Mengobati Sakit Perut Dengan Ramuan Herbal

May 24, 2015

sakit perut

Sakit perut berhubungan dengan lambung. Sakit tersebut dapat disebabkan oleh keracunan makanan, luka, infeksi usus besar, batu empedu, batu ginjal, berbagai gangguan usus, stres, atau karena virus. Penyebab lainnya adalah pasca bedah, usus buntu, usus obstruksi, kantung indung telur, kehamilan ektopik, dan penggumpalan pada pembuluh darah di saluran pencernaan.

Gejala sakit perut meliputi kram perut, kembung, nyeri hebat atau terasa terbakar, gas dalam usus, muntah, demam, serta pup (kotoran) yang berlendir atau berdarah. Sakit perut terkadang disertai diare atau sembelit dan mulas di mulut lambung.

Pencegahan Sakit Perut

Pencegahan dapat dilakukan dengan memperbaiki pola makan, memperbanyak minum, mengurangi stres, dan tekanan hidup.

Pengobatan Herbal

1. Chamomile

Chamomile membantu meringankan gangguan perut, mengurangi kram, dan menuntaskan iritasi. Herbal tersebut juga membantu relaksasi perut sehingga tidur menjadi nyaman dan tenang. Chamomile tersedia dalam bentuk herbal kering yang dapat direbus dan dibuat teh.

Rosemary mengurangi gangguan pencernaan dan nyeri pada otot otonom yang berada di sistem pencernaan.

Peringatan!
Chamomile mengandung biji serbuk sari. Oleh karena itu, mereka yang menderita alergi tidak boleh mengonsumsinya.

2. Rosemary

Rosemary tersedia dalam bentuk herbal kering yang dapat dikonsumsi secara langsung atau direbus. Bisa juga menggunakan minyak rosemary. Caranya, teteskan sedikit minyak rosemary dengan madu.

3. Pepermin

Pepermin bermanfaat untuk pencernaan, menenangkan lapisan dinding saluran pencernaan, analgesik untuk nyeri, dan penyumbatan selaput lendir. Cara penyajiannya dengan merebus daunnya yang hijau ataupun kering. Bisa juga menggunakan pepermin yang telah digiling untuk membuat minuman herbal.

4. Slippery elm

Slippery elm dapat meredakan sakit perut dan nyeri karena mag dan kembung. Cara penyajiannya dengan menggiling akarnya yang kering, lalu dibuat minuman herbal. Bisa juga dengan mengisap akarnya yang segar.

5. Calendula

Daun, bunga, dan akar calendula yang kering digunakan untuk meredakan masalah pencernaan dan nyeri lambung.

6. Myrrh (Mur)

Mur membersihkan saluran pencernaan, terutama usus besar. Ia menenangkan sistem pencernaan dan meredakan nyeri lambung dan usus. Gunakan bubuk myrrh atau minyaknya dalam jumlah kecil. Penggunaannya dalam jumlah besar dapat menyebabkan diare, muntah, dan jantung berdebar.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: