Mengobati Nyeri Telinga Dengan Ramuan Herbal

April 29, 2015

nyeri telinga

Nyeri yang terasa di telinga bagian dalam, tengah, atau luar dapat disebabkan oleh cairan yang mengendap di dalam telinga. Hal itu merupakan akibat dari sinusitis, infeksi telinga, dan tonsil.

Di antara gejala earache adalah adanya rasa nyeri yang parah, menusuk, dan rasa sakit yang berdenyut pada telinga. Sakit telinga sendiri disebabkan infeksi peradangan, bertambahnya kotoran telinga, perforasi (adanya lubang) pada gendang telinga, dan radang di daerah leher dan kepala.

Pencegahan Nyeri Telinga

Hindari infeksi telinga dan obati nyeri telinga meskipun sedikit sebelum berkelanjutan. Obati telinga tersumbat atau kotoran telinga pada saat terkena gejala-gejala pilek, flu, atau bahkan setelah berenang, Anda harus mengonsumsi dekongestan (anti penyumbatan telinga) untuk mengurangi penumpukan cairan.

Pengobatan Herbal

a. Chinacea

Sebuah antibiotik yang kuat dan menguatkan sistem kekebalan tubuh digunakan dalam kasus infeksi telinga atau infeksi pada bagian-bagian yang berhubungan dengan telinga, seperti hidung dan tenggorokan. Satu sendok teh echinacea kering dimasukkan ke dalam segelas air hangat, lalu beri pemanis dari licorice atau madu lebah. Anda dapat menambahkan setetes sirup pewarna pada minuman hangat tersebut.

b. Bawang Putih

Antibiotik yang bisa digunakan secara luas, banyak manfaat, dan meningkatkan imunitas. Bawang putih dimakan langsung atau minyaknya diteteskan pada lubang telinga. Hal itu dilakukan untuk mengatasi jamur dan bakteri serta meringankan rasa sakit.

c. Goldenseal

Goldenseal termasuk stimulan sistem kekebalan tubuh dan berfungsi sebagai antibiotik, terutama jika disekresikan di telinga tengah (infeksi telinga bagian tengah). Masukkan satu sendok teh goldenseal per cangkir air mendidih. Minumlah tiga kali sehari.

d. Mullein

Mullein mirip dengan antibiotik. Ia mengatasi infiltrasi yang timbul dari selaput lendir sehingga memungkinkan cairan diendapkan di telinga bagian tengah. Bunga mullein juga memiliki sifat analgesik.

e. Pepermin

Pepermin mengandung mentol yang merupakan salah satu desinfektan. Pada saat yang sama, ia memiliki efek analgesik yang bekerja membersihkan telinga dari infeksi. Ia juga meringankan rasa nyeri yang muncul bersamaan. Pepermin dikonsumsi sebagai minuman.

f. Teatree

Minyak teatree termasuk antiseptik yang sangat kuat dan efektif. Cairannya sangat kental dan dapat diencerkan dengan salah satu minyak nabati sehingga dapat dibuat tetesan telinga. Minyak tersebut tidak boleh digunakan jika ada lubang di telinga atau radang pada gendang telinga. Telinga yang nyeri ditetesi dengan satu tetes minyak teatree dan dua tetes minyak nabati.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: