Mengobati Sinusitis Dengan Ramuan Herbal

April 16, 2015

mengobati sinusitis

Rongga sinus adalah lubang yang memiliki celah-celah yang mengalirkan sekresinya ke rongga hidung. Rongga tersebut dapat terkena infeksi yang menyebabkan adanya radang dan infeksi di rongga sinus sehingga aliran sekresinya menjadi lemah. Hal itu menyebabkan penyumbatan dan peningkatan jumlah ingus, melengkungnya dinding hidung, alergi, peradangan kronis pada hidung, bahkan gangguan pada gigi.

Kasus sinusitis sebagian besar dimulai pada rongga besar yang berisi udara yang mengelilingi rongga-rongga tempat mengalirnya cairan di hidung. Orang yang menderita sinusitis biasanya setelah terkena hay fever (alergi karena pergantian musim).

Gejala infeksi sinus dan peradangannya, antara lain tersumbatnya hidung dengan cairan kuning atau kehijauan yang terkadang mengandung darah. Peradangan tersebut disertai rasa sakit di hidung, pipi, dan sekitar mata. Selain itu, disertai sakit kepala yang makin parah di pagi hari, peningkatan tekanan di dalam kepala, dan kehilangan indra penciuman yang disebabkan penyumbatan rongga sinus hidung. Dalam beberapa kasus, disertai demam, sulit tidur, batuk kering, pembengkakan wajah, tekstur cairan hidung mengental, serta mengandung nanah dan bakteri.

Penyebab Sinusitis

Ada dua sebab utama infeksi sinus. Pertama, konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Kedua, infeksi yang menyerang rongga hidung, baik infeksi langsung maupun infeksi pada bagian tubuh lain yang dekat dengannya dan telah terinfeksi, seperti gigi, telinga, atau saluran pernapasan bagian atas.

Sinusitis dapat dicegah dengan mengobati infeksi terlebih dahulu, menghindari iritasi hidung dan mempertahankan aliran lendir (ingus) dengan menggunakan larutan garam (NaCl).

Pengobatan Herbal Sinusitis

Berikut adalah beberapa cara mengobati sinusitis yang bisa anda coba di rumah:

a. Bawang Putih dan Bawang Merah

Dua herbal tersebut bekerja sebagai antibakteri dalam sekup yang luas. Anda dapat mengonsumsi bawang putih langsung atau membuat sup sayuran dengan memperbanyak bawang putih yang telah dicincang bersama irisan bawang merah. Selain itu, dapat juga ditambahkan jahe pada sup tersebut.

b. Goldenseal

Goldenseal merupakan antibiotik yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ia mengandung dua komponen aktif, yaitu berberine dan hydrastine. Goldenseal dianggap sebagai ramuan herbal paling kuat untuk kasus-kasus infeksi bakteri akut, terutama sinusitis kronis.

c. Echinacea

Echinacea berperan aktif memberi stimulasi pada kekebalan tubuh yang mempercepat proses pembasmian infeksi jamur, bakteri, dan virus. Echinacea digunakan dalam semua jenis infeksi dan peradangan.

d. Ginkgo

Ginkgo direkomendasikan dalam semua kasus infeksi pernapasan karena membantu melancarkan aliran darah. Ia membantu daya tahan tubuh terhadap penyakit. Zat aktif dalam herbal tersebut adalah zat ginkgolides yang dijual dalam bentuk ekstrak herbal.

e. Oregano

Oregano mengandung zat antinanah yang melimpah. Cocok untuk dibuat teh panas dan dihirup ketika dikonsumsi. Ia dapat digunakan sebagai pembasuh hidung atau ditambahkan pada obat tetes apa pun (untuk hidung) atau makanan. Dampaknya akan lebih terasa ketika dikonsumsi.

f. Eukaliptus

Minyak eukaliptus yang menyenangkan dapat dioleskan di kening dan sisi kepala. Selain itu, dapat dimasukkan beberapa tetes pada air sebagai pembasuh, tetapi tidak boleh digunakan sebagai obat oral. Beberapa daun eukaliptus dapat dijus dan dibuat kompres, lalu diletakkan di depan lubang hidung.

g. Minyak Biji Adas Manis (Anise) dan Biji Adas

Hirup konsentrat tinggi dari minyak tersebut lebih dari sekali dalam beberapa jam di siang hari dan sebelum tidur.

Makanan Pembantu Penyembuhan Sinusitis

1. Asupan buah dan sayuran segar ditingkatkan dan menghindari sifat rakus dalam makan. Di samping itu, meminimalisasi konsumsi makanan berlemak.

2. Lebih banyak mengonsumsi bawang putih, bawang bombay, burdock, dan bawang daun.

3. Lobak (radish) panas dapat membersihkan rongga sinus.

4. Jus nanas.

5. Kunyah bubuk kelabat kering saat perut kosong.

6. Madu lebah dikonsumsi langsung, atau dibuat larutan encer dan dihirup melalui hidung.

7. Hirup aroma bunga chamomile, mint, dan thyme.

Rekomendasi

1. Boleh meneteskan larutan garam di tiap lubang hidung sebanyak dua tetes setiap pagi dan sore. Bisa juga setengah sendok teh garam dengan satu cangkir teh albancha hangat, lalu teteskan satu tetes pada tiap lubang hidung tiap pagi dan petang.

2. Buatlah jus segar dari akar teratai, basahi sepotong kapas dengan jus tersebut dan letakkan di depan lubang hidung tanpa menyumbatnya agar Anda tetap bisa bernapas. Setelah itu, biarkan semalaman.

3. Rendam dua sendok thyme selama seperempat jam dalam air mendidih, lalu diminum untuk mengurangi penyumbatan sinus dan penyumbatan kerongkongan.

Semoga artikel cara mengobati sinusitis diatas bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: