Mengobati Nyeri Lutut Secara Mandiri

July 28, 2013

nyeri lutut

Lutut termasuk bagian tubuh yang paling mudah terluka, karena merupakan sendi terbesar dan paling rumit, yang digunakan untuk segala sesuatu dari berdiri, duduk, berjalan, berlari, dan lain-lain. Sendi lutut menahan beban saat tubuh bergerak dengan meluruskan sendi, membengkok, melintir dan berputar. Semua gerakan ini meningkatkan risiko cedera lutut.

Nyeri lutut mungkin merupakan hasil dari cedera, seperti ligamen pecah atau tulang rawan robek. Kondisi medis lain, seperti radang sendi, keseleo dan infeksi, juga dapat menyebabkan nyeri lutut. Penyebab lain adalah tekanan pada lutut terlalu besar atau pemakaian lutut untuk gerakan berulang terlalu sering, gerakan berhenti, memutar dari sisi ke sisi yang terlalu mendadak, salah mendarat setelah melompat atau terjatuh, pertumbuhan tulang terlalu cepat atau karena pertambahan usia.

Parah tidaknya nyeri lutut dapat bervariasi tergantung pada penyebab masalah. Gejala yang sering muncul antara lain pembengkakan dan kekakuan, kemerahan dan kehangatan saat disentuh, kelemahan atau ketidakstabilan, suara berderak, dan ketidakmampuan untuk meluruskan lutut sepenuhnya.

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Nyeri Lutut?

● Istirahat lutut bila terasa sakit untuk memberikan waktu untuk menyembuhkan cedera dan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut. Satu atau dua hari istirahat mungkin dibutuhkan untuk luka ringan. Luka lebih parah mungkin memerlukan waktu pemulihan lebih lama.

● Berikan kompres es yang dibungkus handuk tipis untuk melindungi kulit Anda untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan lutut. Jangan terlalu lama menggunakan es, cukup 20 menit setiap kali pengompresan untuk menghindari risiko kerusakan saraf dan kulit.

● Perban lutut untuk mencegah penumpukan cairan di jaringan yang rusak dan memelihara keseiarasan dan stabilitas lutut. Perban jangan terlalu ketat untuk mendukung lutut tanpa mengganggu sirkulasi.

● Angkat lutut untuk mengurangi pembengkakan. Cobalah menyangga kaki yang sakit pada bantal atau duduk di kursi malas.

● Pertahankan berat badan yang sehat. Setiap kilogram kelebihan menempatkan beban tambahan pada sendi, meningkatkan risiko cedera tendon ligamen dan bahkan osteoarthritis.

● Bangun kekuatan otot, karena otot yang lemah adalah penyebab utama cedera lutut. Latihan dan olahraga membantu otot-otot sekitar lutut bekerja lebih efektif. Otot-otot tegang juga dapat menyebabkan cedera, peregangan adalah penting. Cobalah untuk memasukkan latihan fleksibilitas dalam latihan Anda.

Kapan Saatnya Membutuhkan Bantuan Medis?

Hubungi dokter bila Anda tidak dapat menahan berat badan di lutut, mengalami pembengkakan lutut, tidak dapat memperpanjang atau melenturkan lutut sepenuhnya, melihat perubahan bentuk di kaki atau lutut, terjadi demam, kemerahan, nyeri dan bengkak pada lutut, atau Anda terjatuh karena lutut tidak bisa lurus sepenuhnya.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: