Mengobati Infeksi Jamur Kulit Kepala Dengan Ramuan Herbal

March 9, 2015

infeksi jamur rambut

Ada beberapa penyakit jamur yang menginfeksi kulit kepala dan menyebabkan banyak masalah yang terkait dengan rambut. Misalnya, rambut pecah-pecah, rontok, serta adanya zat lemak dan kerak yang menimpa kulit kepala.

1. Pengobatan Herbal

a. Bawang Putih (Garlic)

Bawang putih merupakan salah satu disinfektan terbaik bagi kulit kepala dari berbagai jamur, apa pun jenis dan sumbernya. Ia mengandung beberapa senyawa kimia yang disebut ajoene yang aktif melawan jamur. Bawang putih dapat dicincang, lalu diletakkan pada sepotong kain untuk disaring dan diletakkan pada kulit kepala.

b. Akar Manis (Licorice)

Licorice mengandung beberapa senyawa antijamur dan mencapai lebih dari dua puluh senyawa. Untuk membuat ekstrak licorice, bisa dengan menumbuk akar licorice. Penggunaannya sepuluh sendok bubuk licorice untuk setiap satu gelas air. Setelah itu, dididihkan sekitar setengah jam, kemudian disaring dan digunakan pada kulit kepala.

c. Chamomile

Chamomile adalah herbal pembasmi jamur. Ia juga aktif melawan infeksi bakteri yang terbentuk di atas infeksi jamur. Chamomile digunakan bagian dalam dan luarnya. Bisa juga dibuat minuman herbal hangat dari chamomile, yang diramu dengan madu lebah atau licorice. Dari daun-daunnya yang kering dibuat pencuci, dengan mendidihkan lima sendok makan dengan secangkir air, lalu rambut dicuci dengannya tiap pagi dan sore.

2. Resep Herbal Rambut

a. Memanjangkan Rambut (Hair Extention)

  • Lupinus ditumbuk dan direndam dalam air dari pagi sampai petang. Setelah itu, rambut dibasuh dengannya tanpa mengeringkannya sampai pagi, lalu dibilas dengan air hangat pada pagi harinya.
  • Daun Eukaliptus dikeringkan, kemudian digiling dan direndam dalam air panas, lalu rambut dibasuh dengannya.
  • Minyak cengkeh dicampur dengan jus rambut jagung manis, lalu dicampur dengan cuka yang diencerkan. Ramuan ini dipakai pagi dan sore hari pada kulit kepala dengan menggunakan minyak wijen dan minyak zaitun.
  • Minyak sawit dicampur dengan minyak mustard dengan persentase sama. Kemudian, masukkan satu sendok kayu manis dan satu sendok kemenyan Arab (olibanum) untuk setiap liter dari campuran dua minyak tersebut. Setelah tercampur dengan baik, tambahkan minyak ambar dan ditempatkan di bawah sinar matahari sehari penuh. Ramuan ini dapat memanjangkan rambut, sekaligus melembutkannya.
  • Selada air diblender dengan beberapa siung bawang putih, lalu dioleskan ke rambut di malam hari dan dibilas pada pagi harinya. Kepala dipijat dengan minyak wijen dan dibiarkan sepanjang hari selama seminggu.

b. Melembutkan Rambut

  • Marjoram (tanaman yang wangi) direndam dalam cuka yang diencerkan, lalu dioleskan pada kepala. Ramuan tersebut membuat rambut sehalus sutra.
  • Secangkir henna dan secangkir minyak zaitun dicampur dengan minyak kelapa, lalu dioleskan pada kepala.
  • Ambil selada air, lalu dijus dan dicampur dengan cuka. Kemudian, oleskan pada kepala setiap hari.

c. Rambut Pecah-Pecah (Trichorrehexis)

  • Minyak jarak dicampur dengan cuka dan dioleskan pada kepala.
  • Selalu mengolesi pada kepala dengan minyak. Fungsinya, untuk melembapkan dan memberi nutrisi pada rambut, seperti minyak wijen, minyak sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak cengkeh.

d. Perlindungan pada Rambut

  • Jus bawang bombay dan ekstrak bawang putih, lalu dicampur dengan bubuk kelabat halus. Setelah itu, gunakan pada kulit kepala sebagai lotion.
  • Malva direbus hingga mendidih dan air rebusan tersebut didinginkan, lalu digunakan sebagai pencuci rambut pada pagi dan sore.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: