Mengenal Kunyit Hitam dan Berbagai Khasiatnya

March 1, 2015

kunyit hitam

Nama latin: Curcuma caesia

Nama lokal: Kunyit hitam

Nama asing: Black zedoary, black turmeric (Inggris); black haldi, black curcuma, gadwar aswad (Arab); zedoaire noir (Perancis); schwarze zedoarwurzel (Jerman); zedoaria nera (Italia); kara cadvar (Turki), kali haldi (India); rajani, nishaa, nishi, Raatri (Sansekerta)

Ikhtisar

Tanaman asli timur laut dan India tengah itu memiliki banyak manfaat dalam pengobatan. Tanaman ini populer di India sehingga banyak diburu keberadaannya dan sempat terancam. Kunyit hitam termasuk bangsa Zingiberales, suku Zingiberaceae.

Sosok

Tanaman: Merupakan batang semu, tersusun dari kumpulan helaian daun. Panjang batang antara 35-55 cm.

Daun: Berkelompok terdiri dari 10-20 helai. Lembaran daun lebar bulat memanjang dan gundul. Bagian pinggiran daun terdapat warna kemerahan. Permukaan daun berwarna hijau terang dan cerah sedangkan bagian permukaan bawah daun berwarna hijau pucat. Tangkai daun berwarna putih gading. Tunas tanaman muda kadang diselimuti warna kemerahan.

Bunga: Berwarna putih muncul dari daun pelindung bunga yang berwarna hijau semburat merah muda. Bagian lidah bunga yang menjulur ke bawah berwarna ungu.

Rimpang: Membentuk tuber seperti bulatan-bulatan sedikit lonjong memanjang semakin kecil di bagian bawah. Rimpang tersusun sejajar. Permukaan rimpang cokelat, hitam kebiruan di bagian dalam. Akar adventitious berwarna kuning kecokelatan terdapat di permukaan rimpang.

Pemanfaatan Kunyit Hitam

Di bidang pertanian daun kunyit hitam digunakan untuk menstimulasi perkecambahan benih padi. Dalam pengobatan tradisional India, kunyit hitam digunakan untuk mengatasi pneumonia, batuk, dan pilek pada anak, serta demam dan asma pada orang dewasa. Rizoma segar dihancurkan dan diaplikasikan pada dahi untuk meredakan migren. Pastanya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gigitan ular atau kalajengking. Di Pulau Jawa, rimpang temu ireng paling banyak diolah menjadi campuran jamu. Manfaatnya antara lain menambah stamina, mengobati batuk, menambah nafsu makan, mengatasi nyeri haid, menyuburkan kandungan, dan membersihkan darah. Kunyit hitam ditumbuk, dicampur minyak kelapa lalu dijadikan tapel untuk mengobati ruam kulit dan kudis.

Aktivitas Farmakologis

Efek relaksan: Kunyit hitam (family Zingiberaceae) digunakan secara luas di India sebagai antiinflamasi dan antiasmatik pada pengobatan Ayurveda. Namun, belum ada data farmakologis yang menyebutkan potensi aktivitas antiasmatik kunyit hitam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme ekstrak hidroalkoholik kunyit hitam mengendurkan otot halus pada bronchiola dan vasculature saluran pernapasan.

Ekstrak hidroalkoholik Curcuma caesia (ekstrak CC) dites untuk efek relaksan pada trakea guinea pig dan keberadaan beragam reseptor antagonis dan enzim penghambat yaitu propranalol, 2′, 5’-dideoxyadenosine, methylene blue, glibenclamide, N(omega)-nitro-L-arginine (L-NNA), dan alpha-chymotrypsin. Kemungkinan peran ekstrak hidroalkoholik pada modulasi saluran kalsium diinvestigasi pada aorta kelinci yang didepolarisasi. Konsentrasi ekstrak CC secara mandiri merelaksasi pra-kontraksi induski-carbachol (1 µm), nilai IC50 ditemukan sebesar 239,36 µg/ml dan inkubasi baik reseptor antagonis atau penghambat enzim tidak menunjukkan efek pada relaksasi.

Padaisotonicbebas-Ca2+tinggi-K+(60mm)aortayangdidepolarisasi, ekstrak CC (30 µg/ml) menghambat kurva respon-konsentrasi kumulatif Ca2+ (0,1-30 mM) dan nilai PD’2 ditemukan sebesar 4,11 pig/ml. Ekstrak menunjukkan relaksasi dose-dependent nonspesifik prakontraksi trakea guinea pig yang diisolasi. Efek relaksan nonspesifik ekstrak dapat terkait dengan kemampuannya untuk mengatur aktivitas kalsium.

Antioksidan: Aktivitas antioksidan rimpang kunyit hitam cukup tinggi. Peneliti di India membandingkan fenol antara kunyit hitam dengan kunyit mangga Curcuma amada. Hasilnya menunjukkan kandungan fenol dalam ekstrak metanol kunyit hitam sebesar 44,33 mg, kunyit mangga hanya 37,64 mg.

Resep Radang Usus

Bahan

Rimpang kunyit hitam Curcuma Caesia 500 mg/kapsul

Cara konsumsi

Satu kapsul setiap pagi dan sore hari.

Resep Meningkatkan Stamina Tubuh Penderita Jantung Koroner

Bahan

Rimpang kunyit hitam Curcuma Caesia 500 mg/kapsul

Cara konsumsi

Tiga kali sehari konsumsi kapsul setelah makan. Lama pengobatan tergantung kondisi penderita.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: