Pengobatan Bronkitis Secara Mandiri

December 28, 2012

bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada saluran bronkial atau bronki yang membawa udara ke dan dari paru-paru. Bronkitis bisa akut atau kronis. Bronkitis kronis merupakan kondisi yang lebih serius berupa iritasi konstan atau peradangan pada saluran bronkial, seringkali karena merokok.

Bronkitis akut seringkali berkembang dari flu ringan atau infeksi saluran pernapasan lain. Penyakit ini biasanya membaik dalam beberapa hari tanpa efek terus menerus, meskipun Anda dapat terus batuk selama berminggu-minggu. Namun jika Anda mendapat serangan bronkitis ulang, Anda mungkin telah mengalami bronkitis kronis, yang memerlukan perhatian medis.

Bronkitis disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia).

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pemapasan menahun. Infeksi berulang bisa pula merupakan akibat dari: sinusitis kronis, bronkiektasis, alergi dan pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak. Bronkitis juga bisa disebabkan oleh berbagai jenis debu, asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin, karena polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida, serta tembakau dan rokok.

Untuk bronkitis akut atau bronkitis kronis, gejala-gejalanya antara lain batuk, produksi lendir (dahak), yang bisa jernih, putih, abu-abu kekuningan atau hijau dalam warna, kelelahan, sedikit demam dan menggigil, atau dada tidak nyaman. Jika Anda menderita bronkitis akut, Anda mungkin mengalami batuk terus menerus selama beberapa minggu setelah bronkitis sembuh.

Sedangkan pada bronkitis kronis terjadi batuk produktif yang berlangsung setidaknya tiga bulan selama dua tahun berturut-turut. Jika Anda menderita bronkitis kronis, Anda mungkin mengalami periode ketika gejala memburuk. Pada saat itu, bronkitis kronis Anda telah berkembang menjadi bronkitis akut. Dalam beberapa kasus, batuk bisa hilang sementara dan muncul kembali kemudian.

Selain itu, kemungkinan terjadi pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan; atau wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan; pipi tampak kemerahan; sakit kepala; atau gangguan penglihatan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Bronkitis?

● Banyak beristirahat dan banyak minum air putih.

● Hindari paparan penyebab iritasi. Jangan merokok dan hindari asap rokok karena dapat meningkatkan risiko bronkitis. Kenakan masker ketika udara tercemar atau jika Anda terpaksa terpapar penyebab iritasi seperti cat atau produk pembersih rumah yang beraroma menyengat.

● Bronkitis akut seringkali berasal dari virus influenza. Mendapatkan vaksin flu tahunan dapat membantu melindungi Anda dari flu.

● Untuk mengurangi risiko terkena infeksi virus, cuci tangan Anda sering-sering dan lakukan kebiasaan menggunakan pembersih tangan.

● Gunakan alat pelembab udara. Udara yang hangat dan lembab membantu meredakan batuk dan mengurangi lendir di saluran pernapasan. Pastikan untuk menjaga kebersihan alat sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur.

● Untuk mengurangi rasa sakit dan menurunkan demam, Anda bisa menggunakan obat yang dijual bebas.

● Bila udara dingin memperparah batuk Anda dan menyebabkan napas pendek, pakailah masker sebelum Anda keluar rumah.

● Bila Anda menderita bronkitis kronis, pernapasan Anda mungkin menjadi terlalu cepat. Pernapasan dengan mengerutkan bibir membantu memperlambat napas dan membuat Anda merasa lebih baik. Ambil napas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan-lahan lewat mulut sambil mengerutkan bibir. Ulangi cara bernapas seperti itu beberapa kali. Teknik bernapas ini dapat meningkatkan tekanan udara dalam saluran pemapasan.

● Kalau timbul kesulitan dalam pernapasan atau dada bagian tengah terasa sangat sesak, hiruplah uap air hangat tiga kali sehari.

● Sekali sehari selama dua hari, rendamlah kaki di dalam air hangat jika masih demam.

● Hindarkan udara yang berdebu.

● Jangan makan daging, gorengan, makanan berlemak, yang sangat berbumbu, kue kering, makanan pencuci mulut, gula-gula, manisan atau yang mengandung kanji. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Bronkitis akut biasanya hilang dalam beberapa hari. Hubungi dokter bila Anda mengalami napas pendek atau demam lebih dari 38 derajat C atau lebih tinggi, lebih dari tiga hari. Jika batuk berlangsung lebih dari 10 hari tanpa tanda-tanda membaik, membuat Anda tidak bisa tidur, menghasilkan lendir yang berubah warna, menghasilkan darah (hemoptysis) atau disertai sesak napas, segera minta bantuan medis.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: