Mengenal Putri Malu dan Beragam Khasiat Ramuannya

November 7, 2014

putri malu

Putri malu memiliki nama latin Momosa pudica, termasuk dalam keluarga Fabaceae. Di negara lain beragam nama diketahui untuk tanaman ini. Yang umum seperti sensitive plant, humble plant, shameful plant, sleeping grass, touch-me-not, chuimui, dan ant-plant. Selain itu di Asia Tenggara dikenal dengan makahiya (Filipina), pokok semalu (Malaysia), dan hti ka yoan. Tanaman putri malu merupakan tanaman anual atau perinal, beberapa berkayu pada batang dan membentuk belukar hingga setinggi 1 m. Daun merupakan daun majemuk menyirip ganda dua yang sempurna. Jumlah anak daun pada setiap sirip sekitar 5-26 pasang. Anak daun memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal memundar, tepi rata, permukaan atas dan bawah halus, berukuran 6-16×1-3 mm, berwana hijau dengan tepi berwarna ungu. Jika disentuh akan melipatkan diri, menyirip rangkap, sirip terkumpul rapat sepanjang 4-5,5 cm.Batang putri malu berbentuk bulat, berambut dan berduri halus. Mempunyai akar pena yang sangat kuat, bunganya berbentuk bulat seperti bola dan tidak mempunya mahkota dengan kelopak bunga kecil, tabung mahkota kecil berwarna putih. Buah berbentuk polong, pipih seperti garis dan berukuran sangat kecil 1-2 cm, dengan biji berbentuk pipih berukuran 2,5 mm, berwarna cokelat pucat

Habitat asal tumbuh putri malu adalah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang sudah tersebar sampai ke Asia dan Australia. Di beberapa negara, putri malu dikelompokan sebagai gulma yang menganggu tanaman seperti jagung, kelapa, tomat, kapas, kopi, pisang, kedelai, pepaya, dan tebu. Beberapa senyawa kimia yang dikandung tanaman putri malu di antaranya alkaloid mimosina, flavonoid, tanin, terpenoid, glikosida, kalsium oksalat, asam jasmonat, noradrenaline, turgorina, dan mimopudina.

Cara Mendapat Putri Malu

Perbanyakan tanaman dengan biji. Perawatan dengan pemupukan, pengendalian hama dan gulma serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian sekitar 200-1.200 m dpl. Bibit tersedia di Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka, Pusat Studi Biofarmaka IPB.

Bagian Tanaman yang Digunakan

Seluruh bagian tanaman.

Khasiat Putri Malu

Secara tradisional, di India, putri malu digunakan sebagai penyembuh luka, air rebusan akar jika diminum dapat digunakan sebagai obat sakit gigi dan penurun demam pada penyakit malaria. Jus daun putri malu diketahui digunakan untuk mengatasi pendarahan, disentri, dan diare, serta untuk pengobatan bronkitis. Manfaat yang lainnya adalah untuk mengatasi insomnia, batuk, cacingan, rematik, dan diuretik. Selain itu, berdasarkan penelitian, tanaman putri malu juga berpotensi sebagai antikonvulsan/ antikejang, antibakteri, dan anti racun ular (antiophidian).

Resep

1. Insomnia

– Cucilah seluruh bagian tanaman putri malu segar (kurang lebih 30 g). Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum pada malam hari sebelum tidur.

– Sediakan masing-masing 15 g putri malu segar dan dan sawi langit (masing-masing 15 g) dan 30 g calincing segar. Cuci semua bahan dan rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah ramuan dingin, saring dan diminum pada malam hari sebelum tidur.

2. Chronic bronchitis

– Cuci bersih seluruh bagian tanaman putri malu segar dan pegagan (masing-masing 30 g) dan kemudian bilas hingga bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan diminum sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas.

– Cuci seluruh bagian putri malu segar (kurang lebih 60 g), lalu potong-potong secukupnya. Tambahkan 3 gelas air lalu rebus dengan api kecil hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Ramuan ini diminum selama 10 hari.

3. Batuk dengan dahak banyak

Cuci bersih seluruh bagian tanaman putri malu (15-30 g). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan diminum pada malam hari sebelum tidur.

4. Rheumatik

Sediakan akar tanaman putri malu sebanyak 15 g kemudian rendam dalam arak putih selama 2 minggu. Gunakan arak putri malu ini untuk mengompres bagian sendi yang sakit.

5. Batu saluran kencing

Cuci bersih tanaman putri malu segar (kurang lebih 20 g), lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan diminum sampai habis pada malam hari.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: