Mengobati Tinnitus Dengan Ramuan Herbal

May 15, 2015

tinnitus

Tinnitus adalah keadaan mendesis, mendengung, atau dering yang terdengar di telinga. Di antara penyebabnya adalah penuaan, mendengarkan suara keras dalam waktu lama, gangguan pendengaran, hipertensi, lemahnya kemampuan kelenjar tiroid, masalah pada jantung, sistem peredaran darah, luka di kepala, radang telinga, dan kotoran telinga.

Pencegahan Tinnitus

Hindari kebisingan, mengurangi tekanan saraf, berhenti merokok, mengobati penyakit telinga sejak dini, dan mengontrol tekanan darah tinggi agar menjadi normal.

Pengobatan Herbal

1. Ginkgo

Ekstrak ginkgo digunakan dalam pengobatan gejala penuaan, terutama pusing, kehilangan memori, dan sirkulasi darah yang tidak lancar. Mengonsumsi ginkgo ternyata hasilnya mengesankan. Zat ginkgelides yang terdapat dalam ginkgo efektif dalam mengatasi tinnitus. Herbal tersebut dapat dibuat minuman. Caranya dengan mencampur satu sendok teh herbal ke dalam secangkir air, kemudian diminum tiga kali sehari.

2. Wijen

Biji wijen dihaluskan, lalu dikunyah. Cara lainnya adalah dengan makan kue yang terbuat dari tepung wijen. Hal itu akan berdampak positif pada rasa rileks dan mengobati tinnitus di telinga. Wijen juga mengatasi mata kabur dan pusing yang selalu terkait telinga berdengung. Wijen dapat digiling dan diletakkan di atas roti atau adonan (pasta).

3. Black Cohosh

Disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita tinnitus karena terpapar suara yang sangat bising dalam waktu lama, seperti para pekerja di bandara, pabrik yang bising, dan para musisi.

4. Bayam

Kekurangan zat besi menyebabkan tinnitus. Bayam mengandung zat besi sehingga mengobati tinnitus yang disebabkan kekurangan zink, vitamin, dan gizi buruk.

5. Lavender

Minyak lavender diteteskan satu tetes kecil saja bersama miyak nabati apa pun di telinga yang sakit untuk menghilangkan dengungannya.

Resep Herbal

1. Pendengaran yang Lemah

Tambahkan satu sendok makan garam pada secangkir kecil madu. Campuran itu dipanaskan dalam secangkir air, kemudian diteteskan pada telinga.

2. Tuli

Panaskan secangkir minyak zaitun di atas api kecil, lalu tambahkan clkori (chicory) cincang dan diaduk-aduk di atas api sampai menghitam. Saring dan teteskan pada kedua telinga, tiap pagi dan sore.

3. Telinga Bernanah

Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun pada jus bawang bombay segar dan teteskan pada telinga yang mengeluarkan nanah. Jus bawang dapat diganti dengan jus bawang putih.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: