Mengenal Penyakit Campak

May 4, 2014

penyakit campak

Ada beberapa penyakit yang sulit dibeda-bedakan sebab begitu mirip satu dengan yang lainnya. Misalnya campak, biang keringat dan cacar air yang juga dinamakan cacar udara. Untuk mengetahui mana saja dari ketiga penyakit anak-anak ini yang pernah kita derita, setiap simptom atau gejala harus diterangkan. Ketiga penyakit ini membuat kita lesu, demam dan capek. Dan ketiga-tiganya mempengaruhi kulit. Terjadi bisul-bisul, bintik-bintik, benjol-benjol kecil atau bagian-bagian yang merah pada kulit dan biasanya terasa gatal. Walaupun gatal sebaiknya jangan digaruk sebab dapat merusak kulit dan akan meninggalkan bekas-bekas luka.

Kalau kita terkena campak, biasanya kita sudah sakit sebelum kulit berubah. Kita batuk dan ingusan dan sering mata kita juga agak meradang. Ruam kulit biasanya mulai di belakang telinga dan kemudian menjalar ke muka, perut, punggung, tangan dan kaki.

Biasanya campak tidak menimbulkan bisul melainkan bintil-bintil dan benjolan-benjolan kecil pada kulit. Kebanyakan anak menderita demam tinggi pada waktu terkena campak. Biasanya kita harus tinggal di tempat tidur dan dengan perlahan-lahan menjadi sembuh kembali. Banyak anak merasa enak kalau kamarnya dibuat agak gelap sebab cahaya terasa tidak nyaman bagi matanya.

Dokter menjaga agar kuman-kuman yang jahat jangan mengambil kesempatan dari keadaan tubuh kita yang lemah sehingga membuat telinga atau paru-paru sakit juga. Kalau toh itu terjadi, kita harus minum antibiotika.

Ketiga penyakit ini disebabkan oleh virus, mudah menular dan bukanlah tanpa bahaya. Penyakit-penyakit itu dapat sangat berbahaya bagi bayi yang masih berada dalam kandungan. Sama seperti penyakit yang disebabkan semua virus, penyakit campak, cacar air dan biang keringat biasanya akan hilang sendiri sebab tubuh kita mengalahkan virus-virus itu. Bagaimanapun juga, campak dan biang keringat sudah jarang muncul sebab kebanyakan anak divaksinasi terhadapnya. Tetapi kalau virus-virus itu toh menyerang kita, biarlah tubuh kita sendiri yang memeranginya. Dengan banyak istirahat dan tinggal di rumah, kita akan cepat sembuh.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: