Mengenal Produk Bebas Minyak

February 4, 2014

bebas minyak

Kini banyak produk kosmetik yang bertuliskan “oil free” atau bebas minyak. Tidak hanya pelembab dan bedak saja tapi juga produk kosmetik lainnya seperti blush on dan eye shodow. Adanya label “bebas minyak”, pasti Anda akan merasa lebih aman terutama untuk kulit berminyak dan jerawat. Jangan salah, pemberian label tersebut tidak sepenuhnya benar. Berikut penjelasannya.

Bebas Minyak?

Menurut Dokter kulit Dr. Dian Pratiwi, Sp.KK, Produk bebas minyak adalah produk yang tidak mengandung minyak seperti minyak mineral, minyak kelapa, minyak tumbuhan, minyak hewani seperti lanolin. Minyak berperan sebagai emolien (pelembab), membantu mempertahankan kelembaban di dalam kulit sehingga kulit terasa halus dan lembut.

Produk bebas minyak sering dipilih sebagai perawatan untuk kulit berminyak (agar kulit tidak tambah berminyak), atau juga terkadang secara khusus untuk menghindari minyak tertentu, misal minyak hewani. Untuk orang yang sering bermasalah dengan kulit berminyak atau cepat berminyak sepanjang hari, produk dengan label “bebas minyak” bisa menjadi pilihan yang cocok untuk perawatan kulit sehari-hari.

Namun sayangnya, tulisan “bebas minyak” pada label kosmetik seringnya dijadikan trik untuk menarik konsumen. Karena pada nyatanya, produk berlabel “bebas minyak” tersebut masih mengandung minyak buatan. “Mereka bekerja dengan cara yang sama seperti minyak, tapi membuat kulit tampak tidak terlalu berminyak.”

Bebas Minyak Plus

Selain produk bebas minyak, dikenal juga istilah bebas minyak plus. Menurut Dr. Dian, produk bebas minyak plus berbeda dengan produk biasa karena fungsinya yang lebih banyak dan luas.

“Umumnya dalam produk itu terdapat terdapat bahan pengikat air untuk membantu menjaga kelembaban di kulit, misalnya ceramides atau asam hialuronat. Selain itu juga mengandung bahan-bahan untuk menenangkan kulit, serta antioksidan dan alphahydroxy acid (AHA) untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari atau faktor lingkungan lainnya,” jelasnya.

Produk bebas minyak plus umumnya juga mengandung tabir surya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Produk bebas minyak plus juga dirancang untuk membantu mengobati jerawat, karena umumnya produk ini mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida, yang merupakan dua bahan anti jerawat yang efektif. Produk bebas minyak plus dapat berupa molsturizer (pelembab), tabir surya, BB cream, foundation, serum dan lain-lain.

Jeli Membaca Label

Tidak sedikit wanita yang direpotkan dengan permasalahan kulit berminyak. Berbagai cara sudah dilakukan, tapi wajah masih penuh oleh kilap minyak. Belum lagi jerawat yang gampang muncul di sana-sini.

Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Hormon, yang dipicu oleh faktor genetik atau kondisi seperti pubertas dan menopause, yang menyebabkan kelenjar sebum untuk membesar dan mulai memproduksi lebih banyak sebum dari yang dibutuhkan kulit. Hal ini menyebabkan kulit tampak berminyak, jelas dokter yang berpraktek di erha klinik ini.

Menurut Dr. Dian, pemahaman tentang perlunya produk bebas minyak bagi perawatan kulit berminyak sudah tepat. Ia pun menambahkan, Produk bebas minyak dapat memberikan kelembaban tanpa menyumbat pori-pori. Dengan demikian akan membantu mencegah jerawat.

Kini banyak produk kosmetik yang bertuliskan “bebas minyak,” sayangnya itu bukan jaminan produk tersebut benar-benar ramah bagi kulit berminyak. “Kunci dalam memilih produk untuk kulit berminyak adalah jeli melihat kemasan produk,” katanya.

Dr. Dian pun membeberkan ciri-ciri produk bebas minyak plus yang dibutuhkan kulit berminyak. Selain informasi “bebas minyak,” cermati pula informasi kandungan produk apakah masih ada minyak mineral, minyak kelapa, minyak tumbuhan, minyak hewani seperti lanolin dll. Untuk produk bebas minyak plus mengandung bahan aktif lain yang memperluas fungsinya. Pada tabir surya bebas minyak plus misalnya, mengandung sunscreen atau sunblock, akan mencantumkan SPF (Sun Protection Factor) yang terkandung dalam produk. Moisturizer oil free plus untuk kulit ber-acne, umumnya mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, dll, sementara untuk anti-aging, terdapat kandungan AHA, retinol, dan lain-lain.

Gel dan Lotion

“Katanya bebas minyak, kok malah makin berminyak?” atau “Aduh, kulit jadi semakin kering dan mengelupas,” rentetan keluhan-keluhan itu kerap terdengar di sekitar kita. Tidak sedikit Konsumen produk bebas minyak masih harus menghadapi masalah baru akibat penggunaan produk bebas minyak. Itu terjadi karena salah memilih produk, jelas Dr.Dian. “Bila kulit konsumen sangat kering baiknya hindari produk bebas minyak karena akan bertambah kering dan kulit dapat terkelupas,” jelasnya.

Ada ratusan produk bebas minyak. Memilih yang terbaik adalah tantangan tersendiri. Produk bebas minyak yang baik, kata Dr. Dian, akan memberikan hidrasi kulit, kulit terasa lembab namun tidak berminyak, produk terasa ringan di kulit. Tinggalkan produk tersebut bilamana malah makin berminyak atau berkilat, sarannya.

Menurut Dr. Dian, produk bebas minyak yang pas untuk digunakan adalah dengan memilih produk bebas minyak dengan jenis lotion atau gel. “Lebih ringan dan tidak berminyak dibandingkan bentuk krim,” jelasnya. Gel banyak diminati orang dengan kulit berminyak karena efek dingin dan juga cepat kering dan menyerap ke dalam kulit. Selain itu gel mengandung humektan yang berfungsi menjaga kelembaban kulit tanpa menambah minyak di kulit.

Mahal Bukan Jaminan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih produk kosmetik bebas minyak. Ini di antaranya;

  1. Jangan tergiur dengan harga produk. Perhatikan hasilnya di kulit. Produk yang mahal belum tentu lebih baik. Setiap kulit berbeda dan membutuhkan krim yang berbeda pula.
  2. Bila bingung dengan berbagai pilihan yang tersedia, jangan ragu berkonsultasi dengan ahli untuk membantu menerangkan dan bersama membantu memilih jenis produk yang sesuai.

Kilau Tanpa Kilap

  • Kenali jenis kulit. Produk bebas minyak cocok untuk jenis kulit berminyak.
  • Bila kulit sensitif, pilihlah produk bebas minyak yang mencantumkan hipoalergenik dan tidak menggunakan pewangi (fragrance-free).
  • Cari sesuai kebutuhan kulit. Remaja dengan kulit berminyak membutuhkan produk bebas minyak yang mengandung bahan aktif anti acne. Selain itu juga pilih yang mencantumkan non-comedogenlc atau non-acnegenic. Sedangkan untuk usia di atas 30 tahun dengan kulit berminyak membutuhkan produk bebas minyak yang mengandung bahan aktif antiaging.
  • Saat pagi hari, pilih produk bebas minyak yang dilengkapi dengan sunblock atau sunscreen. Perhatikan SPF yang tercantum. Untuk kegiatan banyak dalam ruangan, pilih SPF 15 keatas. Untuk kegiatan di luar ruangan, pilih SPF minimal 30.
  • Saat malam hari, pilih produk bebas minyak yang mengandung retinol, yang dapat membantu proses pergantian kulit alami di kulit, sehingga membantu mencerahkan dan merejamakan kulit.

 

 

 

loading...

Previous post:

Next post: