Mengobati Tukak Usus 12 Jari Dengan Ramuan Herbal

June 15, 2015

tukak usus 12 jari

Tukak usus 12 jari adalah istilah untuk infeksi yang menyerang lapisan duodenum yang merupakan bagian pertama dari usus. Penyakit ini juga dikenal sebagai ulkus pepcin karena terjadi di bagian usus yang berada di bawah pengaruh enzim pencernaan, yaitu pepsin.

Tukak usus 12 jari menjadi makin akut dengan pertambahan usia. Penyebab utama penyakit tersebut adalah bakteri yang disebut helicobacter pylori (H-Pylori). Bakteri tersebut makin aktif dengan meningkatnya tekanan saraf, rasa gelisah, dan stres. Begitu juga, mereka yang memiliki alergi pada sistem pernapasannya. Penyebab lain dari ulkus usus yang paling penting, antara lain konsumsi obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), seperti aspirin.

Pencegahan

Ulkus duodenum dapat dicegah dengan menghindari obat-obatan yang menjadi pencetusnya. Sedapat mungkin menyingkirkan masalah kejiwaan dan neurologis. Selanjutnya, makan pada interval waktu tertentu dalam jumlah kecil (sedikit, tetapi sering). Menahan diri untuk tidak merokok dan membatasi minum teh.

Pengobatan Herbal

a. Jahe

Pada jahe terdapat sebelas senyawa yang memiliki efek melawan tukak. Senyawa-senyawa ini memiliki konsentrat dua kali lebih besar. Urutannya dari yang terbesar sampai yang terkecil, seperti shogaol, gingerol, carmin, beta bezahlen, gingerol, beta sesquiphellandrene, dan paradol.

Senyawa obat ini merupakan herbal alternatif daripada obat-obatan, seperti cimetidine, tagamet, ramitidine, zantac, famotidine, dan pepcid. Kombinasi antara jahe dan madu sangat bermanfaat untuk mengatasi ulkus. Ambil jahe kering, lalu rebus dan tambahkan madu.

b. Akar Manis (Licorice)

Licorice mengandung banyak senyawa antiulkus dan berkontribusi terhadap pengobatan tukak usus 12 jari. Licorice dan ekstraknya aman digunakan selama sesuai dengan dosis yang wajar.

Penggunaan licorice secara berlebihan dapat menyebabkan retensi cairan, kehilangan sodium (natrium) dan potasium (kalium), serta menyebabkan hipertensi.

Ada beberapa merek dagang yang telah menyediakan licorice DGL (deglycyrrhizinated) sebagai obat. Senyawa ini mampu menjaga lapisan sistem pencernaan, terutama dari efek pendorong ulkus yang disebabkan oleh obat-obatan analgesik.

c. Yellow root

Yellow root merupakan antibiotik yang melawan bakteri H-Pylori, yang menyebabkan ulkus dan membantu penyebarannya.

Yellow root dapat digunakan sebagai pewarna makanan. Masukkan satu sendok makan pasta pewarna dari herbal ini pada minuman favorit Anda (teh, jus, dan lainnya). Minumlah tiga kali sehari.

d. Kubis

Jus kubis mentah merupakan obat tradisional yang luar biasa untuk mengatasi tukak. Jus ini mengandung dua senyawa antiulkus, yaitu glutamine dan S-methyl methonin dalam jumlah yang signifikan. Namun, diperlukan sejumlah besar jus kubis untuk memberikan efek yang diinginkan. Setidaknya diperlukan 1/4 liter jus kubis per hari.

e. Calendula

Calendula merupakan herbal antibakteri, antivirus, antijamur, dan pengaktif sistem imun. Herbal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi gastritis. Terutama gejala infeksi kronis pada lambung dan usus yang disebabkan oleh ulkus (hypersecretory gastritis).

f. Chamomile

Chamomile adalah obat yang mujarab mengatasi kasus ulkus kronis. Herbal ini juga digunakan secara luas sebagai zat pencerna. Chamomile juga melawan peradangan pada ulkus, membersihkannya, dan antispasmodic.

g. Klembak (Rhubarb)

Klembak bermanfaat untuk menangani kasus gastritis dan ulkus yang timbul darinya. Hal itu disebabkan kandungannya akan senyawa yang melawan asam lambung dan menetralkan kadar asam yang mengikis membran pelapis lambung dan usus. Gunakan herbal ini sebagai minuman.

h. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan secara luas dalam berbagai masakan. Sebagai salah satu obat ulkus termurah. Kunyit dapat dikonsumsi secara langsung atau dengan memasukkannya sebagai bumbu masakan.

i. Meadow sweet

Cukup mengherankan bahwa meadow sweet mengandung salisil yang terkandung dalam aspirin. Herbal ini dapat mengatasi ulkus. Meadow sweet mengandung materi lain yang mencegah efeknya pada ulkus, yaitu tanin, glycoside, dan fenol. Minyak esensialnya juga memiliki efek antiulkus sehingga turut disarankan sebagai herbal yang mengatasi gastritis dan gangguan pencernaan.

j. Bilberry

Bilberry mengandung anthocyanoside yang mencegah timbulnya ulkus. Herbal ini membantu pembentukan mukosa yang melindungi lapisan lambung dari enzim-enzim penyerang.

k. Blueberry

Blueberry juga mengandung anthocyanoside seperti bilberry.

l. Gantiana

Gantiana adalah salah satu herbal pahit yang meningkatkan sekresi air liur dan sekresi lambung. Ia berfungsi untuk mengobati ulkus. Biasanya gantiana diramu dengan jahe atau licorice.

m. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai antibiotik (bakteri, virus, dan jamur) yang digunakan dalam sekup luas. Oleh karena itu, efeknya cukup besar pada bakteri H-Pylori yang menyebabkan ulkus. Bawang putih dapat dikonsumsi beberapa siung secara utuh atau diparut, dapat dikonsumsi dengan sup, bisa juga dicampur dengan wortel dan paprika merah.

n. Cabe/Paprika Merah

Masyarakat umumnya menganggap bahwa rempah-rempah yang pedas menyebabkan ulkus. Namun, fakta ilmiah menunjukkan bahwa pada paprika merah terdapat capsaicin, zat pemberi rasa pedas itu dan bahan antiulkus.

o. Nanas

Nanas mengandung sejumlah glutamine, senyawa antiulkus. Juga bromelain, zat yang membantu pencernaan dan mengatasi ulkus.

p. Delima

Dalam buah delima terdapat materi yang menyekat bagian dalam buah. Materi itulah yang memberi dampak besar pada pengobatan ulkus. Ia mampu menebalkan dinding lambung dan membuatnya tidak mudah terluka.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: