Mengenal Radang Telinga

May 10, 2014

radang telinga

Semua orang yang pernah mengalami sakit telinga mengetahui bahwa hal itu benar-benar terasa sakit.

Mungkin kita menderita otitis atau radang telinga? Para penyebab radang telinga itu pada umumnya terdiri dari bakteri-bakteri yang biasanya tinggal di rongga hidung atau tenggorokan kita.

Di antara rongga hidung-tenggorokan dan telinga terdapat lorong-lorong kecil berbentuk pipa, terompet telinga atau tuba. Trompet telinga mempunyai tugas menjaga kestabilan tekanan antara udara luar dan rongga gendang. Hal itu dapat kita rasakan kalau misalnya kita naik mobil yang melintas di daerah pegunungan atau kalau kita naik pesawat udara; tiba-tiba kita merasa ada tekanan pada telinga. Cobalah menutup hidung sejenak, paksakan udara masuk ke dalamnya dan hiruplah dalam-dalam. Kita akan merasa lebih enak setelah itu.

Melalui trompet telinga bakteri-bakteri dapat masuk ke dalam telinga tengah kita. Pada anak-anak hal itu mudah sekali terjadi karena terompet telinga-nya masih sangat pendek.

Bakteri-bakteri itu menyebabkan telinga meradang. Jaringan yang meradang akan membengkak, menjadi merah dan panas dan juga terasa sakit.

Melalui sel-sel darah putih dan jaringan yang terkena itu, dapat terbentuk nanah dan terkadang disertai demam juga.

Dokter dapat melihat ke dalam telinga kita dengan sebuah otoskop. Kalau telinga terkena radang, kita diberikan tetesan telinga untuk melawan rasa sakit dan radangnya. Kadang-kadang diberikan juga tetesan hidung. Dapatkah kita bayangkan mengapa? Benar, sebab ada lorong di antara hidung dan telinga. Dengan membilas hidung kita dengan baik, kita dapat mencegah terjadinya tekanan yang tinggi yang hanya akan menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah lagi.

Kalau radangnya kuat sekali, mungkin kita harus menelan antibiotika.

Kadang-kadang anak-anak yang sering mengalami gangguan telinga dipasangkan pipa kecil. Pipa itu melalui operasi dimasukkan ke dalam telinga. Kalau telinganya meradang dengan hebat maka nanahnya dapat lebih gampang keluar dari telinga. Praktis dan menolong untuk mengurangi rasa sakit.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: