Merawat Kuku Agar Lebih Sehat dan Indah

August 3, 2014

merawat kuku

Mendapatkan kuku yang sehat dan indah memang tidak mudah. Perlu ketelatenan dalam merawatnya. Jangan pernah meremehkan kebersihan dan keindahan kuku. Kuku seperti memiliki dua sisi mata pisau. Jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik, kuku dapat menimbulkan banyak penyakit. Di sisi lain kuku juga dapat menambah penampilan menjadi lebih menarik dan cantik. Perlu diingat bahwa kesehatan kuku mencerminkan kebersihan diri. Oleh karena itu, rawatlah kuku sebaik mungkin untuk menunjang penampilan lebih maksimal. Lakukan tips berikut ini untuk mendapatkan kuku sehat dan indah.

Nutrisi yang Mencukupi

Konsumsilah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan kuku. Nutrisi tersebut terdiri atas kalsium, mineral, vitamin A, fosfor, seng, asam folat, silika, dan vitamin C. Pasokan nutrisi yang cukup sangat berpengaruh pada kesehatan dan keindahan kuku.

Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih sebanyak delapan gelas sehari setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerapuhan pada kuku. Selain itu, defisiensi vitamin B12 menyebabkan kuku kering dan muncul warna gelap pada permukaan kuku.

Menjaga Kebersihan Kuku

Jagalah kebersihan kuku setiap hari untuk mendapatkan keindahan dan kesehatan secara menyeluruh. Potonglah kuku secara teratur. Hindarilah kuku dari suhu yang ekstrem agar tidak mudah rapuh atau patah. Sebaiknya, gunakan air hangat dengan perasan air jeruk nipis saat membersihkan kuku. Rendamlah kuku selama 15 menit. Air hangat dapat membuat kuku lebih lunak sehingga mudah untuk dibersihkan.

Memakai Pelembab

Sama seperti kulit, kuku juga membutuhkan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku, sama seperti mengoleskan lotion pada tangan. Lakukan proses itu setiap tiga jam sekali terutama setiap selesai mencuci tangan.

Rendam Kuku dalam Cairan Minyak Zaitun

Untuk mendapatkan kuku yang tidak mudah rapuh atau patah, rendamlah kuku dalam rendaman air hangat yang dicampur minyak zaitun atau cuka apel. Rendamlah selama 5-10 menit. Hasilnya, kuku menjadi kuat dan tidak mudah patah.

Berikan Waktu Untuk Kuku Bernapas

Jangan biarkan kuku memakai kuteks secara terus-menerus hingga tiga sampai empat minggu. Hal ini dapat menyebabkan warna asli kuku menjadi kusam, kuning, bahkan gelap. Selain itu, kuku juga mudah patah dan pecah-pecah. Biarkan kuku beristirahat dari pewarnaan selama beberapa hari secara berkala. Sebaiknya, memberikan kuteks kuku dilakukan setiap sebulan sekali.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: