Mengobati Penyakit Bronkitis Dengan Ramuan Herbal

June 21, 2015

penyakit bronkitis

Bronkitis adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau polusi lingkungan. Bagian tubuh yang diserang adalah selaput lendir pada trakea atau saluran udara dalam sistem pernapasan. Di antara gejalanya adalah batuk disertai dahak, yakni lendir kental berwarna kuning atau hijau. Selain itu, terkadang batuk disertai air, sesak napas, bengek, demam, lelah, lesu, dan hilangnya nafsu makan. Penyebab utamanya adalah infeksi virus dan merokok.

Pencegahan Penyakit Bronkitis

Berhenti merokok, menghindari faktor pencetusnya seperti polusi lingkungan, polusi kimia, menjaga tubuh tetap fit pada saat cuaca dingin atau lembap, dan mengobati radang tenggorokan atau kerongkongan sedini mungkin agar tidak menginfeksi saluran udara pada pernapasan.

Pengobatan Herbal

Berikut adalah beberapa cara herbal untuk mengobati penyakit bronkitis:

a. Jelatang (Stinging Nettle)

Rebus dua sendok kecil jelatang kering dalam secangkir air, lalu tambahkan madu dan diminum sebanyak tiga gelas per hari.

b. Mullein

Keistimewaan mullein adalah kemampuannya mengeluarkan dahak atau lendir kental yang menyertai bronkitis. Selain itu, mullein membantu mengatasi kram otot yang menyertai batuk, efektif memberantas bakteri, dan menenangkan tenggorokan. Ia dapat dibuat sebagai minuman herbal dengan air yang banyak.

c. Bawang Putih

Bawang putih merupakan antibiotik bakteri dan virus yang melindungi tubuh dari flu. Bawang putih mengeluarkan zat kimia yang memiliki bau khas dan efektif, di antaranya zat allicin. Zat ini merupakan salah satu disinfektan nabati yang paling kuat dan digunakan dalam sekup yang luas.

Senyawa aromatik tersebut dikeluarkan melalui paru-paru sehingga bau bawang putih terbawa bersama napas. Senyawa yang ada dalam herbal tersebut dengan efektivitas melawan bakteri mencapai paru-paru. Untuk mengurangi efek bau bawang putih, kunyahlah batang peterseli, daun mint, atau bunga cengkeh kering di mulut selama mungkin.

d. Eukaliptus

Eukaliptus adalah herbal yang baik untuk mengusir dahak dan membantu membersihkan saluran bronkial. Eukaliptus dapat dihirup aromanya dengan mendidihkan daunnya dalam sebuah wadah, lalu menghirup uap yang keluar darinya. Bisa juga dibuat minuman dengan menambahkan sesendok eukaliptus kering pada segelas air mendidih. Setelah itu, diminum tiga kali sehari. Herbal ini juga digunakan sebagai disinfektan, meredakan batuk, serta mengatasi dahak dan lendir kental yang memenuhi saluran bronkial.

e. Soap Wort

Soap wort sebagai ekspektoran untuk mengatasi masalah pernapasan, seperti bronkitis. Di dalamnya terkandung analgesik untuk meredakan nyeri yang biasanya menyertai infeksi, yaitu saponin. Untuk membuat minuman, tambahkan satu sendok teh soap wort kering pada secangkir air mendidih. Dinginkan dan minum sebanyak tiga gelas sehari.

f. Primrose

Primrose digunakan untuk mengobati bronkitis, flu, pilek, dan batuk. Untuk mengatasi dahak, tambahkan setengah sendok teh primrose kering ke dalam segelas air. Minumlah 3—5 cangkir sehari.

g. Marshmallow

Marshmallow digunakan secara luas dalam menangani masalah pernapasan, sakit tenggorokan, dan bronkitis. Herbal ini efektif untuk melegakan tenggorokan dan melawan peradangan pada membran yang melapisi sistem pernapasan.

h. Ivy

Ivy bermanfaat untuk mengobati bronkitis, flu, pilek, batuk, dan menenangkan saluran pernapasan. Tambahkan dua sendok makan ivy kering untuk satu cangkir air mendidih, beri rasa manis, dan minum di pagi dan sore hari.

i. Horehound

Penelitian telah membuktikan bahwa ramuan horehound efektif dalam pengobatan bronkitis akut. Minuman horehound dapat dibuat dari dua sendok teh horehound yang ditambahkan ke dalam secangkir air mendidih. Dapat juga ditambahkan pemanis dari akar manis (licorice) atau madu.

j. Plantain

Plantain meredakan batuk dan antibakteri. Minumlah ketika dingin, setelah menambahkan sesendok teh plantain pada satu gelas air mendidih, lalu tutup dan biarkan hingga dingin. Tambahkan tetesan lemon untuk memberi rasa yang enak dan efek medis dari lemon.

k. Couch Grass

Couch Grass digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan dan batuk kering ataupun yang disertai dahak.

Racikan Herbal

Anda dapat menggunakan herbal-herbal yang telah disebut sebelumnya sendiri-sendiri. Namun, untuk membuat efeknya langsung terasa, lebih baik dikombinasikan. Langkahnya sebagai berikut.

1. Ambil mullein, horehound, dan plantain, lalu haluskan. Masukkan satu sendok dari racikan tadi ke dalam satu gelas air mendidih. Beri pemanis dari licorice atau minuman lemonade dan jus ceri.

2. Campur gambir, echinacea, dan astragalus. Haluskan, lalu kunyah sebanyak satu sendok teh, lalu minumlah segelas limun atau jus jeruk segar.

3. Palmetto berries, daun beri, kulit pohon sorbus, dan daun mullein dicampur dan dihaluskan semua. Selain itu, dapat dikonsumsi dalam keadaan kering atau dibuat minuman herbal. Caranya, satu sendok racikan di atas dimasukkan dalam setengah gelas air dan diberi rasa manis dengan madu.

Semoga cara-cara mengobati penyakit bronkitis diatas bermanfaat untuk anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: