa tidak nyaman, sulit tidur atau terganggu dari rutinitas harian Anda, kulit terasa sakit, Anda menduga kulit Anda terinfeksi, atau Anda sudah mencoba langkah- langkah perawatan sendiri tanpa hasil. Pengobatan dini terhadap eksim sangat penting, karena semakin parah eksim semakin sulit untuk dikendalikan.

Source : dari berbagai sumber

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Previous post:

Next post: