Pengobatan Bisul Secara Mandiri

December 24, 2012

bisul

Bisul adalah infeksi kulit yang dimulai dari dalam folikel rambut atau kelenjar minyak. Infeksi ini sering muncul tiba-tiba sebagai benjolan merah atau merah muda yang menyakitkan yang biasanya berdiameter 1,3-1,9 cm.

Awalnya, kulit menjadi merah pada daerah yang terinfeksi, dan benjolan lunak itu berkembang. Kulit di sekitarnya mungkin juga menjadi merah dan bengkak. Setelah 4-7 hari, benjolan mulai berubah putih karena nanah mengumpul di bawah kulit. Benjolan yang kadang-kadang bisa sampai sebesar bola golf ini akhirnya akan pecah dan mengering.

Bisul biasanya benar-benar bersih dalam beberapa minggu walaupun bisa juga baru sembuh benar dalam 1 bulan atau lebih. Bisul kecil umumnya sembuh tanpa bekas luka sedangkan yang besar mungkin meninggalkan bekas.

Infeksi paling sering disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini umumnya mendiami permukaan kulit atau pada lapisan hidung, dan tidak berbahaya. Namun jika mereka masuk ke dalam kulit, mereka dapat memicu infeksi kulit, seperti bisul. Mereka bisa masuk ke dalam kulit melalui luka, goresan atau torehan kecil lain di kulit, atau melalui folikel rambut.

Walaupun bisa tumbuh di mana saja di kulit, tempat yang paling umum munculnya bisul adalah di leher, wajah, ketiak, bahu, dan bokong, bisa juga di kelopak mata. Bisul yang muncul beberapa dalam kelompok termasuk jenis infeksi yang lebih serius yang disebut inas (carbuncle). Inas cenderung terjadi terutama pada pria setengah baya atau lebih tua yang berada dalam kondisi kesehatan yang buruk, misalnya menderita penyakit jantung.

Inas adalah sekelompok bisul yang sering terjadi pada bagian belakang bahu, leher atau paha. Inas ini menyebabkan infeksi yang lebih dalam dan lebih parah daripada bisul tunggal, perkembangan dan pemulihannya juga lebih lama. Setelah sembuh kemungkinan besar inas meninggalkan bekas luka. Gejala yang mungkin menyertai inas antara lain merasa tidak sehat pada umumnya, demam dan kedinginan.

Mereka yang lebih rentan terhadap infeksi kulit, terutama bisul adalah orang yang menderita diabetes, mempunyai masalah dengan sistem kekebalan tubuh, gizi buruk, kebersihan kurang dan terpapar bahan kimia yang mengiritasi kulit.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Bisul?

● Untuk mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi ketidaknyamanan akibat bisul, kompres bisul dengan air hangat sekitar 10 menit setiap beberapa jam. Ini dapat membantu mempercepat pecahnya bisul dan mengering. Gunakan juga air garam yang hangat (tambahkan 1 sdt garam ke dalam 0,5 liter air mendidih lalu biarkan sampai hangat). Cegah cairan yang keluar dari bisul mengenai bagian lain dari kulit.

● Periahan-lahan cuci bisul 2-3 kali sehari dengan sabun anti bakteri. Lalu oleskan salep antibiotika yang dijual bebas lalu tutup dengan perban.

● Jangan pernah mencoba untuk memencet atau menusuk bisul atau radang di bawah kulit karena bisa menyebabkan infeksi menyebar dan dapat menyebabkan komplikasi.

● Cuci bersih tangan Anda setelah merawat bisul. Cuci juga handuk, waslap dan kain apa saja yang telah menyentuh area yang terinfeksi, dan pisahkan dari cucian lain.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Hubungi dokter jika:

● Bisul sangat menyakitkan, berlangsung lebih dari dua minggu atau terjadi demam.
● Bisul muncul di wajah atau tulang belakang.
● Bisul makin memburuk dengan cepat.
● Bisul sangat besar.
● Sering bisul.
● Menderita kondisi yang membahayakan sistem kekebalan, seperti transplantasi organ, penggunaan kortikosteroid atau infeksi HIV.
● Baru dirawat di rumah sakit.
● Menderita pembengkakan kelenjar getah bening.
● Kulit di sekitar bisul berubah merah atau garis-garis merah muncul.
● Bisul tidak juga kering.
● Setelah bisul pertama sembuh segera muncul bisul kedua.
● Memiliki kelainan jantung, diabetes.

Source : dari berbagai sumber

 

 

loading...

Previous post:

Next post: