Pengobatan Cantengan Secara Mandiri

January 4, 2013

cantengan

Cantengan atau istilah medisnya ingrown nail adalah kondisi kuku kaki di bagian sudut atau samping yang tumbuh ke dalam daging jari kaki tersebut. Akibatnya, muncul rasa sakit, kemerahan, pembengkakan dan terkadang infeksi. Kuku yang mengalami cantengan biasanya adalah jempol kaki.

Di daerah yang meradang bisa tumbuh jaringan tambahan atau mengeluarkan cairan kekuningan. Jika tidak diobati, sebuah kuku yang tumbuh ke dalam dapat berkembang menjadi infeksi atau bahkan abses yang memerlukan perawatan bedah.

Cantengan umumnya dialami orang dewasa dan jarang pada anak- anak dan bayi. Pria juga lebih sering terkena dibandingkan wanita. Usia 20-an sampai 30-an adalah kelompok umur paling berisiko. Risiko komplikasi cantengan semakin besar jika Anda menderita diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan sirkulasi yang buruk ke kaki.

Gejala cantengan antara lain rasa sakit dan nyeri di jari kaki dan di satu atau kedua sisi kuku, muncul kemerahan di sekeliling kuku, pembengkakan jari kaki di sekeliling kuku, dan infeksi pada jaringan di sekeliling kuku.

Cantengan terjadi karena pemakaian sepatu yang terlalu sesak sehingga jari-jari kaki saling menempel, pemotongan kuku kaki terlalu pendek atau tidak lurus, cedera pada kuku, atau kelainan lengkung kuku kaki.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Cantengan?

● Jaga kebersihan kaki dengan baik dengan secara teratur mencucinya dengan sabun dan air. Setelah dicuci, keringkan kaki secara menyeluruh dan oleskan krim pelembab kaki (bukan body lotion).

● Potong kuku kaki lurus. Jangan membentuk kurva agar sesuai dengan bentuk bagian depan kaki dan mencegah potongan kuku terus menggali ke dalam kulit di sekitarnya.

● Dengan lembut dorong kulit menjauh dari kuku dengan menggunakan korek kuping atau cotton bud (ini akan lebih mudah setelah mengoleskan sedikit minyak zaitun untuk melembutkan kulit).

● Pakailah sepatu yang nyaman yang tidak terlalu ketat dan memberikan ruang di sekitar jari-jari kaki.

● Gunakan obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol untuk membantu meringankan rasa sakit.

● Rendam kaki selama 15-20 menit dua atau tiga kali sehari dengan air hangat. Perendaman mengurangi pembengkakan dan mengurangi nyeri.

● Tempatkan kapas atau benang gigi bawah kuku agar kuku akhirnya tumbuh di atas tepi kulit. Ganti kapas atau benang setiap hari sampai rasa sakit dan kemerahan mereda.

● Oleskan salep antibiotik dan perban daerah yang sakit.

● Jangan memotong kuku terlalu pendek, agar tekanan dari sepatu pada jari-jari kaki tidak membuat kuku tumbuh ke dalam daging.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Temui dokter jika Anda mengalami ketidaknyamanan parah di kaki atau keluar nanah atau kemerahan yang tampaknya akan menyebarkan, jika Anda menderita diabetes atau gangguan sirkulasi ke ekstremitas bawah dan mengalami sakit kaki atau infeksi.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: