Mengobati Wasir Secara Mandiri

August 30, 2013

wasir

Wasir adalah urat bengkak dan meradang di sekitar anus atau di rektum bawah. Rektum adalah bagian terakhir dari usus besar yang mengarah ke anus. Anus merupakan lubang di ujung saluran pencernaan tempat isi usus meninggalkan tubuh.

Wasir eksternal berada di bawah kulit di sekitar anus. Wasir internal berkembang pada rektum yang lebih bawah. Wasir internal dapat menonjol keluar, atau prolaps, melalui anus. Kebanyakan wasir prolaps menyusut sendiri kembali ke dalam rektum. Wasir prolaps yang parah bisa menonjol secara permanen dan memerlukan pengobatan.

Gejala yang paling umum dari wasir internal adalah darah merah terang pada feses, di atas kertas toilet, atau di toilet setelah buang air besar. Wasir internal yang tidak prolaps biasanya tidak menyakitkan. Wasir prolaps sering menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan gatal-gatal dubur.

Bekuan darah bisa terbentuk di wasir eksternal, sehingga menyebabkan pendarahan, pembengkakan yang menyakitkan, atau benjolan keras di sekitar anus. Ketika bekuan darah dihancurkan, sisa kulit mungkin tertinggal. Kulit ini bisa menjadi teriritasi atau gatal. Mengejan berlebihan, mengusap atau membersihkan sekitar anus dapat membuat gejala ini semakin buruk.

Sekitar 75 persen orang pernah mengalami wasir suatu saat dalam hidup mereka. Wasir paling umum terjadi pada orang dewasa usia 45- 65 tahun, dan pada wanita hamil.

Pembengkakan di pembuluh darah anal atau dubur bisa menyebabkan wasir. Beberapa faktor penyebab pembengkakan ini antara lain sembelit atau diare kronis, mengejan saat buang air besar, duduk di toilet selama jangka waktu yang lama, kurangnya serat dalam makanan, atau melemahnya jaringan ikat pada rektum dan anus yang terjadi seiring pertambahan usia. Kehamilan juga dapat menyebabkan wasir karena meningkatnya tekanan di perut, yang dapat memperbesar pembuluh darah di rektum dan anus. Bagi kebanyakan wanita, wasir yang disebabkan oleh kehamilan akan menghilang setelah melahirkan.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Wasir?

● Makan makanan tinggi serat dapat membuat kotoran lebih lunak dan lebih mudah untuk dikeluarkan. Makanan kaya serat adalah buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Sebaiknya mengonsumsi 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram serat per hari untuk pria.

● Mengkonsumsi suplemen serat seperti psyllium (Metamucil) atau metilselulosa (Citrucel).

● Minum 6-8 gelas air atau cairan lainnya yang tidak mengandung alkohol setiap hari.

● Duduk dalam bak air hangat selama 10 menit setiap sehari dan dengan lembut bersihkan kulit di sekitar anus. Sabun tidak diperlukan karena dapat memperburuk iritasi.

● Berolahraga secara teratur untuk mencegah sembelit.

● Tidak mengejan berlebihan saat buang air besar.

● Kurangi berat badan berlebihan.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Wasir bisa menjadi sangat menyakitkan ketika terbentuk bekuan darah di vena yang melebar, dan dokter akan memberi krim yang mengandung hidrokortison untuk mengurangi peradangan. Wasir internal mungkin juga membutuhkan operasi atau prosedur lain untuk mengempiskan atau membuangnya. Segera minta pertolongan medis darurat jika Anda mengalami perdarahan rektum yang parah, pusing atau pingsan.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: