Mengobati Penyakit Asma Dengan Ramuan Herbal

June 29, 2015

mengobati penyakit asma

Asma adalah peradangan kronis yang menimpa saluran pernapasan. Asma menyebabkan penyempitan saluran udara yang terkena peradangan ketika bertemu dengan pemicunya, seperti sesuatu yang menyebabkan alergi, udara dingin, dan kram otot bronkial.

Asma juga ditandai dengan pembengkakan selaput lendir yang melapisi saluran udara atau adanya lendir yang berlebihan. Semua itu berkontribusi terhadap penyempitan saluran udara sehingga makin menghambat pernapasan dan menyebabkan sesak napas. Hal itu diperparah dengan adanya batuk dan peningkatan sekresi lendir.

Asma dapat dibagi menjadi dua kategori utama. Pertama, asma yang dipicu oleh faktor eksternal, seperti serbuk sari, bulu burung, debu, pestisida, jamur pencillium glaucum, dan beberapa obat seperti aspirin. Kedua, asma yang dipicu oleh faktor internal. Penyebabnya adalah infeksi saluran pernapasan.

Masalah utama asma adalah ketika mengeluarkan napas (exhalation) karena melawan udara. Ada juga penderita yang terengah-engah. Dalam kasus terburuk, pembuluh darah leher mengeras, tersumbat, keringat bercucuran, dan air muka pasien berubah menjadi kemerahan. Serangan asma sering kali terjadi di pagi buta.

Gejala-gejala tersebut sebagai akibat dari kontraksi saluran bronkial (brancho spasm), yaitu penyempitan pada trakea yang memasok udara ke paru-paru. Penyebabnya sebagian besar adalah alergi. Zat yang bertanggung jawab atas hal itu adalah histamin yang dipicu oleh rokok, bahan kimia, polutan, dan kotoran hewan peliharaan. Makanan juga mempunyai peran atas terjadinya alergi pada beberapa pasien.

Pencegahan

Hindari pemicu yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan dan kontraksi saluran udara, seperti debu, serbuk sari, jamur, bulu hewan, dan beberapa makanan (pemicu alergi) yang berbeda pada satu orang dengan yang lainnya, perubahan iklim, stres, dan bahan kimia tertentu, seperti sulfates dan aspirin.

Pengobatan Herbal Penyakit Asma

Berikut ini adalah beberapa cara herbal mengobati penyakit asma:

a. Ephedra

Ephedra mengandung ephedrin dan pseudoephedrin, dua zat yang sangat efektif merenggangkan bronkus dan menghilangkan penyumbatan di selaput lendir pernapasan. Sebab, dua zat tersebut memiliki efek merangsang dan mengaktifkan sistem saraf pusat. Masukkan satu sendok herbal tersebut pada satu cangkir air mendidih. Sebaiknya gunakan sendok ukuran kecil sekali, lalu minum dua kali sehari.

Peringatan!

Ephedra mempunyai sifat stimulan yang memiliki beberapa efek samping, seperti insomnia, stres, dan gelisah sehingga harus hati-hati dalam penggunaannya. Jika terdapat beberapa efek yang tidak diinginkan, hentikan penggunaannya.

b. Jelatang (Stinging Nettle)

Minuman jelatang yang terbuat dari akarnya atau daunnya merupakan obat yang aman dan efektif membuka saluran udara sehingga baik untuk mengatasi asma. Dalam jelatang terdapat zat antihistamin. Zat tersebut mampu mengatasi asma yang disebabkan oleh alergi terhadap beberapa hal. Tambahkan sesendok madu dan satu sendok jelatang kering (akar atau daunnya) ke dalam gelas, kemudian tuangkan air mendidih. Minumlah sebanyak tiga gelas sehari.

c. Tomat

Buah dan daun tomat membantu mencegah serangan asma. Tomat mencegah kontraksi saluran udara yang merupakan sebab utama ketika penderita merasakan gejala asma. Peran penting tersebut disebabkan kandungan tinggi vitamin C pada tomat yang menghambat sekresi histamin.

Tomat juga mengandung zat flavonoid yang meredakan gejala alergi penyebab asma. Flavonoid juga dianggap sebagai zat antihistamin. Tomat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan dan meredakan hidung tersumbat. Haluskan tomat dengan blender untuk membuat jus tomat, tambahkan sedikit air jeruk nipis dan minum sebelum makan.

d. Stroberi

Stroberi memainkan peran yang sama dengan tomat karena mengandung vitamin C dan flavonoid. Buah yang lezat tersebut juga dibuat jus dan ditambahkan madu. Stroberi diminum dingin lebih nikmat.

e. Ginkgo

Ekstrak daun ginkgo digunakan dalam pengobatan asma, bronkitis, serak, batuk berdahak, dan alergi di dada. Ginkgo berfungsi meningkatkan aliran darah dalam kapiler halus sehingga memberikan zat aktif ke dalam darah. Herbal ini juga bekerja menghambat materi mengaktifkan trombosit, yaitu protein dalam darah yang berperan dalam proses kontraksi saluran udara, yang menyebabkan asma. Konsentrat zat ginkgalios dapat mengurangi hal itu. Herbal ini dapat dibuat minuman, kira-kira 50 lembar ginkgo untuk tiga gelas. Diminum pagi, siang, dan malam hari. Bisa juga menggunakan ekstrak ginkgo untuk membuat minuman tersebut.

f. Akar Manis (Licorice)

Minuman licorice membuat tenggorokan nyaman dan efektif untuk mengatasi batuk, asma, infeksi tenggorokan, dan infeksi saluran pernapasan atas. Ekstrak DGLE yang diambil dari batang, akar, dan daun licorice digunakan karena licorice sebagai herbal yang lengkap dapat menyebabkan malas dan lesu. Dalam dosis besar dapat menyebabkan retensi urine, dan tekanan darah tinggi.

g. Adas Manis (Anise)

Anise mengandung bahan kimia, seperti creosol dan alpha pinene yang berguna untuk mengobati asma dan penyakit pernapasan lainnya. Senyawa tersebut membantu mencairkan sekresi bronkial dan mengurangi kekentalannya. Dengan demikian, ia mencegah jaringan kapiler yang melapisi dinding saluran bronkial dan mencegah reaksi alergi karena kontennya. Senyawa tersebut juga menjaga lapisan saluran udara.

h. Adas (Fennel)

Fennel seperti halnya anise, mengandung creosol dan pinene sehingga melakukan fungsi yang sama. Makanlah daun dan batangnya yang hijau bersamaan dengan waktu makan.

j. Ketumbar

Haluskan dan tambahkan pada masakan sebagai bumbu yang bermanfaat dan lezat.

k. Kapulaga

Kapulaga digunakan sebagai bumbu makanan dan sup.

I. Jahe

Gunakan akarnya untuk membuat minuman herbal, lalu minumlah pagi dan sore hari.

Resep Herbal untuk Asma

1. Giling damar mastik Turki, kemudian uleni dengan minyak zaitun. Panaskan dengan api kecil. Selanjutnya, tempatkan pada kertas dan letakkan di dada dan punggung sebelum tidur.

2. Ambil satu sendok teh sandarac (tetraclinis articulata), lalu direbus dalam secangkir air hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan sedikit madu agar manis. Diminum setiap hari setelah sarapan.

3. Ambil biji zaitun dan letakkan di atas bara (arang), lalu hirup asapnya pada pagi dan sore hari ketika asma kambuh.

4. Ambil soap wort, jintan hitam (habbah sauda’), dan damar wangi. Masing-masing dalam ukuran yang sama, lalu campur dan haluskan. Masukkan satu sendok racikan tersebut ke dalam segelas air dan didihkan. Beri rasa manis dengan madu atau licorice.

5. Satu kilogram kismis dan setengah kilogram kelabat dimasukkan ke dalam setengah liter air. Masak hingga teksturnya mengental seperti selai. Makanlah sebanyak satu sendok makan dari ramuan tersebut setiap hari pada waktu perut masih kosong. Lalu, minumlah air rebusan adas.

6. Ambil daun bayam, haluskan dengan blender, lalu saring. Minumlah jus tersebut pada saat perut kosong setiap hari selama satu bulan.

7. Haluskan bay leaf atau biji-bijinya. Makanlah satu sendok dari ramuan tersebut, lalu minumlah segelas lemonade yang telah dicampur dengan satu sendok madu.

Sayuran Terapi Asma

1. Bayam

Daun bayam diblender, lalu disaring dan langsung diminum.

2. Tomat

Minumlah jus tomat sebelum makan.

3. Kubis

Potong daun kubis, haluskan, dan saring airnya untuk mengekstrak air kubis, lalu minumlah.

4. Wortel

Haluskan wortel dengan blender, saring, dan minumlah segelas setiap hari.

5. Terong

Hidangkan sebagai sayur yang telah dimasak, rebus, dan tambahkan lemon.

Semoga resep mengobati penyakit asma diatas bermanfaat untuk anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: