Mengobati Glukoma Dengan Ramuan Herbal

March 13, 2015

glukoma

Glukoma adalah salah satu penyakit mata yang mencakup peningkatan tekanan cairan mata (tekanan intraokular). Penyakit ini timbul pada saat sistem aliran cairan di mata telah rusak. Peningkatan tekanan tersebut menyebabkan kerusakan saraf optik dan terbentuknya titik-titik kebutaan pada bidang penglihatan.

Di samping titik-titik kebutaan, ada gejala lain glukoma, di antaranya mata berkabut, penglihatan ke arah samping menghilang, adanya lingkaran cahaya di sekitar lampu, rasa nyeri, dan kemerahan di mata.

Glukoma adalah penyakit serius dan sulit ditemukan pada saat diagnosis. Ketika sudah terdiagnosis sebagai glukoma, penyakit tersebut dapat dikendalikan dengan mudah. Namun, ketika tidak terdiagnosis dan tidak diobati, akan menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, setiap orang yang dalam keluarganya ada riwayat penyakit glukoma, harus patuh pada pemeriksaan rutin pada tekanan intraokular di bawah pengawasan dokter.

Tren pengobatan glukoma adalah dengan mengurangi tekanan intraokular melalui obat atau operasi pada celah yang membuka tabung aliran cairan dalam mata.

Pengobatan Herbal

1. Oregano

Oregano mengandung antioksidan yang berguna dan efektif dalam kasus glukoma dan mencegahnya dengan mengatasi ion dan radikal bebas yang memiliki aktivitas yang sangat destruktif. Untuk membuat segelas minuman herbal ini, gunakan dua sendok bubuk dari oregano kering, atau tambahkan beberapa tetes ekstraknya pada segelas jus atau minuman favorit Anda.

2. Bilberry

Bilberry digunakan pada sekup luas dalam pengobatan berbagai penyakit mata. Herbal tersebut mengandung senyawa antosianin (anthocyanosides) yang menghambat pecahnya vitamin C. Ia juga bekerja untuk memenuhi fungsinya dalam melindungi mata. Bilberry digunakan untuk pencegahan dan pengobatan.

3. Cranberry

Cranberry sering digunakan bersama bilberry karena kandungan salisilat yang melakukan hal yang sama, seperti antosianin.

4. Blueberry

Blueberry mengandung oligomeric proanthocyanidins, suatu zat yang memiliki peran dalam pengobatan glukoma. Blueberry juga melindungi saraf mata dan serat retina.

5. Jaborandi (Pilocarpus)

Jaborandi mengandung pilocarpine yang merupakan obat glukoma dalam pengobatan kimia. Tetesannya diekstrak dari tumbuhannya. Satu tetesnya dapat menurunkan tekanan intraokular dalam catatan waktu kurang dari sepuluh menit. Pemberian tetesan herbal tersebut dapat dilanjutkan sampai sehari penuh. Tanaman jaborandi sendiri banyak dijumpai di Amerika Selatan.

Buah-buahan dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Sumber vitamin C nabati umumnya adalah citrus, seperti lemon, jeruk, jeruk mandarin, grapefruit, pir, strawberry, dan jambu biji. Adapun sayuran yang mengandung vitamin C adalah kubis, selada air, paprika, dan lobak (turnip).

 

 

loading...

Previous post:

Next post: