Menghalau Efek Begadang

February 18, 2015

begadang

Wajah lusuh, mata panda, dan kulit kusam. Ketiga tanda ini seolah memberitahukan seluruh dunia kalau Anda baru saja begadang. Entah karena anak sakit, lembur mengejar deadline, sibuk belajar untuk ujian, atau harus bangun pagi-pagi karena janji presentasi di kantor. Walhasil, wajah akan terlihat makin galak, tua, dan lelah. Kalau sudah begini, langkah Anda untuk keluar rumah pasti makin berat. Yuk, usir jauh-jauh wajah begadang dan sambut wajah cantik segar yang Anda impikan.

Tidur vs Kulit

Sama seperti bagian tubuh yang lain, sel-sel kulit juga akan mengalami perbaikan saat kita tidur. Saat kita tidur, sel kulit yang sudah tua dan mati digantikan oleh sel-sel baru agar kulit tampak segar dan tetap muda. Pada saat yang sama, kulit akan mengalami perubahan hormonal dan metabolik. Jika kita kekurangan tidur, proses ini dapat terganggu.

Kekurangan tidur dapat menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga timbul lingkaran hitam di sekitar mata. Kurang tidur juga dapat menimbulkan stress sehingga wajah terlihat makin garang, capek, dan tua. Tidak heran jika kurang tidur sehari saja dapat membuat kantong mata tiba-tiba muncul dan kulit menjadi kendur dan sayu.

Hindari Balas Dendam

Cepat datang, cepat perginya. Wajah kurang tidur Anda sebenarnya dapat diusir dengan cara yang sangat mudah, yaitu tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam. Masalahnya, di dunia mana orang dapat tidur nyenyak setiap hari?

Kalau begitu, balas dendam saja dengan tidur seharian di hari Sabtu dan Minggu. Eits, tunggu dulu. Ternyata kebiasaan ini malah dapat merusak kulit dan membuat wajah makin tua.

Jika wajah kuyu akibat begadang, jangan pasrah dulu. Ada beberapa cara untuk memalsukan seolah Anda tidur nyenyak semalaman. Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengembalikan kesegaran wajah adalah dengan membasuh wajah menggunakan air dingin. Bisa juga dengan mengompres wajah menggunakan campuran susu dan es batu selama lima menit.

Sensasi dingin akan mengecilkan pembuluh darah di kulit sehingga tampak lebih halus dan kenyal. Hal yang sama juga berlaku pada mata. Cara sederhana seperti mengompres mata menggunakan irisan mentimun dapat mengecilkan mata bengkak.

Cara lain adalah dengan melakukan senam wajah. Di wajah kita terdapat 42 otot yang juga perlu kita latih. Senam wajah akan melancarkan aliran darah di wajah. Anda pun akan mendapat wajah merah merona dan kantong mata yang kempes sebagai bonusnya. Agar kulit makin kinclong, Anda bisa membantu proses regenerasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati di wajah menggunakan pembersih khusus. Jangan lupa gunakan air hangat agar pori-pori terbuka dan pengangkatan berlangsung lebih sempurna.

Habis begadang semalaman? Ini bukan hari yang tepat untuk mengabaikan dan meremehkan kemampuan pelembab Anda. Gunakan serum antioksidan agar wajah tampak lebih cerah. Setelahnya gunakan pelembab dan krim mata berkualitas baik untuk mengusir kantong mata yang tidak diundang. Penggunaan tabir surya juga akan membuat kulit terlindung dan tampilan makin sempurna.

Wajah Segar Dengan Pulasan Yang Tepat

Anda tidak tidur semalaman karena sibuk membuat slide presentasi?

Luangkan waktu untuk memoles wajah agar tampil menawan dan percaya diri dengan tips berikut.

□ Gunakan alas bedak dan bedak yang ringan. Make-up yang tebal dan berat akan membuat kulit letih Anda terlihat seperti memakai topeng. Jika perlu, tutupi lingkaran hitam di sekitar mata dengan menggunakan concealer tipis.

□ Sulit membuka mata lebar-lebar karena masih mengantuk? Jepit bulu mata sedikitnya 10 detik untuk mendapatkan lekukan yang cantik dan mata terlihat lebih terbuka. Pulaskan juga dua lapis maskara, terutama di daerah tengah kedua bola mata untuk hasil maksimal.

□ Gunakan pemulas pipi alias blush-on berwarna muda sebagai senjata pamungkas melawan wajah sayu. Wajah akan terlihat merona alami tanda wajah sehat dan tidur nyenyak semalaman.

□ Mata panda sulit hilang? Samarkan saja dengan menggunakan eyeliner. Gunakan eyeliner di sepanjang garis bulu mata dan buat riasan “smoky eye” agar lingkaran hitam tampak seperti riasan yang disengaja.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: