Mengenal Kosmetik Tahan Air

February 10, 2014

kosmetik tahan air

Bagi seorang wanita aktif, menggunakan kosmetik sudah menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap hari. Masalahnya adalah banyak hal yang dapat membuat riasan wajah ini menjadi luntur, seperti keringat atau jenis kulit yang berminyak. Industri kosmetik sangat mengerti hal ini, sebab itu muncullah jenis kosmetik tahan air (waterproof).

Jenis kosmetik tahan air menjadi pilihan popular bagi wanita aktif karena dianggap bisa meringankan tugas untuk memoles ulang riasan yang luntur setelah terkena air atau keringat. Sehebat itukah?

Kosmetik tahan air tidak berbeda dengan kosmetik pada umumnya, namun dalam kosmetik anti air ini ditambahkan bahan yang bersifat tahan air, misalnya polimer. Selain itu, umumnya kosmetik tahan air mengandung berbagai minyak mineral (mineral oil) dan wax yang berasal dari lemak tumbuhan atau binatang. Bahan-bahan ini memiliki manfaat meningkatkan efek tahan air kosmetik.

Sekarang ini, formula anti air sudah gampang ditemui di setiap jenis kosmetik seperti maskara, eye-liner (bentuk cair maupun krim). Tidak turut ketinggalan kosmetik concealer, foundation, blush on (perona pipi) hingga lipstik dan lip gloss.

Pada maskara tahan air umumnya terkandung bahan silika atau silicone base. Bahan aktif isododecanne juga termasuk bahan yang membuat kosmetik seperti maskara jadi tahan air. Akan sangat gampang mengenali kosmetik tahan air. Untuk mengetahui apakah kosmetik tersebut tahan air atau tidak cukup dengan membaca label kemasannya. Pada kosmetik anti air umumnya akan mencantumkan label tahan air (waterproof) di kemasannya. Cara lain adalah dengan membaca label komposisi. Bila ditemui bahan aktif seperti silika, silicone based atau isododecanne maka besar kemungkinan kosmetik tersebut tahan air.

Plus Minus Kosmetik Tahan Air

Selain praktis, kosmetik tahan air sering dipilih kaum wanita karena lebih tahan lama. Bisa jadi inilah yang membuat wanita lebih percaya diri usai memakainya. Mereka tak akan merisaukan make up karena tetap rapi bagaimanapun kondisi cuaca dan aktivitasnya. Seperti diketahui, aktivitas berenang atau aktivitas lain yang menyebabkan keringat berlebih atau bahkan air mata akan sangat gampang menghapus pulasan make up biasa. Berbeda pada kosmetik tahan air, yang akan selalu tampak bersih dan segar dan tahan sepanjang hari.

Meskipun kosmetik tahan air menjaga riasan seorang wanita tetap bersih dan segar, tetap saja kosmetik ini memiliki beberapa kendala. Kosmetik tahan air lebih keras dari kosmetik umumnya, maka efek ke kulit pun akan lebih keras. Penting untuk selalu mempertimbangkan efek produk tersebut pada kulit, dan bukan hanya bagaimana produk tersebut akan terlihat di kulit.

Aktivitas pembersihan kosmetik tahan air berpotensi menghilangkan minyak alami kulit. Minyak alami kulit berfungsi tidak hanya untuk menjaga kelembaban kulit, tapi juga bersifat sebagai pelindung kulit dari bahan yang dapat mengiritasi misalnya polusi dan bahan kimia. Bila minyak alami dihilangkan, maka kulit menjadi lebih rentan terhadap pengaruh lingkungan luar, termasuk infeksi dan sunburn. Hilangnya minyak alami kulit juga akan membuat kulit kering, dan secara alamiah kulit akan berusaha memperbaikinya dengan memproduksi minyak kembali secara berlebihan. Padahal minyak berlebihan akan mengundang komedo dan jerawat.

Seperlunya Saja

Kosmetik tahan air memang mampu menjaga riasan seorang wanita tetap segar sepanjang waktu. Namun, kita disarankan untuk memakai kosmetik ini secara cerdas dan sewajarnya saja.

Kosmetik tahan air bisa menjadi berbahaya jika dipakai pada mereka yang memiliki kulit sensitif. Kandungan bahan anti air bisa bersifat iritasi dan merangsang reaksi alergi. Bila terjadi iritasi atau alergi, segera hentikan pemakaian, dan bila gejala tidak berkurang, segera berobat ke dermatologis untuk mendapatkan krim anti ritasi.

Pada mereka yang tidak memiliki problem kulit, pemakaian kosmetik tahan air harus tetap berhati-hati. Pemakaian kosmetik tahan air baiknya seminimal mungkin. Gunakan pada acara-acara khusus saja yang memerlukan riasan prima sepanjang waktu seperti moment penikahan, tampil di panggung, atau acara olahraga. Perlu Anda ketahui, kosmetik tahan air tidak untuk digunakan sebagai kosmetik sehari-hari. Sebaiknya, pemakaian kosmetik tidak melebihi 6-8 jam. Pasalnya, kosmetik tahan air mengandung bahan yang dapat mengakibatkan iritasi kulit. Oleh karena itu pula, pastikan untuk menghapusnya hingga bersih usai acaranya selesai.

Seperti kita yang membutuhkan oksigen untuk bernafas, kulit wajah juga perlu waktu untuk bernafas. Sebab itu hindari pemakaian kosmetik selama 24 jam penuh. Tidur dengan kosmetik yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori dan mengakibatkan komedo dan jerawat.

Hapus Bersih

Tahap terpenting dari penggunaan kosmetik tahan air secara aman adalah tahap pembersihan. Kosmetik tahan air tidak cukup dibersihkan dengan hanya mencuci wajah dengan air, butuh pembersih khusus yang ditujukan untuk membersihkan kosmetik tahan air.

Kebanyakan pembersih kosmetik (make up remover) mengandung minyak dan air. Saat memilih pembersih kosmetik sebaiknya perhatikan perbandingan minyak dan airnya. Minyak akan membantu membersihkan kosmetik tahan air, maka pilih pembersih kosmetik dengan kandungan minyak yang lebih tinggi.

Selain itu selalu baca aturan pakai produk sebelum menggunakannya. Setelah kosmetik tahan air selesai dibersihkan, cuci wajah dengan sabun wajah, bilas bersih, lalu keringkan perlahan dengan handuk yang lembut. Setelah kering, oleskan pelembab wajah untuk mengembalikan kelembaban kulit

Kulit mata lebih sensitif dari kulit wajah lainnya. Untuk membersihkan kosmetik tahan air di area mata, pilih yang khusus dirancang untuk digunakan di area mata. Umumnya pembersih kosmetik khusus mata lebih ringan, lebih tidak mengiritasi area mata dan biasanya bebas pewangi. Bersihkan area mata terlebih dahulu sebelum area wajah lainnya, bersihkan secara pelan dan perlahan. Waspada jangan sampai pembersih masuk ke mata, karena dapat menimbulkan iritasi atau alergi, juga membuat mata kering.

Berikut kiat memilih kosmetik tahan air:

  1. Apabila menggunakan lensa kontak, pastikan kosmetik mata yang digunakan aman untuk digunakan.
  2. Untuk lipgloss tahan air, pastikan memilih jenis yang tidak mengeringkan bibir. Kebanyakan lipgloss tahan air membuat kering bibir.
  3. Untuk foundation tahan air, pilih yang tetap terasa ringan di kulit, dan sebaiknya pilih yang sudah mengandung tabir surya sehingga tidak perlu dua produk yang berbeda.
  4. Memilih pembersih kosmetik tahan air yang tepat amatlah penting. Pembersih kosmetik tahan air yang baik akan membersihkan bahan yang berpotensi mengiritasi kulit, sehingga menjaga kulit tetap sehat dan bebas komedo/jerawat.

 

 

loading...

Previous post:

Next post: