Mengobati Mendengkur Dengan Ramuan Herbal

April 24, 2015

mendengkur

Mendengkur adalah pengeluaran suara keras dan terus-menerus dari tenggorokan saat tidur. Penyebabnya adalah perubahan pada sistem pernapasan atas, tepatnya di daerah antara bagian belakang hidung dan pangkal lidah.

Otot-otot yang menopang saluran pernapasan bagian atas tidak bekerja saat tidur. Sementara itu, jaringan tambahan di tenggorokan dan langit-langit bergetar pada setiap tarikan napas. Dengan demikian, hal itu membuat saluran udara sangat mudah tertutup. Di antara faktor penting yang menyebabkan dengkuran adalah tidur telentang, kelebihan berat badan, merokok, sinusitis, leher yang tebal, sempitnya saluran udara akibat hidung tersumbat, pergeseran dinding hidung (DNS), dan polip.

Mendengkur tidak hanya dianggap sebagai faktor yang mengganggu kenyamanan tidur, tetapi juga menyebabkan tidur terputus-putus dan tidak nyaman.

Ada beberapa situasi yang terkait dengan mendengkur dan menjadi indikator penting. Di antaranya tekanan darah tinggi, gangguan detak jantung, penyakit jantung, stroke, pembekuan darah, kerusakan otak, impotensi, sakit kepala, perubahan kepribadian, iritasi neurologis, disfungsi hormon, berkeringat pada malam hari, ketegangan saraf, gangguan lambung, melemahnya kekuatan tubuh, radang tenggorokan, depresi, kelelahan kronis, insomnia, dan kurangnya konsentrasi.

Adapun indikator lokal, di antaranya bronkitis, sinusitis, asma, dan berbagai penyakit paru-paru. Bebaskan diri Anda dari mendengkur dengan mengetahui penyebabnya sehingga tidak perlu berobat setelah timbul komplikasi.

Pencegahan Mendengkur

1. Berhenti mengonsumsi alkohol, merokok, dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk.

2. Meletakkan kepala di atas bantal saat tidur.

3. Menghindari tidur tengkurap atau telentang untuk menjaga agar saluran hidung tidak tersumbat.

Pengobatan Herbal

a. Bawang Putih

Beberapa siung bawang putih dimakan sebelum tidur untuk mengurangi masalah saluran pernapasan dengan merangsang refleksi saraf vagus. Bawang putih mengobati alergi rhinitis dan sakit tenggorokan. Ketika zat yang terkandung dalam bawang putih sampai pada sistem pernapasan, ia akan memperlihatkan efektivitasnya.

b. Mullein

Bunga mullein mengandung bahan dan komponen yang membantu meringankan gejala infeksi pernapasan. Kandungannyajuga bekerja untuk mencairkan dahak kental, mengeluarkannya dari saluran pernapasan, dan membuatnya menjadi mudah. Mullein juga mengandung saponin, zat yang melembutkan tenggorokan dan kerongkongan.

c. Horehound

Horehound digunakan sejak lama sebagai solusi masalah batuk yang meningkatkan risiko mendengkur. Bahkan, dalam beberapa kasus, batuk dapat menyebabkan laringotrakeobronkitis (croup) selama tidur.

d. Ephedra

Ephedra menghilangkan penyumbatan hidung dan melawan peradangan di membran mukosa. Ia juga digunakan dalam alergi rhinitis dan pengobatan flu.

e. Akar Manis (Licorice)

Licorice mengobati penyakit pernapasan secara luas, seperti penyumbatan tenggorokan, asma, dan pneumonia. Ia mengandung glycyrrhizin yang melembutkan membran di hidung, tenggorokan, trakea, dan bronkus.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: