Mengenal Radang Selaput Otak (Meningitis)

April 2, 2014

radang selaput otak

Akhir-akhir ini orang sering menulis tentang meningitis. Meningitis berarti radang selaput otak. Selaput otak ialah selaput-selaput halus yang mengelilingi otak kita, di antaranya terdapat cairan otak.

Untuk memastikan bahwa kita menderita radang selaput otak, kita ditusuk dengan jarum suntik pada sumsum tulang belakang. Untuk itu, kita harus duduk atau tidur di meja periksa dengan melengkungkan punggung seperti kucing, dan dengan sebuah jarum yang sangat halus diambil sedikit cairan dari sumsum belakang di antara ruas tulang punggung. Di dalam cairan sumsum tulang punggung akan kelihatan sel-sel yang meradang dan kuman-kuman kalau memang ada radang selaput otak.

Selaput otak dapat meradang oleh karena kuman-kuman atau virus. Ada kemungkinan bahwa para penyebab penyakit itu datang dari luar tubuh kita atau bahwa mereka memang sudah tinggal di tubuh kita, misalnya di hidung.

Kalau kita terkena radang selaput otak, kita akan menjadi sangat sakit. Kita sakit kepala berat dan sakit tengkuk. Tengkuk biasanya menjadi kaku, dan kepala hampir-hampir tidak dapat digerakkan. Kadang-kadang hal itu disertai bintik bintik kecil pada kulit. Demam juga tinggi dan kita harus segera dibawa ke rumah sakit. Di sana selama beberapa hari kita akan diberikan antibiotika melalui infus. Radang seperti ini dapat merenggut nyawa. Sebab, kuman-kuman tersebut dapat keluar dari otak dan masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan organ-organ lainnya ikut menjadi sakit parah. Masih tetap ada orang yang meninggal karena penyakit itu tidak segera dikenali. Para peneliti telah mengembangkan suatu vaksin unuk melawan satu jenis kuman.

Radang selaput otak yang disebabkan oleh virus di negara-negara Barat hampir tidak pernah berbahaya.

Menghadapi virus, tubuh harus melawannya sendiri dengan istirahat dan sikap sabar. Sebab, antibiotika hanya menolong terhadap radang selaput otak yang disebabkan kuman-kuman.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: