Mengobati Katarak Dengan Ramuan Herbal

March 20, 2015

katarak

Katarak membuat bagian dari lensa mata yang bening menjadi keruh. Penyakit katarak umumnya menyerang para lansia. Infeksi yang ditimbulkannya pun makin meningkat pada penderita diabetes, perokok, dan mereka yang terbiasa mengonsumsi obat cortisone dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab keruh pada mata adalah proses oksidasi yang timbul dari perubahan oksigen yang sangat aktif dalam sel-sel. Pencegahan dari pengeruhan mata dapat dilakukan dengan menggunakan zat antioksidan, yaitu zat kimia pencegah oksidasi yang merusak. Hal itu dilakukan dengan menetralisasi radikal bebas yang terdapat pada molekul oksigen kontra perusak tubuh. Di antara antioksidan terbaik adalah vitamin A, C, dan E.

Selain antioksidan, beta-karoten, flavonoid, dan selenium, terdapat mineral lain yang memainkan peran penting dalam pencegahan dan pengobatan penyakit katarak, seperti magnesium dan mangan.

Pengobatan Herbal Katarak

1. Bilberry

Bilberry mengandung senyawa antosianin (anthocyanosides) yang membantu ketajaman penglihatan. Ada juga beberapa tanaman yang sama efektifnya dengan bilberry, seperti blueberry, tunas berri, raspberry, anggur, plum, dan ceri.

2. Catnip

Meminum segelas catnip yang menenangkan pada pagi dan sore mampu mengurangi kemungkinan terkena katarak atau penglihatan kabur. Catnip dapat disajikan dalam kondisi panas di musim dingin atau dingin pada musim panas.

3. Rosemary

Rosemary mengandung lebih dari selusin antioksidan dan empat bahan aktif dalam mengatasi katarak.

4. Wortel

Anggapan bahwa wortel menguatkan indra penglihatan bukan hanya warisan tradisional masyarakat, melainkan juga studi ilmiah modern telah membuktikan dan mendokumentasikannya. Hal itu disebabkan dalam wortel terdapat kandungan melimpah carotenoid yang bermanfaat untuk penglihatan, mengurangi risiko kanker, dan penyakit jantung.

5. Kacang Brasil (Brazil Nut)

Kacang brasil mengandung vitamin E dan selenium. Kandungan selenium ditemukan pada lensa mata yang sehat. Jumlahnya pun menjadi sedikit pada lensa mata yang terinfeksi katarak. Mengonsumsi kacang brasil setiap hari dapat membantu mencegah penyakit katarak.

Minuman untuk Katarak

Disarankan untuk memasak satu galon (4,5 liter) air mendidih, tambahkan catnip, rosemary, satu sendok jahe (bubuk), dan kunyit. Rendamlah selama 20 menit, kemudian minumlah selagi hangat dengan jus lemon yang diberi madu.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: