Mengobati Gangguan Pencernaan Dengan Ramuan Herbal

June 2, 2015

gangguan pencernaan

Ada banyak macam herbal yang membantu meringankan nyeri pada kasus gangguan pencernaan dan membangkitkan selera makan.

Pengobatan Herbal Gangguan Pencernaan

1. Chamomile

Chamomile merupakan salah satu herbal yang mengusir gas, menenangkan lambung, dan sangat efektif mengatasi gangguan pencernaan. Khususnya mereka yang makan, lalu beranjak ke tempat tidur.

2. Pepermin

Pepermin meredakan gangguan pencernaan, berbagai penyebab kolik, dan salah cerna. Pepermin dibuat sebagai minuman herbal konsentrat saat perut tidak merasa kenyang, tetapi tampak penuh. Begitu juga, ketika tidak timbul selera makan.

3. Angelica

Akar angelica sangat efektif mengatasi kasus salah cerna dan berbagai masalah pencernaan lain yang menyertainya. Herbal ini membantu meredakan kram lambung ringan dan berkelanjutan. Ia juga efektif saat tidak ada selera makan.

Dosis yang disarankan setiap harinya adalah tiga sendok chamomile dimasukkan ke dalam segelas air (ukuran sedang). Setelah itu, diminum sebelum makan dan di antara waktu makan.

4. Jahe

Manfaat jahe untuk mengatasi pusing, mual, gastritis, dan mag sudah ditegaskan. Minuman jahe juga dapat digunakan untuk kasus salah cerna.

Satu sendok teh jahe dimasukkan ke dalam air mendidih. Minumlah saat jam makan atau di sela-sela jam makan. Hal ini akan menstimulasi kontraksi otot kationik, yang menggerakkan makanan pada usus saat makan. Herbal ini membantu pencernaan dan mengatasi gangguan pencernaan.

5. Marjoram

Marjoram adalah salah satu jenis mint aromatik yang bermanfaat untuk menenangkan pencernaan. Marjoram digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan melalui dua cara. Pertama, untuk pencegahan yang dilakukan dengan mengunyahnya. Kedua, meminum konsentrat marjoram untuk pengobatan gangguan pencernaan, seperti mag dan kram perut.

6. Pepaya

Pepaya termasuk buah-buahan seperti nanas yang mengandung enzim pemecah protein. Dengan demikian, akan mengurangi beban kerja usus dalam proses pencernaan dan membantu memudahkannya.

7. Nanas

Jus nanas segar diminum sebelum mengonsumsi makanan berlemak, terutama yang mengandung protein hewani. Buah ini secara khusus membantu mencerna protein.

8. Tin (Ara)

Buah tin adalah salah satu buah-buahan yang efeknya disukai untuk sistem pencernaan. Tin mengandung enzim yang memudahkan dalam mencerna lemak dan protein, mencegah fermentasi pati, membantu gerakan usus, dan mempercepat kelanjutan proses pencernaan dari lambung menuju usus. Hal itu membantu penyelesaian proses pencernaan dengan mudah.

9. Cabe/Paprika Merah

Orang India dan China menggunakan rempah-rempah dalam mengobati gangguan pencernaan. Bumbu utama yang dipakai adalah cabe merah untuk membangkitkan selera makan dan membantu pencernaan.

10. Robibos

Minuman yang terbuat dari robibos digunakan untuk meredakan kolik pada balita. Penelitian menunjukkan urgensinya sebagai herbal yang membantu proses pencernaan dan pemanfaatan kandungan makanan serta pembangkit selera makan.

Herbal Pengusir Gas

Gas dan angin dianggap sebagai penyebab terjadinya gangguan pencernaan, kolik, dan kram. Ada berbagai herbal pengusir gas yang telah disebutkan untuk mengatasi kembung. Misalnya, jintan caraway, seledri, cengkeh, bawang putih, adas, dill, tilia, jintan (cummin), ketumbar, pala, mint, bawang bombay/merah, sage, peterseli, thyme, kunyit, pepermin, adas manis, dan jahe. Begitu juga kapulaga, teh, rosemary, lemon, burdock, dan sebagainya. Anda dapat memilih herbal yang sesuai dengan selera Anda.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: