Menghilangkan Ketombe Dengan Ramuan Herbal

March 7, 2015

menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan salah satu penyakit yang menyerang kepala banyak orang. Ketombe menyebabkan munculnya serpihan putih, berbentuk jelek, dan tidak enak dipandang, baik di rambut maupun di kulit kepala. Serpihan putih tersebut adalah kulit kepala yang mati dan sering kali menimbulkan peradangan lemak pada kulit kepala. Ketombe adalah partikel kecil, berkerak, dan berwarna putih yang menyebabkan rasa gatal atau rasa terbakar.

Pada kondisi sehat dan natural, kepala seharusnya dingin dan kedua kaki hangat. Jika kepala panas dan kaki dingin, itu menunjukkan bahwa sirkulasi darah tidak bagus.

Pemilik kepala panas adalah orang yang paling rentan terkena ketombe. Penyebab utama sirkulasi darah yang tidak sehat adalah konsumsi makanan yang mengandung lemak, seperti daging, produk susu, dan kacang-kacangan secara berlebihan. Oleh karena itu, dianjurkan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan serta mengurangi makanan berlemak.

Pencegahan Ketombe

Ketombe dapat dicegah dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Menjemur rambut di bawah sinar matahari.

2. Menghindari sampo yang mengandung bahan kimia.

3. Keramas secara teratur.

4. Gunakan sampo yang mengandung zink, sulfur, atau asam salisilat.

Pengobatan Ketombe

1. Obat-obatan dari Apotek

Salep yang mengandung kortison atau lotion fungisida (antijamur) termasuk biotin yang merupakan salah satu nutrisi paling penting untuk melawan ketombe. Ia menyerupai vitamin antiketombe dan infeksi kulit kepala berminyak. Ada juga beberapa zat aktif yang berfungsi sebagai antiketombe, seperti selenium, lesitin, sulfur, zink, dan asam sitrat.

2. Pengobatan Herbal

Bahan-bahan yang kaya dengan biotin, seperti kedelai, bawang putih, ginseng, oat, barley, wijen, jagung, kacang-kacangan, biji kapas, alfalfa, dan elderberry.

a. Burdock

Pijat kulit kepala dengan minyak akar burdock untuk mencegah peradangan lemak pada kulit kepala.

b. Biji Celandine

Biji celandine difermentasi menjadi sampo herbal untuk kepala. Caranya adalah campur satu sendok teh potasium klorida dengan 6 gelas air, lalu panaskan larutan. Aduk-aduk sampai potasium klorida larut. Lalu, cincang 4 ons biji celandine segar dan tambahkan pada larutan tersebut (boleh menggunakan setengah gelas biji celandine kering jika tidak tersedia biji segar).

Diamkan larutan tersebut selama dua jam. Kemudian, rebus larutan ini perlahan-lahan selama 20 menit, sambil bersihkan larutan tersebut dari bagian-bagian tanaman. Rebus hingga larutan berkurang menjadi sekitar satu setengah cangkir. Lalu, tambahkan 8 ons gliserin. Lanjutkan proses merebus hingga larutan menjadi sekitar dua cangkir. Saring hasilnya dan masukkan ke dalam botol. Letakkan di tempat yang dingin. Dapat digunakan dua kali sehari sebagai sampo.

c. Kompri (Comfrey)

Kompri mengandung Allantoin, zat kimia yang memiliki karakteristik antiketombe. Tambahkan dua tetes kompri pada sampo herbal atau sampo favorit Anda.

d. Campuran Jahe dan Wijen

Campur satu sendok makan jus jahe (diperoleh dari perasan jahe dengan kulit rimpangnya), 3 sendok makan minyak wijen, dan setengah sendok perasan lemon. Pijat kulit kepala dengan ramuan tersebut sebanyak 3 kali seminggu.

e. Akar Manis (Licorice)

Licorice mengandung zat Glycerrhizin yang dapat mengurangi sekresi minyak (sebum) di kulit kepala. Ia juga menjaga rasio sekresi lemak tetap rendah sehingga ketombe dapat dikontrol keberadaannya. Tambahkan cuka pada licorice kering, gunakan untuk mencuci rambut.

f. Sampo Serporo (Campuran dari Rosemary, Sage, Thyme, dan Peterseli)

Masukkan satu ons sage kering dan satu ons rosemary pada dua cangkir air. Diamkan selama 24 jam. Kemudian, tambahkan Thyme, sebagai disinfektan yang kuat dan peterseli yang telah dikenal memiliki karakteristik obat. Sampo ini digunakan sebagai pencuci rambut sehari-hari.

g. Cuka dengan Sari Apel

Hangatkan cuka, kemudian jus apel secara terpisah. Gunakan kedua cairan tersebut pada kulit kepala, satu demi satu. Kemudian, gunakan balm atau sampo komersial.

h. Plantain

Plantain mengandung alantoin, zat antiketombe. Dapat dibuat semacam teh kental dari herbal tersebut dan digunakan sebagai pencuci rambut.

i. Teatree

Teatree oil mengandung zat aromatik yang disebut terpenes, yang mampu menembus lapisan atas kulit kepala. Zat aktifnya akan menembus lapisan dalam kulit kepala dan membersihkannya. Beberapa tetes dari tanaman ini cukup dicampur dengan dua sendok makan sampo komersial berkualitas. Gunakan untuk kepala.

j. Chamomile

Chamomile mengandung flavonoid, zat yang menembus kulit kepala, dan memberinya vitalitas. Chamomile merupakan pembasmi jamur, sebagaimana tanaman ini juga mengandung bisabolol, yaitu zat yang mengobati lapisan lemak yang membuatnya tahan terhadap berbagai infeksi sehingga membuatnya melawan pembentukan ketombe. Chamomile dibuat minuman herbal atau direndam dan digunakan sebagai pencuci rambut.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: